Coba 5 Bahan Alami Ini untuk Dapatkan Kulit Wajah yang Halus

Oleh Putri Annisa pada 17 Jun 2022, 10:10 WIB
Diperbarui 17 Jun 2022, 10:10 WIB
Mencuci Wajah
Perbesar
Ilustrasi perempuan yang sedang mencuci wajah menggunakan sabun cuci muka untuk kulit kering dan beruntusan. Credits: pexels.com by Miriam Alonso

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah yang halus dan sehat memang menjadi dambaan semua orang, khusunya kaum wanita. Banyak orang meyakini kulit wajah yang halus dan sehat mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Berbagai cara dilakukan untuk bisa memperoleh kulit wajah yang halus. Mulai dari memakai skincare hingga melakukan perawatan kecantikan medis. Tentunya itu semua membutuhkan biaya yang tak sedikit dan cukup menguras kantong Anda.

Namun, Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah. Selain bisa menghemat pengeluaran karena bahan-bahan alami bisa didapatkan mulai dari rumah, Anda juga dapat meminimalisir risiko efek sampingnya di kulit. Oleh karena itu, tidak sedikit pula wanita yang lebih memilih untuk melakukan perawatan wajah dengan bahan-bahan alami. Berikut ini 5 bahan alami yang bisa dipakai menghaluskan kulit wajah Anda, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah sehat dan lembut, dapat mencoba salah satu bahan alami yang efektif menghaluskan kulit wajah di bawah ini:

1. Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mengatasi kulit kering sehingga lebih lembap dan halus. Bagi Anda yang memiliki masalah minyak berlebih di bagian wajah, bisa juga menggunakan oatmeal untuk mengatasinya. Bahan alami berupa oatmeal ini juga bisa menangkan kulit wajah Anda yang gatal karena iritasi.

Caranya, cukup haluskan oatmeal dengan beberapa sendok air perasan lemon. Kemudian, oleskan pasta oatmeal tersebut sebagai masker selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Madu

Madu
Perbesar
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/Adonyi

Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut. Madu diperkaya dengan humektan alami sehingga membantu kulit wajah lebih lembap, kenyal, dan halus.

Madu juga memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan anti-inflamasi alami sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda.

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah dengan mengoleskannya di kulit yang telah dicuci dengan air sebelumnya. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan bilas kembali dengan air hingga bersih.

 


3. Tomat

Tomat
Perbesar
Ilustrasi Tomat Credit: pexels.com/pixabay

Buah berwarna merah segar ini diperkaya kandungan vitamin B tingkat tinggi yang dapat membantu mengurangi risiko keriput pada usia dini. Dengan begitu, kulit wajah Anda akan tampak lebih halus dan lembut.

Selain itu, tomat mengandung zat bernama likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari. Bahkan tomat juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bekas luka maupun jerawat.

Anda bisa langsung memakainya sebagai masker wajah. Cukup mencuci tomat hingga bersih dan menghaluskannya hingga menjadi pasta. Lalu, oleskan pasta tomat ke seluruh wajah yang sudah dicuci. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

 


4. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Perbesar
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com/pixabay

Sejak dulu, lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan anti-inflamasinya dipercaya ampuh mengatasi iritasi kulit, seperti kemerahan dan jerawat. Efek dingin dalam gel lidah buaya juga dapat menenangkan kulit wajah.

Selain itu, lidah buaya yang mengandung banyak air juga bisa membantu wajah Anda tetap terhidrasi, sehingga kulit tetap lembap dan halus. Anda bisa memakai lidah buaya sebagai pelembap wajah atau masker. Gunakan dua kali seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

 


5. Minyak Kelapa

minyak kelapa
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Africa Studio

Minyak kelapa diperkaya dengan bahan-bahan yang dapat membantu membuat kulit wajah Anda lebih lembap secara alami. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengatasi permasalahan kulit wajah seperti jerawat.

Anda bisa mengoleskannya sebagai pelembap dengan takaran secukupnya. Bisa juga dicampurkan dengan bahan-bahan alami lain untuk dibuat masker wajah.

Selain menggunakan beberapa bahan alami di atas, Anda juga perlu mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Lengkapilah dengan pola makan bergizi seimbang, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup agar kesehatan kulit tetap terjaga.

 

 

Infografis Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya