Sukses

Menurut Ahli, 5 Kesalahan dalam Mencuci Muka Ini Masih Kerap Dilakukan Orang

Ahli kulit dan kecantikan membeberkan kesalahan dalam mencuci muka yang masih sering dilakukan orang

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak dari kita, mencuci muka adalah kebiasaan yang biasa dilakukan seperti menyikat gigi atau menyisir rambut. Kita melakukannya setiap hari—kadang beberapa kali sehari—dan mungkin telah mengikuti rutinitas yang sama sejak masih kecil.

Jadi, mungkin mengejutkan mengetahui bahwa ada kesalahan pembersihan wajah yang menurut ahli kulit sangat umum, bahkan di antara mereka yang berpengalaman dalam bidang perawatan kulit. Menurut Anda, Anda sudah tahu semuanya? Berikut ini kesalahan membersihkan wajah yang masih kerap dilakukan banyak orang. 

1. Pertama, kembali ke dasar

Sebelum Anda memperbaiki kesalahan mencuci muka, penting untuk menguasai dasar-dasarnya. Langkah pertama adalah memastikan Anda mencuci wajah dengan jumlah yang benar.

"Secara umum, Anda harus mencuci muka dua kali sehari," kata Emmanuel Loucas, MD, dokter kulit bersertifikat dan direktur SINY Dermatology di New York.

"Terkadang, [orang] merasa harus menggosok wajah dan mencucinya terlalu sering di siang hari."

Sayangnya, hal itu menghilangkan minyak dan kelembapan alami kulit Anda, yang dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan iritasi. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, Loucas mencatat bahwa bahkan satu kali mencuci per hari sudah cukup.

"Sebagian besar polutan dan penumpukan kosmetik minyak terjadi pada siang hari," katanya.

Jika Anda mencuci muka di malam hari, Anda bisa membilasnya dengan air hangat di pagi hari dan kemudian melanjutkan dengan rutinitas perawatan kulit Anda, katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pilih pembersih yang efektif untuk jenis kulit masing-masing

Selanjutnya, Anda harus memilih pembersih yang efektif untuk jenis kulit Anda.

"Kulit rosacea, eksim, dan alergi membutuhkan pembersih ringan dengan bahan-bahan yang menenangkan," kata Anna Guanche, MD, dokter kulit bersertifikat.

Menurut Prevention, bahan-bahan itu termasuk ceramide, gliserin, asam hialuronat, dan niacinamide.

"Kulit kombinasi [membutuhkan] pembersih berbusa, dan kulit berjerawat [membutuhkan] pembersih berbasis glikolat, salisilat atau benzoil peroksida."

Pembersih berbusa baik untuk kulit kombinasi karena keduanya menghilangkan minyak dan memberikan pengelupasan yang lembut. Pembersih berbasis glikolat, salisilat, dan benzoil peroksida sangat baik untuk jerawat karena dapat mengangkat minyak, mengelupas, dan membuka pori-pori yang tersumbat.

 

3 dari 4 halaman

3. Hindari menggunakan ini dalam rutinitas perawatan kulit Anda

Jika ada satu hal yang dokter kulit ingin Anda hentikan, itu adalah mengeringkan wajah Anda yang baru dicuci dengan handuk mandi.

"Meskipun kain pembersih wajah untuk mandi mungkin terlihat bersih, namun dapat mengumpulkan kotoran, debu, riasan, minyak, dan sel kulit mati," kata Anna Chacon, MD, dokter kulit bersertifikat.

"Ini mengarah pada peningkatan kesempatan bagi mereka untuk bertindak sebagai tempat berkembang biak bagi bakteri yang akan menyumbat pori-pori." Itu, pada gilirannya, dapat menyebabkan jerawat dan noda.

Cheryl Rosen, MD, dokter kulit bersertifikat dan direktur dermatologi di BowTiedLife, mengemukakan kontra lain dari teknik ini. "Handuk mandi jauh lebih kasar daripada handuk wajah, sehingga sebenarnya dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit," katanya.

Untuk menghindari penggunaan handuk mandi atau handuk tangan, Chacon merekomendasikan untuk menggunakan handuk kertas dapur yang segar dan lembut. "Saya menyimpan gulungan ini di meja rias saya untuk akses mudah," katanya. Demikian pula, Rosen menyarankan handuk wajah yang lembut dan bersih.

 

4 dari 4 halaman

4. Gunakan handuk yang baru dicuci dengan cara ini

Jika handuk mandi, handuk tangan, atau handuk wajah Anda baru dicuci, maka handuk tersebut boleh digunakan di wajah Anda. Tetapi jika Anda melakukannya, gunakan teknik menepuk lembut sebagai lawan dari menggosok.

"Jangan pernah mengeringkan wajah Anda secara agresif," kata Loucas.

Usap perlahan wajah Anda dengan handuk lembut atau, lebih baik lagi, keringkan wajah Anda. Anda pasti ingin melakukan ini untuk alasan yang sama saat Anda mengoleskan krim mata ke area halus di sekitar mata Anda: untuk mencegah kerusakan dan iritasi.

 

5. Pilih waktu yang tepat

Jika Anda pernah bertanya-tanya mana waktu yang terbaik untuk mencuci kulit Anda: di kamar mandi atau setelah mandi, Anda tidak sendirian. "Jika Anda mandi di malam hari, mencuci muka di kamar mandi mungkin yang terbaik," kata Loucas.

"Uap dan kelembapan saat mandi dapat terperangkap di kulit Anda setelah mengeringkan wajah dan mengoleskan pelembap sesaat setelah keluar dari kamar mandi." Hal ini juga berlaku jika Anda mandi di pagi hari.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah mencuci muka setelah mengoleskan semua produk mandi lainnya, seperti sampo dan kondisioner. Ini karena "beberapa residu dari sampo atau kondisioner mungkin tertinggal di kulit yang menyebabkan kulit teriritasi dan/atau pori-pori tersumbat," kata Chacon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.