Sukses

Menurut Ahli, Hanya 3 Bagian Tubuh Ini yang Perlu Anda Bersihkan Tiap Hari Saat Mandi

Ternyata Anda hanya perlu membersihkan tiga bagian tubuh ini saat mandi setiap hari. Sisanya, cukup bilas dengan air

Liputan6.com, Jakarta Selama beberapa bulan terakhir, Anda telah berulang kali mendengar betapa pentingnya mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus corona. Dan karena itu benar, mungkin Anda berasumsi bahwa menggosok bagian tubuh lainnya secara teratur mungkin merupakan ide yang bagus juga.

Namun, belum tentu demikian. Padahal, mandi yang berlebihan justru bisa lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Menurut seorang dokter, sebenarnya Anda hanya perlu membasuh tiga bagian tubuh dengan sabun: ketiak, selangkangan, dan kaki.

Bagaimana dengan sisanya? Bilas sederhana dengan air adalah semua yang Anda butuhkan.

Sandy Skotnicki, MD, asisten profesor dermatologi di University of Toronto, baru-baru ini mengatakan kepada The Atlantic bahwa menggosok tubuh Anda dari kepala hingga kaki dengan sabun dan air dapat menyebabkan masalah seperti eksim dan kondisi kulit lainnya.

Sebaliknya, dia mengatakan untuk hanya fokus pada "bagian" tertentu, yang "berarti ketiak, selangkangan, dan kaki Anda."

Jika Anda menggosok seluruh tubuh Anda dengan sabun, Anda berisiko menghancurkan bakteri berguna yang membantu mikrobioma Anda membedakan antara kuman baik dan kuman jahat, Robynne Chutkan, MD, pendiri Pusat Pencernaan Wanita di Chevy Chase, Maryland, mengatakan kepada Health.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pentingnya bakteri baik

Tubuh Anda membutuhkan bakteri tertentu, katanya, dan ketika Anda menghilangkannya dari kulit Anda dengan mencuci dengan sabun, itu menurunkan kekebalan Anda terhadap virus tertentu, yang membuat Anda berisiko lebih tinggi sakit.

"Kecuali Anda baru saja menyelesaikan lari lumpur, satu-satunya tempat yang membutuhkan sabun setiap hari adalah ketiak dan selangkangan Anda," tambah Chutkan.

"Seluruh tubuh Anda baik-baik saja dengan siraman air saja—bahkan setelah berolahraga yang berkeringat."

Satu studi 2018 yang diterbitkan di Science Advances bahkan menemukan strain bakteri tertentu yang hidup di kulit subjek uji dikaitkan dengan risiko kanker kulit yang lebih rendah jika dibandingkan dengan subjek yang tidak memiliki bakteri.

Contoh lain dari mikroba bermanfaat yang berisiko Anda musnahkan dengan terus-menerus menggosok diri Anda dengan sabun.

Jadi mengapa Anda harus menggunakan sabun di ketiak, selangkangan, dan kaki Anda jika itu adalah ide yang buruk untuk menggunakannya di seluruh tubuh Anda?

Nah, ketiga area tersebut merupakan rumah bagi beberapa kulit paling sensitif di tubuh Anda dan lebih rentan terhadap hal-hal seperti pertumbuhan jamur, rambut tumbuh ke dalam yang dapat menyebabkan infeksi, dan umumnya lebih rentan terhadap perkembangan bakteri jahat dan infeksi yang berpotensi berbahaya.

3 dari 5 halaman

5 Manfaat Menakjubkan Minuman Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Jahe menjadi salah satu rempah yang dikenal karena aromanya yang kuat dan pedas. Selain menjadi bumbu dapur, jahe juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Karena jahe mengandung vitamin C yang tinggi, banyak individu menggunakannya sebagai obat alternatif untuk mencegah masuk angin dan penyakit lainnya.

Mengonsumsi minuman jahe di pagi hari menjadi salah satu cara yang bagus untuk menyiapkan tubuhmu dalam menjalani rutinitas harian.

Jahe bisa meningkatkan metabolisme Anda, menenangkan perut yang sakit sebelum sarapan, dan membangkitkan seleramu untuk membuat makanan pertama yang Anda makan lebih menyenangkan.

Untuk itu, ketahui beberapa manfaat mengonsumsi minuman jahe untuk kesehatan tubuh, seperti melansir dari Pinkvilla, Minggu (12/6/2022).

1. Mengatasi masalah pencernaan

Gangguan pencernaan kronis menyebabkan rasa sakt atau ketidaknyamanan di perut bagian atas secara teratur. Rasa sakit ini bisa disebabkan oleh penundaan pengosongan lambung.

Minuman jahe bisa membantu dengan berbagai masalah pencernaan. Ini membantu makanan bergerak melalui usus tanpa fermentasi, kembung, atau menyebabkan rasa sakit.

Karena jahe telah terbukti mempercepat proses pencernaan, maka jahe efektif dalam mengobati gangguan pencernaan.

 

4 dari 5 halaman

2. Membantu menurunkan berat badan

Jahe bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan dan meningkatkan tingkat metabolismemu, memungkinkan Anda untuk membakar kalori lebih cepat.

Minyak atsiri dalam jus jahe murni membantu melumasi sistem pencernaan. Jahe juga meningkatkan jumlah asam dalam tubuh, yang membakar kalori dan lemak juga mempercepat metabolisme tubuh.

3. Menurunkan gula darah

Jahe adalah zat antioksidan dan anti-inflamasi alami yang bisa membantu berbagai penyakit, termasuk diabetes.

Jahe memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan risiko diabetes.

4. Mengurangi nyeri haid

Bagi sebagian wanita, nyeri haid bulanan (dismenore) menjadi masalah utama. Sakit kepala, nyeri tubuh, mual, diare dan nyeri punggung bawah bisa menyertai kram gemetar.

Jika Anda telah mencoba berbagai cara untuk meredakan kram menstruasi tapi belum menemukan solusi yang tepat, cobalah minuman jahe selama menstruasi. Ini membantu dengan periode iritasi lainnya serta kram menstruasi.

5 dari 5 halaman

5. Meningkatkan fungsi kognitif

Peradangan kronis dan stres oksidatif telah terbukti mempercepat proses penuaan dan masalah kognitif. Jahe memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi yang bisa bermanfaat bagi otakmu.

Jahe, misalnya, meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Ini bisa membantu meringankan peradangan, yang bisa menyebabkan Depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.