Sukses

5 Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan, Bantu Menurunkan Berat Badan

Chia seed atau biji cia memang berukuran kecil, tapi ini menjadi salah satu item paling bergizi yang ada di dapurmu.

Liputan6.com, Jakarta - Chia seed atau biji cia memang berukuran kecil, tapi ini menjadi salah satu item paling bergizi yang ada di dapurmu.

Chia seed penuh dengan antioksidan, serat, asam lemak omega-3 dan sangat serbaguna untuk digunakan. Belum lagi nutrisi lainnya, seperti mangan, kalsium dan protein. Mereka bebas gluten dan mudah dicerna.

Salah satu keuntungan terbaik memasukkan chia seed ke dalam makananmu adalah sangat mudah untuk dimasukkan. Anda tidak perlu menggilingnya agar mudah dicerna.

Chia seed mudah bercampur dengan cairan, dan ini adalah tambahan nutrisi yang sederhana namun cepat untuk berbagai makanan.

Oleh karena itu, ketahui apa saja manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh, seperti melansir dari Pinkvilla, Sabtu (25/6/2022).

1. Bergizi tinggi

Chia seed dikemas dengan nutrisi—termasuk serat, protein nabati, mineral, yang bisa mendukung tubuhmu dalam berbagai cara.

Sekitar dua sendok makan menyajikan 138 kalori, 5 gram protein, 8 gram lemak, 12 gam karbohidrat dan 10 gram serat.

2. Kaya akan anti oksidan

Antioksidan melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, protein dan DNA. Dengan biji chia yang tinggi antioksidan, ada baiknya menambahkannya ke makanan sebanyak yang Anda bisa.

Sebagai tambahan, makanan yang mengandung radikal bebas tinggi adalah makanan yang kekurangan antioksidan—daging olahan dan makanan yang banyak diproses atau penuh gula adalah contohnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Membantu mengurangi peradangan dalam tubuh

Peradangan menjadi kondisi kesehatan tersembunyi yang menyebabkan masalah dalam tubuh. Ini bisa meningkatkan kolesterol, nyeri sendi dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Chia seed bersifat anti-inflamasi, jadi menambahkannya ke dalam makananmu membantu mengurangi tingkat peradangan yang bisa diukur melalui CRP dan ESR dalam tes darah.

4. Membantu mengatur kadar gula darah

Chia seed bisa menstabilkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini mengurangi kemungkinan lonjakan dan benturan yang terkadang dialami setelah makan.

Ini sangat membantu pengidap diabetes atau yang mengalami resistensi insulin pada PCOS, khususnya.

Anda bisa menambahkan chia seed ke smoothies, saus salad atau tambahkan ke oatmeal Anda.

3 dari 3 halaman

Manfaat kesehatan lainnya

5. Mendukung penurunan berat badan

Karena chia seed menjaga tingkat rasa kenyangmu. Ini mmbantu menurunkan nafsu makan, mencegah Anda makan berlebihan.

Ini mendukung penurunan berat badanmu karena Anda tidak mengonsumsi kalori yang tidak perlu melalui sumber makanan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.