Sukses

7 Trik Mengisi Baterai Ponsel Secepat Mungkin

Berikut ini beberapa trik untuk mengisi baterai ponsel secepat mungkin

Liputan6.com, Jakarta Ponsel pintar telah membuat hidup kita jauh lebih efisien, tetapi dengan semua kebaikan yang diberikan ponsel pintar kepada kita, pasti ada kerugiannya yakni harus mengisi dayanya.

Setidaknya 5,13 miliar orang akan mengisi daya ponsel mereka hari ini saja. Bagaimana jika ada cara untuk membuat aktivitas mengisi daya ponsel Anda sedikit lebih cepat?

Berikut ini beberapa cara untuk mengisi daya ponsel Anda lebih cepat yang dapat Anda coba.

1. Tidak menggunakan pengisian daya nirkabel

Pengisian daya nirkabel adalah metode yang relatif baru untuk mengecas hape Anda. Meskipun pengisian daya nirkabel mungkin terlihat keren dan futuristik, itu sebenarnya bukan metode pengisian daya yang efisien. Saat menggunakan pengisi daya nirkabel, diperlukan waktu dua kali lebih lama untuk mengisi penuh daya ponsel Anda dibandingkan dengan metode konvensional.

Sederhananya, daya biasanya langsung masuk ke ponsel Anda saat menggunakan kabel, tetapi dengan nirkabel, banyak daya yang hilang dalam bentuk panas. Oleh karena itu, jauh lebih hemat energi dan lebih cepat untuk mengisi daya ponsel Anda dengan kabel.

2. Beli pengisi daya yang cepat

Pengisian cepat bekerja dengan cepat mengisi ponsel Anda ke persentase tertentu dan kemudian melambat ke tingkat pengisian normal. USB 2.0 standar memiliki output daya 2.5W, sedangkan pengisi daya yang lebih baru dan lebih cepat memiliki output daya mulai dari 18W hingga 100W.

Lebih banyak output daya berarti ponsel Anda akan terisi penuh dalam waktu yang lebih singkat. Namun, kabel pengisian cepat hanya akan berfungsi dengan telepon yang dirancang untuk menangani pengisian cepat, jadi pastikan untuk memeriksa apakah telepon Anda kompatibel sebelum membeli kabel tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Nyalakan mode hemat daya

Sebagai manusia, jantung kita berdetak tanpa kita sadari. Ponsel kita hampir sama, karena melakukan segala macam fungsi di latar belakang saat kita menggunakannya. Inilah sebabnya mengapa mode hemat daya dapat mengurangi waktu pengisian daya Anda selama beberapa menit.

Ponsel yang berbeda memiliki berbagai pengaturan hemat daya. Namun, intinya adalah ini: mode hemat daya akan mengurangi hal-hal seperti kecerahan layar, fungsi CPU, dan penggunaan data, dan, oleh karena itu, lebih banyak energi dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel Anda daripada menjalankannya.

4. Kelola aplikasi dan unduhan Anda

Beberapa aplikasi mungkin masih berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda. Namun, ini tidak berarti Anda harus menutup paksa semua aplikasi di menu multitasking. Menutup paksa aplikasi ini sebenarnya dapat menggunakan lebih banyak daya.

Sebagai gantinya, buka pengaturan baterai Anda, di mana Anda dapat menemukan daftar aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak, dan tutup atau batasi itu.

Juga bijaksana untuk memeriksa apakah ada aplikasi yang mengunduh pembaruan, karena ini juga dapat menguras baterai. Mengelola aktivitas aplikasi Anda akan membantu ponsel Anda mengisi daya lebih cepat karena pembaruan dan pengoperasian yang tidak perlu tidak akan menghabiskan baterai.

 

3 dari 4 halaman

5. Bersihkan lubang pengisian daya Anda

Pernahkah Anda berpikir untuk melihat ke dalam lubang pengisian daya Anda? Debu, serat, dan kotoran dapat terkumpul di port pengisian daya Anda dari waktu ke waktu dan bisa menjadi alasan mengapa ponsel Anda tidak mengisi daya secepat yang seharusnya. Ini karena debu, serat, dan kotoran bersifat non-konduktif, dan oleh karena itu lebih sedikit daya yang disalurkan dari kabel ke baterai ponsel Anda.

Anda dapat membersihkan itu pengisian daya dengan udara bertekanan. Meskipun tusuk gigi dapat digunakan, namun risikonya terlalu besar, karena memasukkan benda tajam ke port pengisi daya dapat menyebabkan kerusakan serius.

Lebih baik untuk mencegah debu dan serat menumpuk di tempat itu. Anda dapat melakukan ini dengan membeli penutup lubang pengisian daya.

6. Jangan biarkan ponsel Anda menjadi terlalu panas

Ponsel Anda memiliki sistem kontrol termal internal. Ini mengatur suhu ponsel Anda. Ini juga bertindak sebagai perlindungan untuk mencegah ponsel Anda dari panas berlebih. Misalnya, jika Anda meninggalkan ponsel di bawah sinar matahari selama pengisian daya, ponsel Anda akan bekerja lebih keras untuk mengurangi panas dan karenanya mengisi daya lebih lambat.

Untuk menjaga ponsel Anda tetap dingin, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Ini termasuk menjauhkan ponsel Anda dari sinar matahari langsung, mematikannya saat mengisi daya, mengisi daya di ruangan yang sejuk, atau meletakkannya di sebelah kipas angin.

 

4 dari 4 halaman

7. Dapatkan baterai baru

Sifat kimia baterai lithium menurun seiring waktu. Jadi, jika ponsel Anda masih mengisi daya dengan lambat setelah mengikuti semua trik dalam daftar ini, mungkin sudah saatnya untuk melakukan upgrade.

Di beberapa ponsel, Anda dapat memeriksa kesehatan baterai. Jika tidak, ada aplikasi yang dapat Anda unduh yang menguji kapasitas dan kesehatan baterai Anda.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengganti baterai dan menyimpan ponsel Anda. Namun, sebagian besar ponsel pintar modern tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, sehingga pengisian daya yang lambat sering kali merupakan tanda bahwa ponsel Anda telah mencapai akhir masa pakainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.