Sukses

Studi: Menggunakan Ponsel Terlalu Sering Dapat Memperpendek Usia

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa menggunakan ponsel terlalu sering ternyata dapat memperpendek usia.

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebuah studi terbaru, menggunakan ponsel terlalu banyak dapat berdampak langsung pada berapa lama kita hidup. Manusia abad ke-21 cenderung menghabiskan sedikit waktu siang (dan malam) untuk melihat layar; jumlah ini sering kali tidak seimbang.

Diperkirakan rata-rata orang dewasa menghabiskan 34 tahun hidup mereka dengan wajah mereka di layar gawai, dan sebuah studi baru telah melihat bagaimana paparan cahaya mata kita dapat memengaruhi harapan hidup.

Menggunakan lalat buah, Buck Institute for Research on Aging mempelajari hubungan antara paparan dan berapa lama mereka hidup. Lalat buah dipilih karena memiliki proses biologis yang mirip dengan manusia.

Penulis utama penelitian Dr Brian Hodge mengatakan mereka terkejut menemukan bahwa mata dapat "secara langsung mengatur" umur.

Ritme sirkadian, jam tubuh 24 jam tubuh yang mengatur fungsi tubuh kita sepanjang hari, berada di balik ini.

Ritme sirkadian beradaptasi dengan berbagai tingkat cahaya dan suhu saat kita bergerak sepanjang hari, menarik tali dengan hormon yang membuat kita lapar atau lelah.

Bekerja pada shift malam, menonton TV atau terpapar cahaya di malam hari dapat membuat proses tubuh yang seimbang ini tidak teratur, yang bisa menjadi berita buruk bagi kesehatan kita.

Penulis senior Profesor Pankaj Kapahi mengatakan: “Menatap layar komputer dan ponsel, dan terpapar polusi cahaya hingga larut malam, adalah kondisi yang sangat mengganggu jam sirkadian."

"Ini mengacaukan perlindungan untuk mata dan itu bisa memiliki konsekuensi di luar penglihatan, merusak seluruh tubuh dan otak."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelitian yang terkait

Di masa lalu, kelompok peneliti yang sama menemukan bahwa dengan membatasi diet lalat buah, mereka dapat meningkatkan rentang hidup mereka - ini juga memengaruhi ritme sirkadian mereka.

Mereka ingin mengungkap gen mana yang bekerja seperti jam, menemukan bahwa pembatasan diet tidak hanya memiliki dampak terbesar, tetapi juga sebagian besar berasal dari bagian mata yang disebut fotoreseptor, yang merespons cahaya.

Penelitian mereka mengarahkan mereka untuk mengetahui apakah gen di mata terhubung dengan umur, menilai apakah cahaya di mata dapat menyebabkan degenerasi dan peradangan fotoreseptor.

“Disfungsi mata sebenarnya dapat mendorong masalah pada jaringan lain,” kata Profesor Kapahi.

Sebuah eksperimen menemukan bahwa lalat yang disimpan dalam kegelapan terus-menerus hidup lebih lama.

“Kami selalu menganggap mata sebagai sesuatu yang melayani kami, untuk memberikan penglihatan,” kata Profesor Kapahi.

“Kami tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang harus dilindungi untuk melindungi seluruh organisme,” tutupnya.

3 dari 4 halaman

Studi: Memiliki Pekerjaan yang Bikin Stres Dapat Meningkatkan Risiko Kanker dan Serangan Jantung

Sebuah studi baru menemukan bahwa stres, dalam bentuk peristiwa traumatis atau ketegangan pekerjaan dapat mempercepat penuaan sistem kekebalan tubuh, berpotensi meningkatkan risiko seseorang terkena kanker dan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. 

Penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), dapat menjelaskan kesehatan terkait usia dan mengidentifikasi kemungkinan poin untuk intervensi.

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh seseorang secara alami mulai menurun secara dramatis.

Pada penuaan lanjut, profil kekebalan seseorang menjadi sangat lemah, memengaruhi sel-sel dalam tubuh yang memungkinkan kemampuannya untuk melawan penyakit baru, sehingga penyakit menjadi lebih merajalela.

Dalam studi tersebut, kumpulan data referensi silang dari Studi Kesehatan dan Pensiun Universitas Michigan digunakan dengan berbagai bentuk stres sosial yang dihitung.

Tanggapan dari 5.774 orang dewasa di atas usia 50 digunakan dengan pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman dengan stres sosial, termasuk peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, stres kronis, diskriminasi sehari-hari, dan diskriminasi seumur hidup.

Sampel darah kemudian dianalisis dan, seperti yang diharapkan, orang dengan inti stres yang lebih tinggi memiliki profil kekebalan yang tampak lebih tua yang memengaruhi risiko kanker dan serangan jantung mereka.

Penuaan kekebalan dikaitkan tidak hanya dengan kanker, tetapi dengan penyakit kardiovaskular, peningkatan risiko pneumonia dan penuaan sistem organ.

4 dari 4 halaman

Tujuan peneliti

Para peneliti ingin menemukan apa yang menyebabkan perbedaan kesehatan yang drastis pada orang dewasa dengan usia yang sama dengan stres sebagai faktor risiko utama.

“Seiring dengan meningkatnya populasi orang dewasa di dunia, memahami perbedaan dalam kesehatan terkait usia sangat penting,” kata penulis utama studi Eric Klopack, seorang sarjana postdoctoral di USC Leonard Davis School of Gerontology.

Dia menambahkan: "Studi ini membantu memperjelas mekanisme yang terlibat dalam percepatan penuaan kekebalan."

Kondisi kesehatan lain yang meningkat karena stres meliputi:

  • Penyakit jantung
  • Asma
  • Kegemukan
  • Diabetes
  • Sakit kepala
  • Depresi
  • Masalah pencernaan
  • Penyakit alzheimer
  • Penuaan dipercepat
  • Kematian dini 

 

“Dalam penelitian ini, setelah secara statistik mengontrol pola makan yang buruk dan olahraga yang rendah, hubungan antara stres dan penuaan kekebalan yang dipercepat tidak sekuat itu,” tambah Klopack.

“Artinya, orang yang mengalami lebih banyak stres cenderung memiliki pola makan dan kebiasaan olahraga yang lebih buruk, sebagian menjelaskan mengapa mereka memiliki penuaan kekebalan yang lebih cepat.”

Memperbaiki pola makan dan perilaku olahraga pada orang dewasa yang lebih tua dapat membantu mengimbangi penuaan kekebalan yang terkait dengan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.