Sukses

Kecanduan Kafein, Ini Tanda-Tanda Anda Minum Terlalu Banyak Kopi

Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan Anda kecanduan kafein dan minum terlalu banyak kopi atau sejenisnya

Liputan6.com, Jakarta Baik itu secangkir kopi panas yang mengepul atau secangkir teh yang menyegarkan, minuman berkafein adalah rutinitas bagi banyak orang.

Dengan kemudahan mendapatkan kopi yang siap minum dan cara menjadi pilihan untuk membuat kita merasa lebih waspada, tak heran jika kita begitu sering mengonsumsi kafein.

Bagaimanapun, kafein bisa bekerja bak narkoba, dan narkoba bisa membuat ketagihan. Dan siapa pun yang menelan terlalu banyak mempertaruhkan kesehatan mereka.

Kecanduan kafein: apa itu?

Untuk digolongkan sebagai 'kecanduan', berarti seseorang mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan dan berbahaya dari hari ke hari - dan melakukannya dalam jumlah sedemikian rupa sehingga memiliki efek negatif pada interaksi sosial, kesehatan mereka, dan area lain dalam kehidupan mereka.

Untuk meningkatkan energi dengan cepat, banyak dari kita bergantung pada kafein, yang dalam jumlah sedang tidak berbahaya.

Tetapi mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak sehat bisa menjadi sangat berbahaya, menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Menurut NHS Tayside, jika Anda terbiasa mengonsumsi stimulan ini dalam jumlah besar, Anda harus berhati-hati untuk menguranginya terlalu cepat, karena hal itu dapat menyebabkan sakit kepala penarikan, biasanya terjadi sekitar 18 jam kemudian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ini hanya stimulan ringan - bisakah kafein benar-benar berbahaya?

Pasti bisa, tapi hanya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ini dapat menempatkan ketegangan yang tidak semestinya pada jantung dan menyebabkan tekanan darah meningkat. Demikian menurut organisasi medis Mayo Clinic.

Efek samping lainnya termasuk:

  • insomnia
  • kecemasan
  • masalah pencernaan
  • kerusakan otot

Banyak gejala kandung kemih dan usus diperparah oleh kafein, sementara kafein tersebut bisa sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil, menyusui atau mencoba untuk hamil.

NHS mengatakan: "Kadar kafein yang tinggi dapat menyebabkan bayi memiliki berat badan lahir rendah, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari.

"Kadar kafein yang tinggi juga dapat menyebabkan keguguran. Periksa label minuman energi karena mereka sering mengatakan minuman itu tidak cocok untuk anak-anak atau wanita hamil."

 

3 dari 4 halaman

Apa risiko lain dari minuman berkafein?

Minuman berkafein dapat menyebabkan kerusakan melalui bahan-bahan lainnya, tidak hanya dari kafein.

Victoria Taylor, ahli diet British Heart Foundation, mengatakan: "Gula, sirup, susu murni, lemak jenuh dan krim menambah kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol."

Jadi berapa jumlah kafein yang masuk akal?

Victoria mengatakan jumlah yang tepat dan dapat memaafkan adalah sekitar empat hingga lima cangkir teh atau kopi sehari.

Dia berkata: "Penelitian menunjukkan bahwa tingkat asupan kafein ini seharusnya tidak merusak kesehatan jantung Anda, memengaruhi kadar kolesterol atau irama jantung Anda."

Namun, NHS menunjukkan bahwa: "Kafein memengaruhi beberapa orang lebih dari yang lain, dan efeknya dapat bergantung pada seberapa banyak kafein yang biasanya Anda konsumsi."

Adapun minuman energi, orang tidak boleh menelan lebih dari 400ml per hari.

 

4 dari 4 halaman

Cara mengurangi kafein ke tingkat yang sehat

Jika Anda berencana untuk mengurangi kafein, Anda mungkin lebih baik melakukannya perlahan-lahan, mungkin dengan mengurangi asupan Anda setengah cangkir sehari selama periode tujuh hari.

Menurut selebaran pengurangan kafein NHS, ini akan memungkinkan Anda untuk membangun ke tingkat di mana Anda mengonsumsi kurang dari lima minuman yang mengandung kafein seminggu.

Pilihan lain adalah beralih ke teh dan kopi rendah kafein, teh buah atau herbal, atau jenis minuman lainnya.

Tingkat kafein yang sehat dalam tubuh telah memberikan beberapa manfaat, menurut Mayo Clinic, termasuk beberapa perlindungan terhadap:

  • Diabetes tipe 2
  • penyakit Parkinson
  • Penyakit hati, termasuk kanker hati
  • Serangan jantung dan stroke

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.