Sukses

Waspada Gejala Tak Biasa Saat Kencing Ini Bisa Jadi Pertanda Kanker Prostat

Berikut ini gejala tak biasa saat kencing yang bisa jadi pertanda kanker prostat

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya satu dari delapan pria di Inggris akan mendapatkan kanker prostat dalam hidup mereka. Sekitar 78% dari mereka yang didiagnosis akan bertahan selama 10 tahun atau lebih, tetapi peluang Anda untuk bertahan hidup sangat bergantung pada seberapa dini Anda didiagnosis.

Tidak ada gejala yang jelas dari penyakit ini, tetapi Anda harus mewaspadai gejala-gejala tertentu saat Anda buang air. Jika Anda memiliki salah satu dari tujuh gejala berikut, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang skrining antigen spesifik prostat.

Ketika didiagnosis pada tahap paling awal, 100% orang dengan kanker prostat akan bertahan dari penyakit mereka selama lima tahun atau lebih. Kanker prostat berkembang perlahan, yang berarti bisa tidak terdeteksi selama bertahun-tahun.

Ahli urologi terkemuka Petr Holy, dari Men's Health Clinic di Kingston, berbicara secara eksklusif dengan Mirror untuk menawarkan wawasannya tentang gejala utama yang harus ditemukan saat kencing dan bagaimana pengobatan bekerja jika Anda telah didiagnosis.

Gejala kanker prostat

“Sementara perubahan kebiasaan toilet kadang-kadang bisa menjadi masalah sementara yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti pola makan dan gaya hidup, itu juga bisa menjadi salah satu tanda pertama dari masalah prostat,” kata Holy.

“Kebutuhan mendesak untuk buang air kecil, lebih sering ke toilet, aliran yang lambat atau terputus dan perasaan masih ingin buang air kecil bahkan ketika Anda sudah selesai adalah beberapa tanda bahaya yang paling umum."

"Sangat penting bagi pria untuk waspada terhadap setiap perubahan ini dan mencari saran dari seorang ahli jika itu menjadi pola."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gejala lainnya

Gejala kanker prostat lainnya, yaitu:

  • Kesulitan buang air kecil
  • Penurunan kekuatan dalam aliran urin
  • Darah dalam urin
  • Darah dalam air mani
  • Sakit tulang
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas
  • Disfungsi ereksi

 

Pengobatan kanker prostat

Pilihan dan rekomendasi pengobatan kanker prostat bergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis dan stadium kanker, kemungkinan efek samping, dan preferensi pasien serta kesehatan secara keseluruhan.

“Kanker prostat dapat diobati secara efektif jika terdeteksi cukup dini dan diagnosis dini sering kali mengarah pada hasil yang lebih baik,” tambah Holy.

Menurut NHS: "Kanker prostat biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun sampai kanker telah tumbuh cukup besar untuk memberi tekanan pada tabung yang membawa urin dari kandung kemih keluar dari penis (uretra)."

 

3 dari 5 halaman

Faktor risiko

Karena tidak ada cara untuk mengetahui apakah Anda menderita kanker prostat atau tidak, pria disarankan untuk menemui dokter umum mereka jika mereka menunjukkan gejala penyakit tersebut.

Meskipun mereka mungkin tidak memiliki penyakit prostat atau kanker, yang terbaik adalah mendapatkan konfirmasi dari seorang profesional medis.

Menurut Prostate Cancer UK: "Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter umum Anda jika Anda berusia di atas 50 tahun, atau di atas 45 tahun jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker prostat atau seorang pria kulit hitam, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala apa pun."

"Ini semua adalah hal yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat."

"Dokter Anda dapat memberikan lebih banyak informasi atau tes jika perlu."

4 dari 5 halaman

4 Masalah Kesehatan yang Akan Anda Alami Jika Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Menggunakan ponsel tepat sebelum tidur dapat mempengaruhi kesehatan Anda lebih dari yang Anda sadari. Dilansir dari Brightside, berikut deretan hal yang akan terjadi jika Anda kerap bermain ponsel sesaat sebelum tidur di malam hari. 

1. Bisa Menyakiti Mata

Jika Anda pernah merasa seperti penglihatan Anda tiba-tiba kabur setelah Anda menghabiskan berjam-jam bermain ponsel, Anda pasti tidak sendirian. Ya, menggunakan ponsel berjam-jam atau bahkan seharian penuh bisa menyebabkan kelelahan pada mata. Untuk melindungi mata Anda, coba turunkan kecerahan layar dan hindari menggunakan ponsel terlalu lama.

2. Dapat Mengganggu Tidur

Ketika Anda akhirnya tidur di penghujung hari yang panjang, Anda mungkin tergoda untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk memeriksa pesan atau membaca berita di ponsel Anda. Tapi kebiasaan ini tidak berbahaya seperti yang terlihat, dan menggunakan ponsel Anda mendekati waktu tidur mungkin membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Cahaya biru dari ponsel cerdas Anda tidak hanya mempengaruhi penglihatan Anda, tetapi juga dapat mengganggu siklus tidur dan bangun Anda, yang pada gilirannya dapat menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan.

5 dari 5 halaman

3. Menyebabkan Sakit Leher

Jika Anda kerap mengalami sensasi nyeri leher yang mengganggu, maka menggunakan ponsel di tempat tidur dapat memperburuk kondisi yang ada. Saat Anda memiringkan kepala ke depan untuk melihat layar, otot-otot di leher akan tegang, menyebabkan rasa sakit. Jika Anda tidak dapat membayangkan pergi tidur tanpa memeriksa ponsel Anda, coba pegang setinggi mata untuk menghindari ketegangan otot.

4. Menyebabkan Kulit Cepat Menua 

Anda mungkin menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit yang mahal, tetapi sesuatu yang sederhana seperti menggunakan ponsel di tempat tidur dapat mengalahkan semua upaya Anda. Ketika Anda terlalu lama melihat ponsel Anda, itu menyebabkan Anda mengembangkan garis dan lipatan di leher Anda, yang pada gilirannya dapat membuat Anda terlihat tua sebelum waktunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.