Sukses

9 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Beragam manfaat semangka untuk kesehatan tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Buah semangka meninggalkan kesan manis, berair dan menyegarkan. Buah besar ini cocok dijadikan sebagai suguhan yang sempurna untuk memuaskan dahaga selama musim panas.

Semangka memiliki kulit buah berwarna hijau, daging buah berwarna merah cerah, dan kandungan nutrisi yang berlimpah di dalamnya.

Banyak kenikmatan yang bisa dirasakan oleh tubuh saat mengonsumsi buah tropis satu ini. Tak hanya kesegaran, tetapi juga manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat semangka untuk kesehatan tubuh seperti melansir dari Healthline.com, Senin (13/6/2022). 

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Tubuh yang terhindrasi akan membuat fungsi organ bekerja dengan baik. Ada banyak cara agar tubuh tetap terhidrasi, yaitu banyak minum air dan mengonsumsi buah semangka.

Semangka terdiri dari 92% air, sehingga buah ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi kebutuhan air pada tubuh seseorang.

2. Memberi banyak nutrisi bagi tubuh

Buah semangka mengandung banyak nutrisi, termasuk potasium, magnesium, serta vitamin A dan C. Buah tropis ini juga relatif rendah kalori serta mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Berikut adalah nutrisi 152 gram semangka atau sebanyak 1 cangkir:

- Kalori: 46

- Karbohidrat: 11,5 gram

- Serat: 0,6 gram

- Gula: 9,4 gram

- Protein: 0,9 gram

- Lemak: 0,2 gram

- Vitamin A: 5% dari nilai harian (DV)

- Vitamin C: 14% dari nilai harian (DV)

- Kalium: 4% dari nilai harian (DV)

- Magnesium: 4% dari nilai harian (DV)

Semangka merupakan sumber yang kaya akan citrulline dan asam amino yang dapat meningkatkan kinerja tubuh atau otot saat beolahraga.

Ia juga memiliki banyak antioksidan, termasuk karotenoid, likopen dan cucurbitacin E. Di mana senyawa ini akan membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat semangka bagi kesehatan

3. Antikanker

Beberapa senyawa yang terkandung di dalam buah semangka, termasuk likopen dan cucurbitacin E, berfungsi sebagai antikanker. 

Hasil studi menyatakan bahwa asupan likopen dapat dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, seperti  kanker prostat dan kolorektal.

Selain itu, cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dengan autophagy sel kanker. Autophagy adalah proses di mana tubuh berproses menghilangkan sel-sel yang rusak.

4. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung. Seperti yang kita tahu, bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian paling utama di seluruh dunia.

Studi menunjukkan, kandungan likopen dan citrulline pada semangka dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta meningkatkan kadar oksida nitrat (membantu pembuluh darah mengembang).

5. Dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Namun, kombinasi antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Sebagai antioksidan tertinggi, likopen juga dapat menunda timbulnya dan perkembangan penyakit Alzheimer (masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut).

3 dari 5 halaman

Manfaat semangka lainnya

6. Dapat membantu mencegah degenerasi makula

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa, terlebih lagi pada orang tua. Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan antiinflamasi dapat membantu mencegah dan menghambat ADM. 

7. Dapat meredakan nyeri otot

Citrulline, asam amino yang ditemukan di dalam semangka dapat meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi nyeri otot setelah melakukan pekerjaan berat atau berolahraga.

Senyawa ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

8. Menyehatkan kulit

Seperti yang kita ketahui, bahwa vitamin A dan C sangat penting agar kesehatan kulit tetap terjaga. Vitamin C bisa membantu proses pertumbuhan kolagen serta protein yang membuat kulit terasa kenyal dan rambut menjadi lebih kuat. 

9. Dapat meningkatkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat. Keduanya diperlukan untuk pencernaan atau metabolisme tubuh yang baik.

Serat membantu usus tetap berproses secara teratur, sementara air berfungsi untuk memindahkan limbah melalui saluran pencernaan.

Suatu survei menemukan bahwa orang yang memiliki jumlah asupan cairan dan serat rendah yang cukup, biasanya akan sangat jarang mengalami sembelit.

4 dari 5 halaman

Turunkan Berat Badan hingga Tingkatkan Libido, Ini Manfaat Konsumsi Kulit Semangka

Semangka memiliki manfaat luar biasa dan kita semua menyukainya. Ya, terutama di musim panas, semangka akan sangat cocok dinikmati. Tak hanya lezat, semangka juga sarat dengan nutrisi sehat, antioksidan, vitamin dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. 

Semangka akan membuat Anda tetap terhidrasi, membersihkan organisme Anda dari semua racun berbahaya dan masih banyak lagi. Tapi sayangnya, tidak ada yang menyukai kulit semangka. Alih-alih membuangnya, rupanya Anda dapat mengonsumsi kulit semangka. 

Banyak orang yang cenderung membuang bagian buah ini, padahal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kulit semangka memiliki efek diuretik, mungkin membantu dalam menurunkan tekanan darah dan menjaga fungsi ginjal yang tepat. Tak hanya itu, masih banyak lagi beberapa manfaat kulit semangka untuk kesehatan. Dilansir dari Healthylifetricks, Selasa (2/11/2021), berikut ulasannya.

1. Mencegah Berbagai Penyakit

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa kulit semangka adalah sumber Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin A, Magnesium, Seng dan Kalium.

Semangka merah memiliki likopen dalam jumlah tinggi. Likopen adalah antioksidan yang membantu mencegah banyak penyakit. Ditemukan bahwa 95% persen nilai makanan dalam semangka sebenarnya ditemukan di kulitnya.

Orang lain juga menggunakan kulit semangka untuk tujuan penyembuhan, karena mengandung nutrisi yang sehat dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

5 dari 5 halaman

Manfaat kulit semangka

2. Meningkatkan Libido

Selain itu, kulit semangka juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan libido Anda, terutama karena kandungan citrulline-nya.

Anda juga harus tahu bahwa kulit semangka ditambahkan sebagai bahan untuk banyak suplemen penambah libido di pasaran. Banyak penelitian yang berbeda juga menemukan bahwa citrulline baik terhadap disfungsi ereksi ringan.

3. Menurunkan Berat Badan

Kulit semangka juga sarat dengan serat, yang berarti akan membantu Anda menurunkan semua kelebihan berat badan, karena memiliki kekuatan untuk menyelamatkan Anda dari makan berlebihan dan mengambil lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda.

Kulit semangka, serta semangka itu sendiri juga bersifat diuretik, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.