Terlalu Sering Naik Pesawat Dapat Menurunkan Gairah Seks, Ini Sebabnya

Oleh Sulung Lahitani pada 26 Jun 2022, 12:05 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 12:05 WIB
Naik Pesawat
Perbesar
Ilustrasi perjalanan liburan menggunakan pesawat. Credits: pexels.com by Oleksandr Pidvalnyi

Liputan6.com, Jakarta Dengan virus Corona yang mulai terkendali, orang-orang kembali melakukan perjalanan dengan pesawat. Tidak hanya untuk urusan pekerjaan, liburan pun menjadi banyak orang untuk kembali terbang dengan pesawat.

Meski demikian, seorang dokter di Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan untuk menghindari terlalu banyak perjalanan udara, terutama di pesawat yang sempit. Menurut dia, ini memiliki dampak terhadap gairah seks seseorang.

Menurut Dr Florence Comite, ada hubungan antara kecemasan, claustrophobia, dan kekhawatiran tentang ruang yang tidak cukup dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi libido.

Dr Comite, yang berasal dari Brooklyn, AS, mengatakan bahwa para pelancong harus berhati-hati dalam hal kebiasaan terbang mereka, karena perjalanan udara memicu "mekanisme penerbangan dan pertarungan" seseorang.

Sekolah Kedokteran Yale, Dr Comite, menjelaskan: "Naik pesawat dapat menurunkan gairah seks Anda karena itu memicu kecemasan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dan itu adalah ruang yang sempit."

"Ini mendorong mekanisme lari dan lawan Anda. Jadi hormon yang naik di otak seperti norepinefrin dan epinefrin akan menurunkan testosteron dan itu akan segera berpengaruh pada libido dan bahkan fungsi seksual."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Hal yang harus dilakukan

Ilustrasi Pesawat
Perbesar
Ilustrasi pesawat. (dok. Unsplash.com/@killianpham)

Untuk menghentikan menurunnya libido, Dr Comite menyarankan mereka yang mempersiapkan liburan untuk memastikan mereka mengantisipasi dan merencanakan perjalanan mereka sebelumnya.

Kiat utamanya termasuk memastikan semua tugas penting selesai dan Anda tidur nyenyak malam sebelum penerbangan. Sebab, biasanya seseorang yang melakukan penerbangan pagi harus check in pagi-pagi sekali. Ini dapat memengaruhi tidur malam sebelumnya.

Dr Comite melanjutkan: "Juga, bermeditasi lah. Ini akan mematikan gen yang menyebabkan peningkatan hormon, menjaga testosteron di tempat yang seharusnya."

"Dan itu cara yang bagus untuk membuat Anda merasa lebih baik bepergian. Jika Anda sering bepergian, direkomendasikan tidur antara enam hingga delapan jam per malam, tetapi tidak kurang dari empat jam."


5 Rahasia Menumbuhkan Rambut Sehat Secara Alami

Efek tidak keramas setiap hari
Perbesar
Ilustrasi rambut sehat karena tidak keramas setiap hari. (Foto: unsplash.com)

Memiliki rambut tebal dan indah tentu diidamkan banyak individu, khususnya kaum hawa. Beberapa dari kita beruntung dilahirkan dengan rambut tebal dan berkilau alami, tapi bagi segelintir individu, perlu usaha untuk memiliki rambut impian.

Rata-rata, rambut tumbuh sekitar 0,5 inci per bulan. Itu setara dengan sekitar 6 inci pertumbuhan rambut setiap tahun.

Namun seringkali, pertumbuhan itu terasa minimal, terutama ketika kebanyakan individu kehilangan antara 50 dan 100 helai rambut setiap hari.

Untuk itu, ketahui beberapa rahasia menumbuhkan rambut sehat, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (25/6/2022).

1. Menggunakan jus bawang

Bawang memang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Namun ternyata bawang juga bisa membantumu mendapat rambut indah yang Anda impikan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jus bawang bisa ditambahkan ke rutinitas perawatan rambutmu.

Sebagai permulaan, Journal of Dermatology percaya bahwa mengoleskan jus bawang ke kulit kepala bisa membantu pertumbuhan kembali rambut.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa individu dengan alopecia areata yang mengoleskan jus bawang dua kali sehari ke kulit kepala mereka melihat pertumbuhan rambut setelah dua minggu.

 


2. Pijat kulit kepala

Malas Menyisir Rambut
Perbesar
Ilustrasi Menyisir Rambut Credit: pexels.com/Selena

Salah satu dari banyak cara untuk mempercepat proses pertumbuhan dan membuat rambutmu lebih panjang dalam waktu singkat yakni dengan memijat kulit kepalamu.

Tujuan dari pijatan yakni untuk meregangkan sel-sel folikel rambut dan memicunya untuk menghasilkan rambut individu yang lebih tebal.

Menurut sebuah studi tahun 2019, hampir 69% peserta melaporkan bahwa alopecia mereka telah membaik berkat rutin memijat kulit kepala.

3. Menggunakan minyak rosemary

Jika Anda menginginkan untaian tebal, kemungkinan besar Anda mencari produk dan bahan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa minyak esensial rosemary sama efektifnya dengan minoxidil (obat yang digunakan untuk menyembuhkan rambut yang menipis).


4. Mengurai rambut sebelum tidur

Ketombe
Perbesar
Ilustrasi Rambut Rusak Credit: pexels.com/Shakira

Anda harus terlebih dahulu mengurai rambutmu sebelum menatanya. Mengurai rambut di malam hari menjamin rambut tetap bebas kusut saat tidur dan agar menata rambut lebih mudah di pagi hari.

Untuk memastikan rambut bebas rusak, luangkan waktumu, kerjakan dalam bagian-bagian kecil, melembabkan rambutmu, gunakan sisir kayu bergigi lebar, dan mulai dari ujung rambut sebelum ke atas.

5. Meninggalkan sampo

Meninggalkan sampo dalam rutinitas perawatan rambut memang terdengar mustahil bagi banyak individu. Tapi sampo menjadi produk kebersihan yang tidak perlu karena baru ada sejak tahun 1930.

Juga, sampo standar bisa merusak rambut dengan menghilangkan minyak alami sehat yang diproduksi oleh kulit kepala.

Infografis Jangan Panik, Kenali Gejala Hepatitis Akut pada Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Jangan Panik, Kenali Gejala Hepatitis Akut pada Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya