Sukses

FDA Izinkan Vaksin Pfizer dan Moderna untuk Anak 6 Bulan hingga 5 Tahun

Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) mengizinkan vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) pada hari Jumat mengizinkan vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer untuk anak-anak berusia 6 bulan, yang membuat hampir setiap orang di AS sekarang memenuhi syarat untuk vaksinasi.

Keputusan FDA datang setelah komite ahli vaksin independen memberikan suara bulat untuk merekomendasikan suntikan setelah mempertimbangkan keamanan dan keefektifannya selama pertemuan sepanjang hari Rabu (15/6/2022) yang terbuka untuk umum.

FDA mengizinkan vaksin tiga dosis Pfizer untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun, dan vaksin dua dosis Moderna untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun. Anak-anak di bawah usia 5 tahun adalah satu-satunya orang yang tersisa di AS yang tidak memenuhi syarat untuk vaksinasi. Banyak orang tua telah menunggu berbulan-bulan agar FDA mengizinkan vaksin untuk anak-anak mereka.

FDA pada hari Jumat (17/6/22) juga mengizinkan vaksin Moderna untuk anak di usia taman kanak-kanak hingga sekolah menengah. Sebelumnya, vaksin Pfizer adalah satu-satunya vaksin Covid yang tersedia untuk kelompok usia ini.

Namun, masih ada satu langkah lagi sebelum vaksinasi anak di bawah usia 5 tahun dapat dimulai. Komite Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) akan bertemu pada hari Sabtu untuk memberikan suara pada pedoman untuk apotek dan kantor dokter. Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky kemudian harus menandatangani pedoman tersebut sebelum anak-anak dapat mulai menerima vaksin.

Gedung Putih mengharapkan vaksinasi akan dimulai segera pada hari Selasa (21/6/2022). Janji temu mungkin terbatas pada awalnya tetapi setiap orang tua yang ingin memvaksinasi anak mereka harus dapat melakukannya dalam beberapa minggu, menurut Dr. Ashish Jha, yang mengawasi respons Covid administrasi Biden.

Pemerintah federal telah menyediakan 10 juta dosis Pfizer dan Moderna untuk otoritas negara bagian dan lokal. Dr. Arnold Monto, pejabat ketua komite FDA, mengatakan butuh waktu lebih lama bagi agensi untuk mengizinkan suntikan untuk bayi melalui anak-anak prasekolah daripada untuk usia lain karena mereka adalah kelompok rentan yang memerlukan perawatan khusus untuk memastikan suntikan itu aman dan efektif. 

Meskipun Covid umumnya tidak terlalu parah pada anak-anak dibandingkan orang dewasa, rawat inap anak-anak di bawah usia 5 tahun melonjak selama gelombang omicron musim dingin, mencapai tingkat pandemi tertinggi. Covid telah membunuh lebih dari 200 anak berusia enam bulan hingga 5 tahun sejak Januari 2020, menurut CDC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suntikan Pfizer vs Moderna

Vaksin Pfizer dan Moderna untuk bayi hingga anak-anak prasekolah berbeda dalam jumlah suntikan yang mereka gunakan, tingkat dosis dan usia kelayakan untuk menerimanya. Vaksin Pfizer juga tampak lebih efektif daripada suntikan Moderna dengan anak di bawah 5 tahun, meskipun datanya masih awal.

Vaksin Pfizer diberikan dalam tiga dosis untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun. Tembakan diberi dosis 3 mikrogram, sepersepuluh tingkat yang diterima orang dewasa. Tiga suntikan sekitar 75% efektif dalam mencegah infeksi dari omicron pada anak usia 6 bulan hingga 2 tahun dan 82% efektif pada anak usia 2 hingga 4 tahun.

Namun, sangat penting bagi orang tua yang memilih Pfizer untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan suntikan ketiga untuk mendapatkan perlindungan terhadap virus. Dua dosis hanya sekitar 14% efektif untuk mencegah infeksi untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, dan 33% efektif untuk mereka yang berusia 2 hingga 4 tahun.

Vaksin Moderna diberikan dalam dua dosis untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun. Tembakan diberi dosis 25 mikrogram, seperempat tingkat yang diterima orang dewasa.

Vaksin Moderna sekitar 51% efektif mencegah infeksi dari omicron untuk anak usia 6 bulan sampai 2 tahun, dan sekitar 37% efektif untuk anak usia 2 sampai 5 tahun. Namun, perusahaan mengharapkan vaksin memberikan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah karena anak-anak memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi daripada orang dewasa yang menerima dua dosis.

Efek samping yang paling umum dari vaksin adalah rasa sakit di tempat suntikan, lekas marah dan menangis, kehilangan nafsu makan dan kantuk, menurut FDA. Sangat sedikit anak yang menerima salah satu suntikan mengalami demam lebih tinggi dari 102 derajat Fahrenheit, dan tidak ada kasus miokarditis, sejenis peradangan jantung, dalam uji coba Pfizer atau Moderna.

3 dari 3 halaman

Vaksin Covid-19 Pfizer Dinilai Efektif untuk Anak di Bawah 5 Tahun

Pejabat kesehatan federal mengatakan bahwa dosis vaksin Covid-19 Pfizer untuk anak tampaknya aman dan efektif untuk anak-anak di bawah 5 tahun. Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) mengunggah analisisnya tentang vaksin Pfizer menjelang pertemuan pada Rabu (13/6/2022), di mana para ahli dari luar akan memilih apakah suntikan tersebut siap untuk 18 juta bayi, balita dan anak-anak prasekolah di negara itu. 

Anak-anak di bawah 5 tahun adalah satu-satunya kelompok yang belum memenuhi syarat untuk vaksinasi Covid-19 di AS. Akhir pekan lalu FDA mengunggah analisis serupa tentang suntikan Moderna untuk anak di bawah 6 tahun.

Jika regulator menghapus vaksin oleh satu atau kedua perusahaan, vaksinasi dapat dimulai segera minggu depan dengan pembuat obat siap mengirimkan dosis yang dipesan oleh pemerintah dengan cepat.

Orang tua telah menekan pejabat federal selama berbulan-bulan untuk kesempatan melindungi anak-anak terkecil mereka karena semakin banyak orang dewasa yang melepaskan masker dan mengabaikan tindakan pencegahan kesehatan masyarakat lainnya.

Sementara hanya sekitar 3 persen dari kasus Covid-19 AS berada dalam kelompok usia 6 bulan hingga 4 tahun, tingkat rawat inap dan kematian dalam kelompok itu lebih tinggi daripada anak-anak yang lebih tua, menurut analisis FDA, salah satu alasan para ahli mengatakan melindungi kelompok ini adalah penting.

FDA mengatakan anak-anak yang menerima suntikan Pfizer selama pengujian mengembangkan antibodi penangkal virus tingkat tinggi yang diharapkan dapat melindungi mereka dari virus corona. Itulah ambang batas dasar yang diperlukan untuk memenangkan otorisasi FDA. Namun pengujian tambahan menunjukkan perbedaan utama, dengan hasil yang lebih kuat untuk Pfizer.

Vaksin Pfizer, yang diberikan sebagai rangkaian tiga suntikan, tampak 80 persen efektif dalam mencegah gejala Covid-19, meskipun perhitungan itu didasarkan pada hanya 10 kasus yang didiagnosis di antara peserta penelitian. Angka tersebut dapat berubah seiring studi Pfizer berlanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.