Isi Liburan Sekolah, Tonton 7 Film Anak yang Seru dan Penuh Pesan

Oleh Putri Annisa pada 05 Jul 2022, 09:05 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 09:05 WIB
Poster film Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Perbesar
Poster film Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Liputan6.com, Jakarta Liburan sekolah telah tiba. Saatnya Anda meluangkan waktu untuk anak-anak yang ingin mengisi liburannya dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Tak cuma pergi ke mal atau tempat wisata, menonton film juga bisa jadi alternatif kegiatan liburan yang positif.

 Tak perlu ke luar rumah, Anda kini bisa mengajak anak untuk menikmati film-film favorit di rumah melalui layanan streaming online atau OTT. Ada banyak pilihan film anak-anak yang bagus dan berkesan untuk ditonton bersama, baik itu film luar negeri maupun karya sineas Indonesia.

Ya, menonton film anak bersama buah hati tercinta juga banyak manfaatnya. Melansir Verywell Mind, Jumat (1/77/2022), menonton merupakan hiburan terbaik untuk mengurangi stres. Selain itu, menonton bersama juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga, serta membangun waktu yang berkualitas (quality time).

Lewat film anak, Anda bisa menyelipkan pesan-pesan yang ada di film untuk didiskusikan dengan anak setelah menontonnya. Dengan begitu, liburan anak menjadi tidak sia-sia. Antara lain film Nussa, Petualangan Sherina, dan film-film karya Walt Disney Studios seperti Frozen dan Inside Out. 

Berikut ini Liputan6.com sajikan rekomendasi film anak yang seru dan penuh pesan untuk mengisi liburan sekolah, yang dirangkum dari berbagai sumber:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Turning Red

Turning Red (Foto: The Walt Disney Studios)
Perbesar
Turning Red (Foto: The Walt Disney Studios)

Turning Red adalah film animasi bergenre komedi produksi Pixar Animation Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Berlatar di Toronto pada tahun 2002, Turning Red bercerita tentang Meilin Lee yang kerap dipanggil Mei.

Mei adalah seorang gadis remaja 13 tahun yang digambarkan sangat percaya diri dan juga pintar. Mei juga digambarkan sangat berbakti kepada orangtuanya.

Namun, suatu pagi, setelah mengalami mimpi buruk, dia tiba-tiba saja berubah menjadi panda merah raksasa. Rupanya bukan tanpa alasan, Mei akan berubah menjadi panda merah setiap kali dirinya marah atau emosi. Dia baru bisa kembali normal jika dia bisa menenangkan diri.

Mei pun kemudian mengetahui bahwa nenek moyangnya memiliki sejarah yang sama dengan apa yang dialaminya tersebut. Dia bisa melepas panda merah dalam dirinya jika menjalani ritual di malam purnama.

Ketika akan menjalani ritual di malam purnama, Mei mengalami kegalauan lantaran waktunya yang bersamaan dengan konser boyband 4*Town, boyband favoritnya.

Di satu sisi Mei ingin menjalani ritual agar dapat lepas dari panda merah, sementara di sisi lain dia juga sangat ingin menonton konser bersama teman-temannya. Anda bisa menyaksikan film ini di Disney+ Hotstar

 


2. Encanto

Encanto. (Foto:  Walt Disney Animation Studio)
Perbesar
Encanto. (Foto: Walt Disney Animation Studio)

Sama seperti Turning Red, film Encanto juga bisa Anda saksikan di Disney+ Hotstar. Melalui film ini, Anda bisa mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga keutuhan keluarga.

Kisah Encanto berpusat pada satu keluarga ajaib yang dikenal dengan nama The Madrigals. Mereka tinggal dalam satu rumah yang berada di sebuah kota bernama Encanto yang terletak di pegunungan Kolombia.

Seluruh anggota keluarga ini memiliki kemampuan spesial. Mulai dari Isabela Madrigal (Diane Guerrero) yang bisa menumbuhkan tanamanan. Sedangkan Antonio Madrigal (Ravi-Cabot Conyers) bisa berkomunikasi dengan hewan.

Sementara itu, Camilo Madrigal (Rhenzy Feliz) yang bisa berubah menjadi orang lain. Namun, ada satu anggota keluarga yang tidak memiliki kemampuan magis sama sekali. Ia adalah Mirabel Madrigal (Stephanie Beatriz).

Hingga pada suatu hari, Mirabel menyadari bahwa sihir yang menjadi kemampuan keluarganya tengah terancam. Ia menjadi satu-satunya yang bisa menyelamatkan keluarganya bencana itu. Namun, sebelum dapat menyelamatkan keluarganya, Mirabel harus memperbaiki ikatan keluarga yang telah hancur karena keegoisan neneknya.

 


3. Inside Out

Mau Memutar Inside Out, Malah Muncul Insidious: Chapter Three
Perbesar
Para anak-anak yang ingin senang rekreasi, malah mendapat mimpi buruk.

Inside Out juga merupakan film komedi animasi besutan Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Meski sudah rilis pada tahun 2015, Anda masih bisa menontonnya bersama buah hati di Disney+ Hotstar.

Inside Out mengisahkan tentang seorang gadis bernama Riley (Kaitlyn Dias). Akan tetapi, ceritanya tidak hanya berpusat pada Riley, namun pada isi kepalanya yang diwujudkan pada karakter berupa emosi. Emosi yang ada digambarkan dalam sosok lima karakter, yaitu Joy (Amy Poehler), Sadness (Phylis Smith), Anger (Lewis Black), Disgust (Mindy Kaling), dan Fear (Bill Hader).

Film ini cocok Anda tonton bersama anak usia 2-3 tahun yang baru belajar mengenal dan meregulasi emosi. Melalui film ini, Anda bisa mengajarkan macam-macam emosi seperti bahagia, sedih, marah, dan takut.


4. Frozen

[Fimela] Frozen 2
Perbesar
Film Frozen 2 bisa disaksikan di seluruh bioskop Indonesia mulai 20 November 2019 (FOTO: doc.Disney Indonesia)

Frozen bercerita tentang kakak-adik bernama Elsa dan Anna dari kerajaan Arendelle. Berbeda dengan saudarinya, Elsa memiliki kemampuan sihir untuk menciptakan salju dan es. Hal tersebut disembunyikan oleh kedua orang tuanya untuk menghindari ketakutan dari rakyat sampai Elsa mampu mengontrol kemampuan sihirnya tersebut.

Isolasi tersebut akhirnya berakhir pada hari di mana Elsa dinobatkan menjadi Ratu Arendelle menggantikan kedua orang tuanya. Sayangnya, hari penobatan tersebut harus diakhiri dengan bencana karena Elsa tidak mampu mengontrol kemampuan sihirnya tersebut dan melarikan diri dari kerajaan menuju Gunung Utara untuk mengasingkan diri.

Bencana Arendelle tidak berhenti sampai di sana, karena tanpa pengetahuannya, Elsa telah menciptakan salju abadi di musim panas dan menutupi seluruh Arendelle. Anna, adik dari Elsa, memutuskan untuk mencari sang kakak untuk menghentikan malapetaka salju abadi dan mengembalikan musim panas di Arendelle kembali. Perjalanannya tentu saja tidak akan mudah.

Film Frozen 1 dan 2 bisa Anda saksikan di Disney+ Hotstar. Oh ya, film ini juga punya soundtrack yang indah, lho!

 


5. Nussa

Film Animasi Nussa
Perbesar
Film animasi Nussa tayang di bioskop online (Istimewa)

Nussa merupakan film animasi karya sineas Indonesia, kolaborasi The Little Giantz dan Visinema Pictures. Saat ini, Anda bisa menyaksikan film Nussa di Bioskop Online.

Film Nussa mengisahkan gejolak yang dirasakan seorang anak laki-laki bernama Nussa menjelang sebuah pertandingan sains antar sekolah. Nussa selama ini dikenal sebagai seorang anak yang menaruh minat tinggi terhadap sains. Dia juga dinilai sebagai anak yang pintar dan jadi andalan sekolahnya terkait dengan sains.

Namun situasi mulai berubah ketika seorang anak baru datang ke sekolah Nussa. Anak yang bernama Jonni, itu memiliki banyak keunggulan dibanding Nussa, terutama memiliki peralatan yang lebih canggih.

Keduanya sama-sama memiliki kecerdasan dan kemampuan dalam mengerjakan proyek sains. Keduanya pun menjadi wakil sekolah dalam festival sains yang akan datang. Film ini memiliki banyak pesan seperti persahabatan, bersaing dengan sehat, hingga sikap kepada orang tua.

 


6. Petualangan Sherina

Ilustrasi Petualangan Sherina 2. (Foto: Dok. Instagram @milesfilms)
Perbesar
Ilustrasi Petualangan Sherina 2. (Foto: Dok. Instagram @milesfilms)

Film ini sudah rilis sejak tahun 2000 lalu dan termasuk film laris pada masanya. Berkisah tentang kesedihan anak bernama Sherina karena harus meninggalkan teman-temannya yang berada di Jakarta.

Ia harus mengikuti sang Ayah yang mendapatkan pekerjaannya di Bandung. Kesedihan Sherina bertambah karena salah satu siswa di sekolah barunya oleh Sadam (Derby Romero) terus mengganggunya. Sadam merupakan anak yang manja di rumah namun sangat nakal di sekolah. Yang lebih membuat Sherina tertekan adalah Sadam merupakan seorang anak dari kerabat ayah Sherina yaitu Ardiwilaga (Didi Petet).

Perselisihan Sherina dan Sadam berlanjut pada saat mereka harus menyusuri jalan menuju laboratorium astronomi Boscha. Namun, masalah timbul di tengah perjalanan karena mereka diculik oleh Raden (Butet Kertaradjasa), suruhan Kertarajasa (Djaduk Ferianto) yang ingin merebut kekuasaan tanah pertanian Ardiwilaga untuk proyek properti yang sedang ia kerjakan.

Sherina dan Sadam yang terdesak harus menahan ego masing-masing dan mencari solusi agar mereka dapat lepas dari penculikan. Saat ini, Anda bisa menonton film ini di Netflix. Nah, setelah 22 tahun film pertamanya tayang, Petualangan Sherina dikabarkan sedang dalam tahap produksi sekuelnya.

 


7. Laskar Pelangi

Foto Pemeran Film Laskar Pelangi
Perbesar
Foto Pemeran Film Laskar Pelangi Credit: Merdeka.com

Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya penulis Andrea Hirata. Laskar Pelangi berkisah tentang anak laki-laki asal Belitong bernama Ikal dan teman-temannya yang belajar di SD Muhammadiyah Gantong. Ditemani seorang guru bernama Bu Mus, mereka belajar di tengah keterbatasan ekonomi, namun tetap semangat untuk meraih prestasi. Anda bisa menyaksikan Laskar Pelangi bersama buah hati di Netflix. 

Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya