Sukses

4 Manfaat Meletakkan Bawang Putih di Bawah Bantal Saat Tidur

Berikut ini deretan manfaat jika Anda meletakkan bawang putih di bawah bantal Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang digunakan dalam banyak masakan. Tak hanya untuk menambah cita rasa pada masakan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bawang putih dikatakan dapat memperpanjang hidup Anda, tetapi bukan itu saja manfaatnya. Ia memiliki kekuatan super yang luar biasa, seperti melawan sel kanker, mendetoksifikasi tubuh, dan bahkan mengurangi lemak pada tubuh. 

Setelah Anda mengetahui betapa bermanfaatnya tanaman ajaib ini bagi tubuh kita, Anda mungkin akan belajar untuk mengabaikan aromanya yang menyengat. Anda bahkan mungkin ingin meletakkan siung bawang putih di bawah bantal Anda setelah menemukan semua rahasia indah yang disembunyikannya.

Lihatlah hal-hal yang mungkin terjadi jika Anda mulai meletakkan tanaman ajaib ini di bawah bantal Anda di malam hari. Namun pastikan bawang putihnya bagus dan segar ya. Nah, berikut ini deretan manfaat jika Anda meletakkan bawang putih di bawah bantal Anda dilansir dari Bright Side

Membantu Anda Menyingkirkan Hidung Tersumbat

Hidung Anda yang tersumbat akan menemukan kelegaan dalam aroma bawang putih. Itu terutama karena mengandung antibiotik kuat yang disebut allicin, yang perlahan menguap dari bawang putih dan melawan kuman dan infeksi. 

Allicin pada bawang putih membantu membersihkan saluran hidung Anda dengan melarutkan lendir. Prosesnya bertahap, tetapi itu sepadan. Setelah beberapa saat, Anda akan terbebas dari hidung tersumbat dan dapat bernapas dengan lega.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat selanjutnya

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Bawang putih memiliki kemampuan untuk menghancurkan semua jenis bakteri jahat, karena memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat. Allicin memblokir 2 kelompok fermentasi yang memungkinkan bakteri menular berkembang biak di tubuh manusia. Jika meletakkan bawang putih di bawah bantal Anda menjadi latihan rutin, Anda mungkin akan merasa lebih terjaga di pagi hari dan seberapa jarang Anda jatuh sakit.

Membantu Mengusir Serangga

Jika Anda pernah takut laba-laba merangkak ke mulut Anda saat Anda tidur atau pernah terbangun karena banyak gigitan nyamuk, inilah yang Anda butuhkan. Bawang putih beracun bagi serangga, terutama nyamuk, dan mereka menyadarinya. Itu sebabnya makhluk kecil ini menjauhi bau bawang putih.

Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Bawang putih kaya akan vitamin B1, yang dikenal dapat membantu mengurangi gangguan tidur. Selain itu, ada juga banyak vitamin B6 dalam bawang putih, yang meningkatkan sekresi melatonin secara signifikan. Tanaman yang luar biasa ini memiliki dampak positif pada sistem saraf Anda dan, pada akhirnya, dapat menenangkan tubuh dan pikiran Anda.

3 dari 3 halaman

Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Makan Bawang Setiap Hari

Meski setiap jenis sayuran memiliki manfaat kesehatan, namun beberapa di antaranya seperti bawang memiliki manfaat yang sangat istimewa. Bawang umumnya dikenal untuk mendukung kesehatan jantung, tulang dan usus, tapi ada banyak lagi manfaat tak terduga. Namun, jika Anda sensitif terhadap bawang, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menerapkannya. Berikut beberapa manfaat bawang yang Anda rasakan jika memakannya setiap hari, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (12/3/2022).

 

 

1. Mencegah depresi dan memperbaiki mood

Bawang mengandung sesuatu yang disebut folat, yang merupakan kata lain untuk vitamin B9. Vitamin ini membantu mencegah Depresi dan meningkatkan suasana hatimu dengan memecah asam amino, yang disebut homosistein. Sederhananya, asam amino yang tidak menguntungkan ini tidak membiarkan tubuhmu membuat hormon perasaan baik. Itu sebabnya bawang ada untuk memecahnya dan membiarkan otakmu mendapatkan nutrisi yang cukup.

2. Mengunyah bawang mentah membantu mengatasi kerusakan gigi

 Tak diragukan lagi bahwa bawang bombay bisa membantu mencegah penyakit dalam tubuhmu, tapi bawang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulutmu. Mengunyah bawang mentah membantu membuat gigimu lebih kuat dan melawan bakteri yang ada di mulutmu. Cukup kunyah bawang bombay selama 2 hingga 3 menit, karena ini juga bisa membantu mencegah kerusakan gigi. 
 

3. Bawang merah mencegah masuk angin dan flu

Menurut Luke Coutinho, seorang ahli kesehatan, bawang bombay bisa membantu mencegah masuk angin, batuk, demam dan sakit tenggorokan. Untuk mengaplikasikannya, potong bawang menjadi beberapa bagian. Rendam dalam air minum selama 6-8 jam. Lalu ambil 3-4 sendok makan 3 kali sehari. 

4. Meningkatkan kesuburan

 Di masa lalu, infertilasi pria diobati dengan pemeriksaan, operasi dan banyak tes. Tapi sekarang kita bisa minum jus bawang. Menggunakan berbagai macam antioksidan (yang banyak dimiliki bawang) menjadi cara baru untuk meningkatkan efektivitas kesuburan, apalagi ini adalah metode alami. 

5. Mengatasi mimisan

 Cara yang bagus untuk menghentikan dan memperlambat proses mimisan yakni hanya dengan menggunakan bawang.Cukup ambil setengah bawang bombay dan letakkan tepat di bawah lubang hidungmu, lalu hirup.Bawang mengandung vitamin C dan bioflavonoid yang membuat jalur di hidung kurang sensitif terhadap pendarahan. Manfaat lain yang menguntungkan adalah mereka baik digunakan ketika hidung terumbat. Bawang akan melonggarkan saluran di hidung, sehingga membuatnya lebih mudah bagi kita untuk bernapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.