Sukses

10 Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Artikel ini berisi tentang 10 makanan yang wajib dikonsumsi untuk tingkatkan imunitas tubuh

Liputan6.com, Jakarta Sistem imunitas terdiri dari organ, sel, jaringan, dan protein. Sistem inilah yang akan bekerja melindungi tubuh dari serangan virus, kuman, dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Sistem imun atau daya tahan tubuh yang kuat disebut mampu menangkal berbagai virus penyakit. Sebaliknya, imunitas yang rendah justru membuat virus semakin mudah menyerang tubuh sehingga berkembang menjadi penyakit.

Maka dari itu, sistem imunitas tubuh harus tetap dijaga agar kita bisa terhindari dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit. Apalagi, sejak pandemi COVID-19 merebak di penjuru dunia, segala upaya harus kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh kita tetap kuat.

Dilansir dari Medical News Today, imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan istirahat yang cukup, berolahraga, dan makan-makanan bergizi. Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, asupan makanan kaya gizi juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Sebenarnya ada banyak makanan penambah imun tubuh yang bisa Anda konsumsi. Berikut ini 10 makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Bayam

Siapa yang tak kenal dengan jenis sayur yang satu ini? Orang di rumah Anda pasti suka memasak sayur bayam karena cara memasaknya yang mudah dan anti ribet. Rupanya, mengonsumsi sayur bayam banyak sekali manfaatnya. Tak hanya mengandung vitamin C, sayur hijau ini juga mengandung antioksidan dan betakaroten. Kandungan dalam sayurnya dipercaya mampu untuk meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri dan virus.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Brokoli

Selain bayam, brokoli juga bagus untuk meningkatkan imun tubuh. Brokoli kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan mineral. Brokoli bisa Anda olah menjadi capcay, bahkan cukup dengan direbus maupun dikukus. Disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama agar nutrisi yang ada di dalam brokoli tetap terjaga.

3. Lemon

Lemon menjadi salah satu makanan yang dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh. Sebab, lemon mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melawan berbagai penyakit. Anda bisa mengonsumsi lemon dengan panganan lain seperti madu dan teh. Anda juga bisa menambahkan lemon kebeberapa menu masakan sebagai penyedap rasa alami.

4. Ayam

Makanan yang satu ini sepertinya jadi favorit banyak orang. Ayam bisa diolah menjadi berbagai menu masakan. Digoreng, dibakar, maupun dijadikan sup juga bisa membuat rasanya tetap enak. Ternyata, ayam mengandung vitamin B6 yang juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

 

3 dari 5 halaman

5. Pepaya

Mengonsumsi banyak buah‐buahan sudah pasti dianjurkan untuk menambah asupan gizi tubuh. Termasuk, makan buah pepaya secara rutin. Pepaya mengandung vitamin C, enzim papain, potassium, dan folat. Sejumlah kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Pepaya mudah didapat dan bisa langsung dimakan, dibuat jus, dan diolah menjadi es krim.

6. Kepiting

Kepiting yang terkenal dengan kelezatnya ini rupanya punya segudang manfaat buat tubuhmu. Kepiting kaya akan zat besi, vitamin B2, selenium, fosfor, dan asam lemak omega 3. Kepiting juga mengadung antioksidan yang dipercaya efektif untuk menetralisir racun yang disebabkan oleh efek radikal bebas. Menyantap daging kepiting juga dapat meminimalisir risiko penyakit kronis yang menyerang tubuh.

7. Paprika Merah

Paprika merah mengadung vitamin C yang melimpah. Ternyata, vitamin C yang terkandung dalam paprika merah ini dua kali lebih banyak daripada jeruk atau lemon. Paprika merah merupakan sumber antioksidan dan mineral. Anda bisa menyantap paprika merah secara matang ataupun mentah. Lebih enak lagi saat disantap sebagaipelengkap teriyaki beef. Sedap dan sehat tentunya.

4 dari 5 halaman

8. Jeruk

Dalam buah jeruk terdapat kandungan vitamin C yang mampu melindungi tubuh kita dari beragam jenis penyakit, seperti flu. Vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Jeruk ini ada banyak jenisnya sehingga Anda bisa bergantian menyantapnya sehari-harinya. Beberapa jenis jeruk yang bisa dikonsumsi adalah jeruk bali, jeruk keprok, jeruk sunkist, jeruk mandarin, hingga jeruk medan. 

9. Kacang Almond

Kacang almond juga bagus dikonsumsi sebagai makanan penambah imun tubuh. Menurut jurnal A Nutrition and Health Perspective on Almonds, kacang almond mengandung banyak vitamin E di dalamnya, yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit.

Selain itu, kacang almond mengandung magnesium, fosfor, vitamin C, serta antioksidan yang bagus untuk kesehatan daya tahan tubuh. Konsumsi kacang almond sekitar 15 mg per hari supaya bisa mendapatkan kandungan vitamin E yang cukup per harinya.

Selain kacang almond, jenis kacang-kacangan lain sebenarnya juga bagus dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti kacang walnut, kenari, hingga edamame. Namun, kandungan pada kacang almond jauh lebih besar dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya.

 

5 dari 5 halaman

10. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan hasil fermentasi dari susu yang memiliki ciri khas rasanya yang agak asam. Yoghurt mengandung vitamin D tinggi yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Anda bisa mengonsumsi yoghurt dalam bentuk minuman atau frozen alias dijadikan froyo (frozen yoghurt) yang nantinya bisa ditambahkan dengan potongan buah-buahan segar sehingga dapat menambah kandungan nilai gizi di dalamnya. Saat akan mengonsumsi yoghurt, lebih baik pilih yang plain karena kandungan gula di dalamnya rendah sehingga lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.