Sukses

Bebas Sembelit, Konsumsi 3 Makanan Ini untuk Lancarkan Pencernaan

Berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan

Liputan6.com, Jakarta Sembelit adalah istilah medis untuk penurunan buang air besar atau kesulitan buang air besar. Kebiasaan buang air besar setiap orang berbeda-beda, tetapi orang yang mengalami sembelit biasanya buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Sembelit adalah penyakit yang paling umum tetapi juga dapat sangat mengganggu siklus makanan manusia. Sembelit bukan hanya penyebab ketidaknyamanan sepanjang hari tetapi juga akar penyebab beberapa penyakit kronis.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan Anda:

1. Buah Plum

Plum adalah makanan tradisional untuk menghilangkan sembelit. Plum juga mengandung sorbitol, sejenis gula alkohol yang dicerna dengan buruk oleh tubuh Anda. Ini membantu meringankan sembelit dengan menarik air ke dalam usus, memacu buang air besar.

2. Jus Sayuran

Minum segelas jus sayuran yang terbuat dari sayuran favorit Anda, di pagi atau sore hari selama waktu camilan sangat baik untuk sembelit Anda. Anda dapat membuat jus yang menyegarkan dengan menggabungkan bayam + tomat + bit + air jeruk nipis + jahe.

3. Oat

Oat adalah biji-bijian yang kaya akan beta-glukan, serat larut dengan fungsi probiotik. Ini juga membantu memberi makan bakteri baik di usus, yang membantu mengatur flora usus dan menjaga fungsi usus normal.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Jantungmu

Anda dapat mulai merawat jantung Anda pada usia berapa pun. Ini tidak hanya dapat menghindari penyakit jantung tetapi juga mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung atau stroke dengan menerapkan gaya hidup sehat.

“Plak, yang terbentuk dari lemak darah, kolesterol, kalsium, dan komponen lain dan memasok otot jantung dengan darah yang kaya oksigen, menyebabkan kondisi penyakit jantung berkembang” kata Dr.Preet Pal Thakur Co-founder Glamyo Health.

Hal ini dapat dikendalikan dengan kebiasaan sehat dan yang paling penting di antara semuanya adalah makan sehat. Berikut adalah 5 makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dalam jangka panjang.

1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi termasuk bayam, kangkung, dan sawi, manfaatnya tidak berhenti pada kesehatan jantung – vitamin dan antioksidan yang ditemukan di dalamnya juga dapat mencegah berbagai jenis kanker dan menguatkan tulang.

Mereka adalah sumber vitamin K yang sangat baik, yang melindungi arteri Anda dan mendorong pembekuan darah yang sehat.

 

3 dari 4 halaman

2. Buah Beri

Nutrisi penting yang berlimpah dalam stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Antioksidan seperti anthocyanin, yang menjaga terhadap stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung, berlimpah dalam buah beri. Buah beri juga bisa menjadi camilan yang mengenyangkan atau dessert rendah kalori yang enak.

 

3. Biji-bijian

Biji rami, rami, dan chia adalah sumber serat dan asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang semuanya bermanfaat bagi jantung. Biji rami menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit kardiovaskular, dan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan diabetes.

Banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida, dapat dikurangi dengan menambahkan biji dalam makanan Anda.

4 dari 4 halaman

4. Tomat

Tomat bermanfaat bagi pasien jantung karena mengandung antioksidan kuat - Lycopene, ia memiliki kemampuan untuk mengais radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Nutrisi lain dalam tomat termasuk antioksidan yang disebut flavonoid, vitamin B dan E, dan vitamin K, yang bermanfaat untuk tulang. Tomat juga mengandung potasium, yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

 

5. Kacang-kacangan

Diet tinggi kacang-kacangan dan kacang-kacangan lainnya dapat meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, yang menurunkan tekanan darah. Kacang adalah sumber serat larut yang baik, yang dapat mengikat kolesterol dan prekursornya dalam sistem pencernaan dan menghilangkannya dari tubuh sebelum memasuki aliran darah.

Kacang memiliki sejumlah fitokimia, seperti polifenol, terpenoid, dan antosianin, yang dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.