Ternyata, 5 Bagian Tubuh Ini Tak Perlu Dibersihkan Tiap Hari

Oleh Yulia Lisnawati pada 29 Jun 2022, 19:18 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 19:18 WIB
Efek tidak keramas setiap hari
Perbesar
Ilustrasi rambut sehat karena tidak keramas setiap hari. (Foto: unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari Anda berpikir bahwa mandi secara teratur menjadi salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Tapi mandi setiap hari sebenarnya tidak diperlukan bagi segelintir individu.

Ternyata ada beberapa bagian tubuh yang lebih baik tidak dibersihkan setiap hari. Penasaran apa saja, berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Rabu (29/6/2022).

1. Rambut

Banyak individu yang tidak mengetahui bahwa tidak semua jenis rambut perlu keramas setiap hari. Hanya orang-orang dengan rambut halus yang bisa memperoleh manfaat dari keramas setiap hari karena cenderung terlihat lebih cepat berminyak.

Tapi jika rambut Anda keriting atau bertekstur, Anda bisa dengan mudah keramas setiap minggu.

2. Ketiak

Meskipun berkeringat benar-benar normal, dan terkadang memiliki bau ketiak, tidak ada yang ingin bau badan yang tidak sedap mempengaruhi kehidupan sosial.

Mencuci ketiak setiap hari dan mengoleskan deodoran biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah ini.

3. Kaki

Banyak individu berpikir bahwa kaki mereka akan bersih dari sabun dan air di kamar mandi, tapi sebenarnya itu tidak cukup untuk mencegah retakan dan keringat yang mengganggu.

Untuk menjaga kesehatan kaki, cuci dan gosok kaki satu kali sehari menggunakan air hangat dan sabun untuk mencegah iritasi dan kapalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


4. Tubuh

Meningkatkan Sistem Imun
Perbesar
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/Chloe

Meskipun mandi air panas bisa membantumu rileks setelah hari yang panjang, mandi setiap hari tidak diperlukan dan bahkan bisa mengiritasi kulitmu.

Air panas dan sabun yang keras menghilangkan minyak alami kulit, menyebabkan lebih cepat kering.

Bagi kebanyakan individu, mandi dua hingga tiga kali seminggu saja sudah cukup untuk menjaga kebersihan.

5. Lidah

Meskipun menyikat gigi dan merawat gusi dengan benar adalah langkah penting untuk mendapat senyum yang sempurna, membersihkan lidah juga penting untuk menjaga napas tetap segar lebih lama.

Lidah Anda memiliki banyak tonjolan kecil yang bisa menyembunyikan bakteri, dan menggosoknya setiap hari setelah menyikat bisa membantu menghilangkan bau mulut.


Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi makanan sehat. Photo by Ella Olsson on Unsplash
Perbesar
Ilustrasi makanan sehat. Photo by Ella Olsson on Unsplash

Dilansir dari Medical News Today, imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan istirahat yang cukup, berolahraga, dan makan-makanan bergizi. Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, asupan makanan kaya gizi juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Sebenarnya ada banyak makanan penambah imun tubuh yang bisa Anda konsumsi. Berikut ini 10 makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Bayam

Siapa yang tak kenal dengan jenis sayur yang satu ini? Orang di rumah Anda pasti suka memasak sayur bayam karena cara memasaknya yang mudah dan anti ribet. Rupanya, mengonsumsi sayur bayam banyak sekali manfaatnya.

Tak hanya mengandung vitamin C, sayur hijau ini juga mengandung antioksidan dan betakaroten. Kandungan dalam sayurnya dipercaya mampu untuk meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri dan virus.

2. Brokoli

Selain bayam, brokoli juga bagus untuk meningkatkan imun tubuh. Brokoli kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan mineral. Brokoli bisa Anda olah menjadi capcay, bahkan cukup dengan direbus maupun dikukus. Disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama agar nutrisi yang ada di dalam brokoli tetap terjaga.

3. Lemon

Lemon menjadi salah satu makanan yang dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh. Sebab, lemon mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melawan berbagai penyakit. Anda bisa mengonsumsi lemon dengan panganan lain seperti madu dan teh. Anda juga bisa menambahkan lemon kebeberapa menu masakan sebagai penyedap rasa alami.


4. Ayam

Ayam kecap
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/yogi hadijaya

Makanan yang satu ini sepertinya jadi favorit banyak orang. Ayam bisa diolah menjadi berbagai menu masakan. Digoreng, dibakar, maupun dijadikan sup juga bisa membuat rasanya tetap enak. Ternyata, ayam mengandung vitamin B6 yang juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Pepaya

Mengonsumsi banyak buah‐buahan sudah pasti dianjurkan untuk menambah asupan gizi tubuh. Termasuk, makan buah pepaya secara rutin. Pepaya mengandung vitamin C, enzim papain, potassium, dan folat. Sejumlah kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Pepaya mudah didapat dan bisa langsung dimakan, dibuat jus, dan diolah menjadi es krim.

6. Kepiting

Kepiting yang terkenal dengan kelezatnya ini rupanya punya segudang manfaat buat tubuhmu. Kepiting kaya akan zat besi, vitamin B2, selenium, fosfor, dan asam lemak omega 3. Kepiting juga mengadung antioksidan yang dipercaya efektif untuk menetralisir racun yang disebabkan oleh efek radikal bebas. Menyantap daging kepiting juga dapat meminimalisir risiko penyakit kronis yang menyerang tubuh.

7. Paprika Merah

Paprika merah mengadung vitamin C yang melimpah. Ternyata, vitamin C yang terkandung dalam paprika merah ini dua kali lebih banyak daripada jeruk atau lemon. Paprika merah merupakan sumber antioksidan dan mineral. Anda bisa menyantap paprika merah secara matang ataupun mentah. Lebih enak lagi saat disantap sebagaipelengkap teriyaki beef. Sedap dan sehat tentunya.

Infografis Ciri-ciri Ibu rumah tangga Punya Masalah Kesehatan Mental
Perbesar
Infografis Ciri-ciri Ibu rumah tangga Punya Masalah Kesehatan Mental.
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya