Sukses

Deretan Alasan Mengapa Bergosip Baik untuk Kehidupan Sosial Anda

Penelitian menunjukkan bagaimana sebenarnya gosip tak selamanya negatif dan memiliki beberapa keuntungan.

Liputan6.com, Jakarta Gosip adalah sesuatu yang kita kaitkan dengan orang-orang yang iri pada orang lain dan suka menyebarkan desas-desus. Entah itu membahas penampilan seseorang atau menyombongkan diri atas kemalangan mereka, semua orang melihatnya sebagai sesuatu yang negatif. 

Namun pada kenyataannya, itu tidak seburuk yang kita pikirkan, dan bahkan dapat menguntungkan kita. Bright Side menemukan penelitian yang menunjukkan bagaimana sebenarnya bergosip tak selamanya negatif dan memiliki beberapa keuntungan.

Gosip tidak selalu negatif

Ketika kita memikirkan gosip, kebanyakan dari kita mungkin berpikir tentang omong kosong dan menyebarkan desas-desus. Namun, sekitar 14% dari percakapan kita sehari-hari terdiri dari gosip, dan sebagian besar waktu itu netral daripada positif atau negatif, sebuah penelitian menunjukkan.

Bergosip bahkan bisa bermanfaat

Penelitian menunjukkan bahwa bergosip dapat membantu kita membangun hubungan sosial dan belajar melalui pengalaman orang lain. Ketika kita berbagi informasi penting tentang diri kita atau orang lain satu sama lain, itu dapat terasa bermanfaat dan membantu kita membangun kepercayaan dan ikatan yang lebih kuat.

Apa yang kita diskusikan juga dapat memengaruhi perilaku kita di masa depan. Ketika kita membandingkan kesan kita tentang orang lain, itu dapat membantu kita memahami perasaan kita dengan lebih baik dan juga menetapkan perilaku seperti apa yang dapat dan tidak dapat diterima. Gosip juga dapat mendorong kerja sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peneliti membuat permainan untuk menguji manfaat bergosip

Para peneliti memutuskan untuk mencari tahu lebih banyak tentang mengapa orang bergosip dan apa tujuannya, dan mereka membuat game online. Di dalamnya, peserta bermain 10 putaran bersama dalam kelompok 6 orang. 

Di setiap putaran, mereka diberi 100 poin, dan mereka dapat menyimpan uang untuk diri mereka sendiri atau menginvestasikan sebagian darinya ke dalam dana kelompok. Jumlah itu kemudian dikalikan dengan 1,5 dan dibagi rata di antara para pemain.

Terkadang para peserta hanya bisa melihat apa yang dilakukan beberapa pemain lain, dan tidak semua dari mereka bisa melakukannya. Dalam putaran ini, mereka diizinkan untuk mengobrol secara pribadi dengan anggota grup lainnya. Sama seperti kita tidak selalu bisa belajar tentang perilaku seseorang secara langsung dalam kehidupan nyata, para peserta harus bergantung pada informasi yang dibagikan secara pribadi oleh anggota kelompok lain kepada mereka tentang apakah seseorang dalam kelompok itu freeriding atau tidak. 

Informasi ini akan membantu mereka memutuskan apakah mereka ingin bermain bersama lagi. Jenis permainan ini dikenal sebagai permainan barang publik. Biasanya, pemain berkontribusi lebih sedikit dari waktu ke waktu dalam permainan seperti itu. Namun, dalam permainan ini, jika para peserta diizinkan untuk berkomunikasi satu sama lain, kerja sama berkurang seiring waktu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemain yang mengobrol satu sama lain merasa lebih terhubung satu sama lain.

Ini membuktikan bahwa bergosip sebenarnya adalah bagian penting dari kehidupan kita yang dapat membantu kita membangun hubungan sosial dan bahkan meningkatkan kerja sama.

3 dari 3 halaman

Deretan Zodiak Ini Dikenal Penyebar Gosip

1. Aries

Zodiak ini dikenal tidak memiliki filter saat berbicara. Mereka bisa mengatakan hal-hal paling kejam dan berbagi informasi yang sangat pribadi tanpa rasa bersalah.

Gosip mereka sering beracun karena mereka tidak benar-benar menyimpan dendam, mereka bisa membicarakan semuanya. Mereka bahkan berbagi kamuflase kisah nyata mereka sebagai rumor yang mereka dengar di suatu tempat juga.

2. Gemini

Pemilik zodiak ini dikenal suka bergosip. Jika mereka tertarik pada seseorang, mereka tidak harus melakukan cara romantis untuk mengetahui informasi mengenai orang yang disuka, mereka bahkan akan mengetahui semua tentangmu. 

Sebagian besar jiwa Gemini memiliki sekelompok teman yang membuatnya terus diperbarui tentang apa yang terjadi dalam kehidupan orang lain. Mereka bisa mengendus gosip, jadi berhati-hatilah, jangan menceritakan hal pribadimu kepada mereka.

3. Scorpio

Para Scorpio tidak akan membagikan informasi mengenai dirinya, tapi ketika itu tentang rahasia orang lain, mereka ada untuk itu. Jadi, beri tahu mereka sesuatu hanya ketika Anda ingin menyebarkannya ke publik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.