Sukses

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Bisa Membuat Gigi Jadi Kuning

Berikut ini deretan hal yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

Liputan6.com, Jakarta - Senyum Anda menjadi salah satu hal yang terpenting dari penampilan Anda. Faktanya, 94% orang mengatakan senyuman adalah hal pertama yang mereka perhatikan saat bertemu seseorang. 

Dan meskipun sebagian besar dari kita bermimpi memiliki senyum yang layak di Hollywood, banyak dari kita tidak melakukan apa yang diperlukan untuk mendapatkannya. Selain minum kopi dan minuman berwarna lainnya, rupanya ada banyak hal tak terduga yang mungkin membuat Anda menodai gigi tanpa Anda sadari.

Dilansir dari Bright Side, Kamis (23/6/2022), berikut ini deretan hal yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. 

Minum soda

Soda dan minuman ringan lain dapat merusak email pada gigi Anda, tetapi es teh sebenarnya dapat membantu Anda merawat gigi putih Anda.

Kebanyakan es teh mengandung asam malat, senyawa organik yang juga ditemukan dalam stroberi, yang memiliki sifat pemutihan yang kuat. Ini juga meningkatkan produksi air liur, yang pada gilirannya, membantu melawan kerusakan gigi dan mencegah perubahan warna.

Sering berenang

Jika Anda seorang perenang yang berdedikasi dan menghabiskan lebih dari 6 jam seminggu di kolam renang, kemungkinan Anda akan melihat penumpukan kecokelatan di gigi Anda.

Saat Anda berenang, Anda mungkin secara tidak sengaja membiarkan air masuk ke mulut Anda, dan semua bahan kimia dalam air kolam dapat menyebabkan noda pada gigi Anda. Sementara klorin membantu menghilangkan bakteri di dalam air, itu dapat mengubah gigi Anda menjadi kuning atau cokelat dan melemahkan enamel dan membuat gigi Anda terlalu sensitif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal yang Bisa Membuat Gigi Jadi Kuning

Gunakan obat kumur

Obat kumur seharusnya memberi Anda napas yang segar, tetapi ada baiknya Anda memeriksa label sebelum membeli botol berikutnya. Beberapa bahan dalam obat kumur dapat bereaksi dengan senyawa pewarna dalam makanan, dan bukannya mencerahkan gigi Anda, itu dapat menumpulkan warna putih mutiaranya.

Jika Anda tidak dapat membayangkan rutinitas perawatan mulut Anda tanpa obat kumur, pilihlah jenis yang tidak mengandung bahan chlorhexidine atau eucalyptol, dan bilas mulut Anda hanya sebelum tidur.

Sikat gigi dengan keras

Menggunakan sikat gigi yang keras tidak akan membuat gigi Anda lebih putih pada kenyataannya, menyikat gigi terlalu agresif dapat mengikis email gigi Anda. Ini, pada gilirannya, akan membuat gigi Anda lebih rentan terhadap kerusakan dan rentan terhadap noda. Dokter gigi menyarankan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut atau ekstra lembut dan menggantinya segera setelah bulunya menyebar.

 

3 dari 3 halaman

Hal yang Bisa Membuat Gigi Jadi Kuning

Masak dengan bumbu tertentu

Membumbui makanan Anda akan menambah rasa dan berbagai aroma pada masakan Anda, tetapi Anda mungkin ingin membatasi rempah-rempah tertentu jika Anda ingin gigi Anda tetap putih.

Beberapa rempah-rempah yang sangat berpigmen, seperti kari, dapat menodai gigi Anda dan mengubahnya menjadi kekuningan. Jika Anda tidak menyukai rasa makanan biasa, bumbui makanan Anda dengan herbal yang dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda, seperti thyme, kunyit, atau kayu manis.

Stres

Ketika kita berada di bawah banyak tekanan, kita mungkin secara naluriah menggertakkan gigi kita untuk melepaskan stres. Ketika kita melakukannya secara teratur, kita mungkin merusak gigi kita tanpa menyadarinya. Selain membuat Anda sakit kepala dan sakit rahang, menggertakkan gigi bisa melemahkan email gigi, menyebabkan gigi menjadi kuning dan rapuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.