Sukses

4 Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Menggunakan ponsel tepat sebelum tidur bisa memengaruhi kesehatanmu lebih dari yang Anda sadari.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita memiliki kebiasaan memainkan ponsel sebelum tidur, untuk sekedar menonton, membalas pesan hingga memantau media sosial.

Namun ternyata, menggunakan ponsel tepat sebelum tidur bisa memengaruhi kesehatanmu lebih dari yang Anda sadari.

Untuk itu, ketahui bahaya menggunakan ponsel tepat sebelum tidur bagi kesehatan, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (24/6/2022).

1. Menyakiti mata

Jika Anda pernah merasa penglihatan Anda tiba-tiba kabur setelah Anda menghabiskan berjam-jam menggunakan ponsel, Anda tentu tidak sendirian.

Saat Anda menggunakan smartphone, hal itu bisa menyebabkan kelelahan mata, yang juga dikenal sebagai mata lelah.

Untuk melindungi mata Anda, coba turunkan kecerahan layar dan hindari menggunakan ponsel terlalu lama.

2. Bisa mengganggu tidur

Banyak individu kini memiliki kebiasaan memainkan smartphone mereka sebelum tidur. Tapi kebiasaan ini tidak berbahaya seperti yang terlihat, dan menggunakan ponselmu mendekati waktu tidur bisa membuatmu tidak bisa tidur nyenyak.

Cahaya biru dari ponselmu tidak hanya memengaruhi penglihatanmu, tapi juga bisa mengganggu siklus tidur-bangunmu, yang pada gilirannya bisa menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahaya lainnya

3. Menyebabkan nyeri leher

Jika Anda terbiasa dengan sensasi nyeri leher yang mengganggu, maka menggunakan ponsel di tempat tidur bisa memperburuk kondisi yang ada.

Saat Anda memiringkan kepala ke depan untuk melihat layar, otot-otot di leher akan tegang, menyebabkan rasa sakit.

Jika Anda tidak bisa membayangkan pergi tidur tanpa memeriksa ponselmu, coba pegang setinggi mata untuk menghindari ketegangan otot.

4. Menyebabkan kulit menua lebih cepat

Anda akan menghabiskan uang untuk perawatan kulit yang malah, tapi sesuatu yang sederhana seperti menggunakan ponsel di tempat tidur bisa menyabot semua upaya Anda.

Ketika Anda melihat ponsel, itu menyebabkan Anda mengembangkan garis dan lipatan di lehermu, yang pada gilirannya bisa membuat Anda terlihat tua sebelum waktunya.

3 dari 4 halaman

Posisi tidur terbaik untuk tubuhmu

Ketahui posisi tidur mana saja yang menawarkan manfaat paling besar bagi kesehatanmu dan mana yang lebih baik untuk dihindari. Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side.

1. Tidur telentang

Meskipun tidur telentang bisa membantumu menjaga kulit bebas kerut lebih lama, tapi itu bukan posisi terbaik jika Anda mengalami nyeri punggung bawah karena bisa mempeburuk kondisi yang ada.

Dan jika pasanganmu terus mengeluh tentang mendengkur, tidur telentang bisa juga bukan posisi terbaik, karena bisa memperburuk apnea tidurmu juga.

Tapi jika Anda pernah terbangun dengan nyeri leher yang mengganggu, maka tidur telentang bisa membantu karena menjaga kepala, leher dan tulang belakangmu dalam posisi netral, membantu Anda mencegah sensasi pegal di area leher.

Tidur telentang juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena bisa membatasi aliran darah dan oksigen ke bayi.

2. Tidur miring ke kiri

Tetap terhidrasi dan makan cukup serat pasti bisa bermanfaat bagi pencernaanmu, dan tidur miring ke kiri juga bisa membantu mengatur ususmu.

Saat Anda tidur miring ke kiri, grativitasi mendorong pergerakan usus yang normal, membantu Anda pergi ke kamar mandi di pagi hari.

Selain menghilangkan sembelit, tidur miring ke kiri dianggap paling bermanfaat bagi kesehatanmu dan bisa meredakan sakit punggung.

4 dari 4 halaman

Posisi tidur lainnya

3. Tidur miring ke kanan

Jika Anda sering merasa jantungmu berdebar-debar, maka mengurangi kafein dan menemukan cara yang sehat untuk mengatasi stres menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan.

Terlepas dari perubahan gaya hidup ini, tidur miring ke kanan juga bisa bermanfaat bagi jantungmu.

Memilih untuk tidur di sisi kananmu bisa melindungi Anda dari gagal jantung dan masalah terkait jantung lainnya.

4. Tidur tengkurap

Meskipun tidur tengkurap bisa mengurangi dengkuran, namun memiliki banyak kelemahan dibandingkan dengan posisi tidur lainnya.

Karena mengganggu posisi netral tulang belakangmu, tidur tengkurap bisa menyebabkan nyeri punggung, leher dan bahu, dan bahkan bisa menyebabkan kulitmu menua lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.