4 Hal yang Terjadi Pada Wajah Jika Berhenti Mencuci Muka

Oleh Yulia Lisnawati pada 06 Jul 2022, 20:03 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 08:34 WIB
Mencuci Wajah
Perbesar
Ilustrasi perempuan yang sedang mencuci wajah menggunakan sabun cuci muka untuk kulit kering dan beruntusan. Credits: pexels.com by Miriam Alonso

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci muka menjadi rutinitas harian yang dilakukan setiap individu. Segelintir individu bahkan mencuci muka dua kali sehari untuk mencegah jerawat dan komedo.

Anda bahkan memiliki pembersih kesayangan yang Anda gunakan setiap pagi dan malam. Tapi sebaiknya Anda hentikan kebiasaan terlalu sering mencuci muka.

Ada beberapa alasan mengapa sebenarnya mencuci wajahmu tidak baik untuk kulit, terutama dengan bahan kimia yang keras, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (5/7/2022). 

1. Pembersihan berlebihan bisa mengganggu pH kulitmu

Jika Anda telah mencoba setiap produk dan rutinitas perawatan kulit tanpa melihat hasil yang Anda inginkan, inilah saatnya untuk berhenti dan tidak melakukan apa-apa.

Seperti banyak hal dalam hidup, lebih sedikit lebih banyak dalam hal perawatan kulit. Produk pembersih kulit bisa menghilangkan bakteri baik dan menghancurkan pH kulit.

Jika Anda adalah salah satu dari mayoritas yang mencuci muka dua kali sehari, disarankan untuk melewatkan mencuci muka pada pagi hari, karena mencuci malam hari diperlukan untuk menghilangkan SPF dan makeup jika Anda menggunakannya.

2. Air wastafel tidak baik untuk kulit

Kualitas air keran tergantung pada daerah tempat Anda tinggal. Di beberapa tempat, ini “lebih keras” daripada di tempat lain. Karena mineral keras yang dikandungnya, air keran cenderung membuat kulitmu kering dan teriritasi.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus meminimalkan penggunaan air yang berlebih selama rejimen pembersih kulitmu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Alasan lainnya

Terlalu Sering Mencuci Muka
Perbesar
Ilustrasi Terlalu Sering Mencuci Muka Credit: Freepik

3. Menghilangkan air dari rutinitasmu

Mencuci muka tanpa air tendengar oxymoronic. Namun, itu benar-benar layak. Elemen kunci dari metode pembersih ini adalah menghindari percikan air ke wajahmu dengan mengganti langkah ini dengan pembersih.

Setelah itu, lanjutkan dengan rutinitas makeup rutinmu. Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, air hanya membuat kulitmu lebih kering dan menghilangkan minyak alamimu.

4. Pembersih adalah sahabat terbaikmu

Pembersih adalah pengganti air terbaik, dan Anda memiliki banyak pilihan. Namun, ada satu hal yang harus Anda ingat.

Setelah Anda menemukan pembersih yang baik, jangan pernah menggantinya dengan yang lain dan gunakan sekali sehari.


Bahan alami untuk dapati kulit wajah yang halus

Kulit Wajah Sehat
Perbesar
Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah sehat karena rutin mencuci wajah menggunakan sabun cuci muka yang tepat. Credits: pexels.com by Andrea Piacquadio

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah sehat dan lembut, dapat mencoba salah satu bahan alami yang efektif menghaluskan kulit wajah di bawah ini:

1. Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mengatasi kulit kering sehingga lebih lembap dan halus. Bagi Anda yang memiliki masalah minyak berlebih di bagian wajah, bisa juga menggunakan oatmeal untuk mengatasinya. Bahan alami berupa oatmeal ini juga bisa menangkan kulit wajah Anda yang gatal karena iritasi.

Caranya, cukup haluskan oatmeal dengan beberapa sendok air perasan lemon. Kemudian, oleskan pasta oatmeal tersebut sebagai masker selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut. Madu diperkaya dengan humektan alami sehingga membantu kulit wajah lebih lembap, kenyal, dan halus.

Madu juga memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan anti-inflamasi alami sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda.

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah dengan mengoleskannya di kulit yang telah dicuci dengan air sebelumnya. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan bilas kembali dengan air hingga bersih.


3. Tomat

Tomat
Perbesar
Ilustrasi Tomat Credit: pexels.com/Jess

Buah berwarna merah segar ini diperkaya kandungan vitamin B tingkat tinggi yang dapat membantu mengurangi risiko keriput pada usia dini. Dengan begitu, kulit wajah Anda akan tampak lebih halus dan lembut.

Selain itu, tomat mengandung zat bernama likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari. Bahkan tomat juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bekas luka maupun jerawat.

Anda bisa langsung memakainya sebagai masker wajah. Cukup mencuci tomat hingga bersih dan menghaluskannya hingga menjadi pasta. Lalu, oleskan pasta tomat ke seluruh wajah yang sudah dicuci. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Lidah buaya

Sejak dulu, lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan anti-inflamasinya dipercaya ampuh mengatasi iritasi kulit, seperti kemerahan dan jerawat. Efek dingin dalam gel lidah buaya juga dapat menenangkan kulit wajah.

Selain itu, lidah buaya yang mengandung banyak air juga bisa membantu wajah Anda tetap terhidrasi, sehingga kulit tetap lembap dan halus. Anda bisa memakai lidah buaya sebagai pelembap wajah atau masker. Gunakan dua kali seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh
Perbesar
Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya