Sukses

Jatuh ke Dasar Sungai 10 Bulan, iPhone Pria Ini Masih Berfungsi Setelah Ditemukan

10 bulan jatuh di sungai, iPhone milik pria Inggris ini masih berfungsi baik.

Liputan6.com, Inggris - Seorang pria yang kehilangan iPhone-nya 10 bulan lalu saat berkano di sungai di Inggris terkejut karena iPhone-nya dikembalikan dengan baik oleh seseorang yang melihatnya di dasar sungai yang sama.

Awal bulan ini, Miguel Pacheco, sedang berkano bersama keluarganya di Sungai Wye, di Cinderford, Gloucestershire, ketika dia melihat sesuatu yang biru di air. Ternyata itu adalah iPhone yang tertutup lumpur dan penuh air, tetapi alih-alih melemparkannya kembali, Pacheco memutuskan untuk membawanya dan melihat apakah itu masih berfungsi.

Kemungkinannya kecil, mengingat di mana telepon itu ditemukan, tetapi setelah menggunakan kompresor udara untuk mengeringkannya serta meletakkannya di lemari semalaman, Miguel Pacheco terkejut melihat ikon pengisian daya muncul di layar ketika dia mencolokkannya.

“Di pagi hari ketika saya mengisinya, saya tidak bisa mempercayainya,” kata Pacheco dilansir dari Odditycentral, Rabu (29/6/2022), “Saya tidak berpikir itu bagus. Itu penuh dengan air.”

iPhone itu tidak hanya sedang mengisi daya, tetapi juga menyala, memperlihatkan foto seorang pria dan wanita sebagai screensaver, dengan tanggal 13 Agustus, yang ternyata adalah hari pemiliknya hilang di Sungai Rye yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikembalikan ke Pemiliknya

Pacheco menceritakan kisahnya di media sosial, berbagi foto iPhone dengan foto yang diduga pemiliknya, dan tak lama kemudian, seseorang mengenalinya. Setelah mengunggah foto di grup Facebook Cinder Noticeboard lokalnya, unggahan itu itu dibagikan lebih dari 4.000 kali, dan mencapai teman orang-orang di screensaver itu, Owain Davis dan tunangannya Fiona Gardner, yang tinggal di Edinburgh, Skotlandia.

Ketika dia melihat ponsel tersebut, Owain Davies tidak percaya. Lagi pula, dia merasakannya jatuh dari saku belakangnya selama kecelakaan kano lebih dari 10 bulan yang lalu dan mengira itu hilang selamanya. 

Sekarang iPhone itu kembali kepadanya dengan semua kenangan yang tersimpan di dalamnya utuh dan dalam kondisi kerja yang sempurna.

“Saya berada di kano dua orang dan pasangan saya mungkin seharusnya tidak berdiri, dan tentu saja kami jatuh,” kenang Davies. 

“Ponsel itu ada di saku belakang saya dan begitu berada di dalam air, saya menyadari bahwa ponsel itu hilang.”

Pemilik iPhone jelas terkesan dengan upaya Miguel Pacheco untuk mengeringkan telepon dan mencarinya di media sosial, mengakui bahwa jika itu dia, dia mungkin akan membuangnya ke tempat sampah terdekat.

“Saya tahu jika saya kehilangan ponsel saya, saya punya banyak foto anak-anak saya, saya tahu saya ingin itu kembali,” jelas Miguel.

Menariknya, ini bukan pertama kalinya iPhone yang jatuh ke air selama beberapa bulan diambil dalam kondisi berfungsi. Tahun lalu, ada iPhone 11 yang ditemukan di dasar danau setahun setelah dijatuhkan oleh pemiliknya dan masih bisa digunakan sedia kala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.