Sukses

Studi: Menambahkan Garam ke Makanan Dapat Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Ternyata kebiasaan menambahkan garam ke makanan dapat meningkatkan risiko kematian dini Anda

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kita memiliki kebiasaan menambahkan garam ekstra ke makanan kita ketika kita duduk untuk makan. Sayangnya, kecintaan kita pada bumbu ini telah dikaitkan dengan kematian dini.

Penelitian baru menemukan bahwa mereka yang selalu menambahkan garam ke makanan mereka memiliki 28% peningkatan risiko kematian dini dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang membumbui makanan mereka dengan garam.

Penelitian, yang melibatkan lebih dari 500.000 orang Inggris, menghitung bahwa satu orang tambahan dari setiap 100 orang yang menambahkan garam ke makanan mereka bisa mati muda.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang menambahkan terlalu banyak garam ke makanan Anda.

Garam terkait dengan kematian dini

Biasanya, sekitar tiga dari setiap 100 orang berusia 40 hingga 69 tahun meninggal sebelum waktunya pada populasi umum. Namun, menurut penelitian, orang yang lebih suka menambahkan garam ekstra ke makanan mereka membuat hidup mereka lebih singkat.

Studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal, mengungkapkan bahwa pada usia 50, 1,5 tahun, dan 2,28 tahun, harapan hidup wanita dan pria yang menambahkan garam ke makanan mereka berkurang.

Orang-orang yang mengikuti penelitian antara tahun 2006 dan 2010 diminta untuk menunjukkan seberapa sering mereka menambahkan garam ke makanan mereka, pilihannya adalah tidak pernah/jarang, kadang-kadang, biasanya atau selalu.

Faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, ras, kekurangan, indeks massa tubuh (BMI), merokok, asupan alkohol, aktivitas fisik, diet dan kondisi medis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung juga diperhitungkan.

Selama sembilan tahun tindak lanjut, sekitar 18.474 kematian dini - di bawah usia 75 tahun tercatat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa terlalu banyak garam buruk bagi Anda?

Menurut Chloe MacArthur, perawat jantung senior di British Heart Foundation, makan terlalu banyak garam menyebabkan tekanan darah tinggi, yang kemudian dapat menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Profesor Lu Qi dari Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine di New Orleans mengatakan: "Bahkan pengurangan sederhana dalam asupan natrium, dengan menambahkan sedikit atau tanpa garam ke makanan di meja, kemungkinan akan menghasilkan manfaat kesehatan yang substansial, terutama ketika itu dicapai pada populasi umum."

Dia menambahkan: "Dalam diet Barat, menambahkan garam di meja menyumbang 6% -20% dari total asupan garam dan memberikan cara unik untuk mengevaluasi hubungan antara asupan natrium kebiasaan dan risiko kematian."

Namun, kadar garam yang tinggi juga mungkin ada dalam makanan - seperti makanan olahan - bahkan tanpa kita menambahkannya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Cara mengurangi risiko kematian dini karena garam ekstra

Para peneliti telah menemukan bahwa risiko kematian dini terkait dengan garam ekstra berkurang sedikit di antara orang-orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran.

Prof Qi berkata: "Kami tidak terkejut dengan temuan ini karena buah dan sayuran adalah sumber utama potasium, yang memiliki efek perlindungan dan dikaitkan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah."

Namun, dia menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan karena penelitian ini "adalah yang pertama melaporkan hubungan antara menambahkan garam ke makanan dan kematian".

4 dari 4 halaman

Bebas Sembelit, Konsumsi 3 Makanan Ini untuk Lancarkan Pencernaan

Sembelit adalah istilah medis untuk penurunan buang air besar atau kesulitan buang air besar. Kebiasaan buang air besar setiap orang berbeda-beda, tetapi orang yang mengalami sembelit biasanya buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Sembelit adalah penyakit yang paling umum tetapi juga dapat sangat mengganggu siklus makanan manusia. Sembelit bukan hanya penyebab ketidaknyamanan sepanjang hari tetapi juga akar penyebab beberapa penyakit kronis.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan Anda:

1. Buah Plum

Plum adalah makanan tradisional untuk menghilangkan sembelit. Plum juga mengandung sorbitol, sejenis gula alkohol yang dicerna dengan buruk oleh tubuh Anda. Ini membantu meringankan sembelit dengan menarik air ke dalam usus, memacu buang air besar.

2. Jus Sayuran

Minum segelas jus sayuran yang terbuat dari sayuran favorit Anda, di pagi atau sore hari selama waktu camilan sangat baik untuk sembelit Anda. Anda dapat membuat jus yang menyegarkan dengan menggabungkan bayam + tomat + bit + air jeruk nipis + jahe.

3. Oat

Oat adalah biji-bijian yang kaya akan beta-glukan, serat larut dengan fungsi probiotik. Ini juga membantu memberi makan bakteri baik di usus, yang membantu mengatur flora usus dan menjaga fungsi usus normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.