Top 3: Kumpulan Amalan Sunah di Hari Raya Idul Adha

Oleh Yulia Lisnawati pada 05 Jul 2022, 11:04 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 11:04 WIB
Ilustrasi hewan ternak sapi untuk qurban (Istimewa)
Perbesar
Ilustrasi hewan ternak sapi untuk qurban (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Idul Adha merupakan hari raya umat Islam selain Idul Fitri. Hari raya Idul Adha diperingati umat Islam setiap tahunnya di tanggal 10 Dzulhijjah. Di Indonesia, Idul Adha juga sering disebut dengan Idul Kurban atau lebaran haji. Pasalnya, pada hari itu kegiatan kurban dan ibadah haji dilaksanakan.

Sebagai ibadah tahunan, maka hendaknya kita laksanakan dengan sesempurna mungkin dengan menjalankan semua amalan-amalan sunnah pada hari tersebut dengan niat tulus dan mengharap pahala dari Allah SWT.

Di tahun ini, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Juli 2022. Umumnya, menjelang Idul Adha, umat Islam menunaikan puasa sunnah Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Namun, selain puasa Arafah, terdapat beberapa amalan sunnah Idul Adha yang baik dilakukan saat momen perayaan Hari Raya Idul Adha tiba. 

Artikel tentang umat Islam harus tahu, ini enam amalan sunah di Hari Raya Idul Adha menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tiga zodiak paling jago berbohong, kamu termasuk?

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang dapat gaji salah transfer Rp 2,7 miliar, pria ini langsung resign dan kabur.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Umat Islam Harus Tahu, Ini 6 Amalan Sunnah di Hari Raya Idul Adha

FOTO: Penjualan Hewan Kurban di Tengah Wabah Virus PMK
Perbesar
Sejumlah hewan kurban yang dijual sedang memakan rumput di Cipulir, Jakarta, Selasa (28/6/2022). Menjelang Hari Raya Idul Adha, penjualan hewan kurban seperti sapi, kerbau, dan kambing kembali bergeliat meski sedang mewabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berikut ini 6 amalan sunnah yang dianjurkan pada hari raya Idul Adha, yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber:

1. Mengumandangkan Takbir

Dilansir dari NU Online, Jumat (1/7/2022), amalan sunnah pada Idul Adha yang pertama adalah mengumandangkan takbir. Umay Islam dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di masjid-masjid, mushola, dan rumah-rumah pada malam hari raya.

Takbir dimulai dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada hari raya Idul Adha dan sampai hari terakhir tanggal 13 Dzulhijjah pada hari tasyriq. Karena pada malam tersebut kita dianjurkan untuk mengagungkan , memuliakan, dan menghidupkannnya.

Selengkapnya...


2. Ini 3 Zodiak Paling Jago Berbohong, Kamu Termasuk?

karakter zodiak
Perbesar
ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Leah Kelley from Pexels

Setiap orang telah berbohong setidaknya sekali dalam hidup mereka. Itu adalah naluri manusia. Anda juga telah berbohong untuk menyelamatkan diri dari jatuh ke dalam situasi yang buruk atau untuk menipu seseorang. Itu tidak berarti bahwa Anda telah menyakiti seseorang dengan kebohongan Anda.

Itu bisa karena berbagai alasan baik atau buruk. Beberapa orang pandai dalam hal itu dan berhasil meninggalkan situasi yang tidak benar tanpa ketahuan sementara yang lain payah dalam berbohong. Ada zodiak tertentu yang dikenal sebagai pembohong yang cerdas. Artinya berbohong sudah menjadi bagian dari hidup mereka dan mereka pandai mengarang cerita dan membuat orang mempercayainya.

1. Gemini

Orang-orang yang termasuk dalam tanda zodiak ini diyakini telah menguasai seni manipulasi. Kepribadian ganda mereka membantu mereka mengubah kebenaran dan menyajikannya dengan cara terbaik. Mereka tidak langsung berbohong di depan orang dan tahu bagaimana menemukan jalan keluar dengan cerdas melalui kebohongan. Kepribadian mereka yang menawan dan keterampilan komunikasi yang hebat juga memainkan peran utama dalam membuat orang percaya kebohongan mereka.

Selengkapnya...


3. Dapat Gaji Salah Transfer Rp 2,7 Miliar, Pria Ini Langsung Resign dan Kabur

Ilustrasi orang terkaya di Indonesia/Unsplash  Mufid Majnun
Perbesar
Ilustrasi orang terkaya di Indonesia/Unsplash Mufid Majnun

Seorang pria resign dari pekerjaan dan menghilang setelah dia secara keliru mendapat gaji 268 kali dari seharusnya. Meskipun demikian, sebelum kabur dia berjanji untuk mengembalikan uangnya.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu merasa seperti memenangkan lotre setelah dibayar 286 kali oleh perusahaannya, sebuah perusahaan daging bernama Consorcio Industrial de Alimentos.

Setelah menerima gajinya, dia melihat dia secara tidak sengaja dibayar Rp 2,7 Miliar, daripada gaji normalnya yang hanya sekitar Rp 8 juta.

Menurut surat kabar Chili, Diario Financiero, ketika manajer melihat kesalahan itu, pria itu dengan cepat dihubungi dan diminta untuk membayar kembali jumlah yang besar itu.

Dia berjanji, menyatakan dia akan pergi ke bank keesokan harinya untuk mengambil uang. Namun dalam pergantian peristiwa yang mungkin tidak mengejutkan, ia tidak muncul untuk bekerja pada hari berikutnya.

Manajer yang terkejut mencoba menghubunginya - tetapi tidak berhasil. Ketika pria itu akhirnya menjawab, dia mengaku tidur dan akan pergi ke bank sore itu untuk mengambil uang.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya