Sukses

6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Selain rasanya yang manis, pepaya ternyata bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut

Liputan6.com, Jakarta - Pepaya merupakan buah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan dikenal juga dengan sebutan papaya. Selain rasanya yang manis, selama ini buah pepaya dikenal akan manfaatnya yang besar untuk kesehatan pencernaan.

Dilansir dari Medical News Today, Kamis (23/6/2022), buah pepaya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Pepaya juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kontrol glukosa darah pada pengidap diabetes, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan penyembuhan luka.

Ternyata, pepaya juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Manfaatnya untuk kulit bervariasi, salah satunya pepaya dapat memperbaiki warna kulit Anda berkat enzim aktif yang ada di dalamnya, seperti enzim papain.

Enzim ini dapat membantu mengurangi pigmentasi dan mengontrol jerawat dan pembentukan kerutan. Pepaya juga membantu untuk menjaga kesehatan rambut.

Berikut ini enam manfaat pepaya untuk kecantikan kulit dan rambut, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Mencegah Kerutan pada Kulit

Kulit pepaya disebut bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Beberapa mengklaim pepaya sama efektifnya dengan Retin-A. Kulitnya mengandung enzim yang menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit. Ini membantu mengurangi kerutan dan bintik-bintik penuaan.

Gosokkan kulit pepaya yang sudah dibersihkan ke seluruh wajah dan leher Anda. Biarkan selama 20 menit supaya meresap, lalu bilas dengan air dingin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Melembabkan Kulit

Pepaya bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki kulit kering. Mengonsumsi pepaya dapat membuat kulit Anda lembut dan kenyal. Enzim yang ada dalam pepaya dapat membantu merawat kulit kering dan bersisik serta menghidrasinya.

Campurkan satu sendok makan pepaya yang sudah dilembutkan dengan 1 sendok teh madu. Oleskan masker madu pepaya ke wajah Anda, lalu diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas hingga bersih dengan air dingin.

3. Membersihkan Pigmentasi

Pepaya dapat membantu Anda menghilangkan bekas luka akibat jerawat atau pigmentasi yang tidak merata. Pepaya memiliki sifat pencerah kulit yang membantu menghilangkan noda dan pigmentasi. Selain itu, beta-karoten, enzim, dan fitokimia yang ada dalam pepaya membantu menjaga kesehatan kulit wajah.

Enzim papain, bersama dengan asam alfa-hidroksi, bertindak sebagai eksfoliator yang membantu melarutkan protein tidak aktif dan sel kulit mati. Itu semua dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan lembut.

Caranya dengan merendam bola kapas dalam jus pepaya. Tepuk-tepuk jus pepaya ke area wajah sebagai masker. Diamkan masker selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

3 dari 4 halaman

4. Mencegah Datangnya Jerawat

Pepaya mengobati jerawat dan mencegahnya kembali datang di wajah Anda. Enzim proteolitik papain yang terdapat dalam pepaya efektif untuk membantu mengatasi jerawat.

Selain daging buahnya, daun, kulit, dan biji pepaya juga mengandung enzim tertentu yang dapat membantu menghilangkan bekas luka dan pigmentasi jerawat. Anda bisa menggunakan daging pepaya matang yang sudah dilembutkan sebagai masker wajah dan biarkan selama 15-20 menit, lalu cuci wajah dengan air dingin.

Selain itu, oleskan jus pepaya mentah pada area yang terkena jerawat. Tujuannya untuk mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat. Anda juga dapat membuat warna kulit Anda lebih cerah dengan menggunakan campuran 1/4 cangkir pepaya yang dilumatkan dengan 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok teh jus lemon segar.

Oleskan pasta ini sebagai masker wajah dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Gunakan air hangat untuk menyeka masker dengan lembut. Bilas dengan air dingin dan keringkan. Ikuti proses ini seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang cerah.

4 dari 4 halaman

5. Mengurangi Lingkaran Hitam Bawah Mata

Menggunakan pure pepaya adalah cara alami untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Karena merupakan zat pencerah alami, pepaya membantu menghilangkan pigmentasi warna kulit.

Oleskan pepaya yang sudah dilembutkan pada lingkaran hitam Anda dan biarkan selama setidaknya 10 menit. Gosok kulit Anda dengan lembut dengan ujung jari Anda dan kemudian bersihkan pasta dengan kain bersih. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat kuku. Lakukan perawatan ini setiap hari agar lebih efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam tersebut.

6. Menghidrasi dan Melembutkan Rambut

Pepaya dapat membuat rambut Anda lembut dan terhidrasi. Karena kandungan vitamin A yang tinggi, pepaya meningkatkan produksi sebum, yaitu minyak alami tubuh Anda, dan produksinya membuat rambut Anda sehat.

Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan vitamin C pada pepaya juga diperlukan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit.

Haluskan daging pepaya hingga membentuk pasta yang halus. Tambahkan plain yogurt ke pasta pepaya dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke rambut Anda, mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama satu jam dan bilas menggunakan sampo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.