Sukses

Buat Hubungan Lebih Kuat, Ini 5 Manfaat Adu Argumen dengan Pasangan

Jadi, berdebat jika dilakukan dengan benar dapat membawa hasil positif dan inilah alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Adu argumen kerap tidak dianggap sehat untuk suatu hubungan tetapi Anda akan terkejut bahwa itu benar-benar dapat membantu Anda dan pasangan untuk memiliki interaksi yang lebih tulus satu sama lain. 

Bukan hanya itu, argumen bisa membuat hubungan Anda lebih tahan lama. Hal ini dapat membuat Anda kesal dan terganggu untuk sementara waktu. Kami memahami Anda mungkin tidak suka berdebat dengan pasangan Anda, tetapi tahukah Anda bahwa itu juga memiliki beberapa manfaat? Jadi, berdebat jika dilakukan dengan benar dapat membawa hasil positif dan inilah alasannya dilansir dari Boldsky.

Anda Mampu Mendiskusikan Masalah 

Mari kita luruskan satu hal, mengabaikan masalah bukanlah keputusan yang bijak karena dapat membawa kepahitan dalam hubungan Anda. Saat Anda berdebat dengan pasangan tentang masalah tertentu, Anda cenderung mendiskusikan masalah tersebut. 

Anda memberi tahu pasangan Anda apa yang salah dalam hubungan Anda dan mengapa itu tidak dapat diterima. Daripada menumpuk kemarahan Anda, Anda akan dapat berbicara tentang masalahnya. Dengan demikian, ini mengurangi kemungkinan menciptakan keretakan dalam hubungan Anda.

Anda Mengucapkan Apa yang Ada Dalam Hati Anda 

Kita manusia tidak diberkahi dengan kemampuan membaca pikiran setiap orang, jadi jangan coba-coba. Karena itu, tidak mengungkapkan emosi dan pikiran Anda tidak akan pernah membuat pasangan Anda tahu apa yang ada dalam pikiran Anda. Selain itu, menyembunyikan rasa frustasi dan ketidaksepakatan Anda dapat membuatnya bocor dengan cara lain. Ketika Anda berdebat dengan pasangan Anda, Anda mengekspresikan frustasi, pikiran, dan pendapat Anda. Anda memberi tahu pasangan Anda apa yang mengganggu Anda. Dengan cara ini segala sesuatunya bisa menjadi transparan dalam hubungan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat selanjutnya

Anda Mengenal Opini dan Pikiran Pasangan Anda 

Setiap kali ada pertengkaran, Anda akan dapat mengetahui pemikiran dan pendapat pasangan Anda tentang berbagai masalah yang kadang-kadang mengangkat kepala mereka dalam hubungan Anda. Anda akan mengetahui di mana ada yang salah dalam hubungan Anda. Juga, dengan cara ini Anda dapat mengetahui apakah Anda berdua berada di halaman yang sama atau tidak.

Anda Dapat Menemukan Solusi 

Ketika Anda berdua dapat mengetahui apa yang ada di pikiran masing-masing, Anda akan dapat menemukan solusinya. Juga, Anda mengetahui akar penyebab masalah apa pun dan oleh karena itu, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk mencegah masalah lebih lanjut dalam hubungan Anda. Selain itu, Anda akan dapat mengetahui apa yang membuat pasangan Anda kesal dan dengan demikian, Anda dapat mengambil petunjuk dari masalah tersebut untuk mencegah masalah lebih lanjut dalam hubungan Anda.

Anda Memperkuat Hubungan Anda 

Saat Anda dan pasangan mampu menangani masalah secara efektif, Anda cenderung memperkuat hubungan Anda. Anda dapat mengecualikan hal-hal yang dapat melemahkan hubungan Anda dan menyebabkan pertengkaran yang buruk. Anda belajar memecahkan masalah tanpa menyakiti perasaan satu sama lain. Juga, karena Anda menyadari hal-hal yang dapat memicu pertengkaran, Anda cenderung menghindari hal yang sama dan fokus untuk memperkuat hubungan Anda.

3 dari 3 halaman

Manfaat selanjutnya

Anda Menjadi Pendengar yang Baik 

Berbicara tanpa mendengarkan apa yang orang lain katakan bukanlah praktik yang sehat. Salah satu alasan utama mengapa pasangan terlibat dalam pertengkaran yang buruk adalah tidak mendengarkan satu sama lain. Kita semua ingin didengar dan dipahami, terutama oleh orang yang kita cintai dan percayai. Karena itu, ketika Anda berdebat satu sama lain dengan cara yang konstruktif, Anda cenderung mendengarkan apa yang dikatakan pasangan Anda. Anda tidak fokus memenangkan pertengkaran, sebaliknya, Anda mencoba memahami pasangan Anda.

Terhindar dari Kesalahpahaman 

Karena Anda berdua mengungkapkan pikiran dan pendapat Anda, kemungkinan kesalahpahaman dalam hubungan Anda lebih kecil. Banyaknya, pasangan memilih diam ketika mereka terluka. Ini dapat menyebabkan masalah lebih lanjut dalam hubungan karena pasangan Anda mungkin tidak dapat mengetahui apakah ada sesuatu yang benar-benar mengganggu Anda. Dengan cara ini, kesalahpahaman dapat berkembang antara Anda dan pasangan. Tetapi ketika Anda berdebat untuk menyelesaikan masalah, Anda dapat menghilangkan kemungkinan kesalahpahaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.