Sukses

5 Tanaman Rumah Ini Dapat Membantu Anda Tidur Nyenyak

Berikut ini beberapa tanaman rumah yang dapat membantu Anda tidur nyenyak dan memberikan kualitas tidur lebih bai

Liputan6.com, Jakarta - Tumbuhan memiliki begitu banyak manfaat. Segera setelah Anda menempatkannya di sebuah ruangan, mereka dapat membersihkan udara, merapikan dekorasi Anda, dan meningkatkan mood Anda.

Ternyata, mereka bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Berikut ini beberapa tanaman rumah yang menurut sains dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik. Letakkan beberapa di antaranya di nakas Anda dan saksikan rutinitas malam Anda berubah menjadi lebih baik.

Lalu, tanaman apa saja mereka? Ini dia.

1. Lavender

Tanaman ungu ini berbau harum, tampak luar biasa, dan memiliki reputasi untuk meningkatkan kualitas tidur. Satu studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam Scientific Reports menemukan bahwa ketika orang tidur di kamar yang beraroma minyak esensial lavender, mereka mengalami gangguan tidur yang lebih sedikit dan kesehatan tidur yang lebih tinggi.

Demikian pula, sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Jurnal Medis Bulan Sabit Merah Iran menemukan bahwa mencium minyak esensial lavender sebelum tidur dan pada malam hari secara signifikan meningkatkan kualitas tidur ibu postpartum selama delapan minggu.

Untuk menumbuhkan tanaman ajaib ini di dalam ruangan, Anda membutuhkan jendela yang mendapat sinar matahari melimpah; Anda juga dapat memindahkan pot ke tempat yang cerah di luar ruangan di siang hari. Pada malam hari, pindahkan ke meja Anda untuk mendapatkan manfaat potensialnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Melati

Bunga putih yang indah ini sering digunakan dalam wewangian karena aromanya yang manis dan sensual. Dan ternyata, aromanya juga bisa membantu tidur nyenyak.

Satu studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry menemukan bahwa vertacetal-coeur, bahan kimia beraroma yang berasal dari tanaman melati, memiliki mekanisme aksi molekuler yang sama dan sama efektifnya dalam mendorong tidur dan mengurangi kecemasan seperti obat tidur dan obat kecemasan yang biasa diresepkan.

Untuk menanam melati di dalam, letakkan di dekat jendela yang cerah dan jaga agar tanah tetap lembab. Berikan aroma bunga sebelum tidur untuk relaksasi instan.

3. Krisan

Ini adalah tanaman lain yang memiliki sifat pembersih udara yang serius. Dalam satu penelitian NASA yang terkenal yang membuktikan hubungan antara tanaman dan udara yang lebih bersih, krisan mengeluarkan 61 persen formaldehida, 53 persen benzena, dan 41 persen trikloretilena dari ruang tertutup dalam 24 jam.

Tanaman ini juga terlihat cantik di nakas Anda. Untuk membuat mereka senang, letakkan mereka di bawah sinar matahari penuh dan sering-seringlah menyiraminya.

 

3 dari 4 halaman

4. Kamomil

Tanaman ini dapat membantu tidur Anda nyenyak. Satu studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Education and Health Promotion menemukan bahwa menelan chamomile dua kali sehari selama empat minggu meningkatkan skor tidur rata-rata peserta.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing menemukan bahwa ibu baru yang minum teh chamomile setiap hari selama dua minggu tidur lebih nyenyak dan memiliki gejala depresi yang lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

Untuk membuat teh chamomile, Anda harus menanam tanaman ini terlebih dahulu; itu melakukan yang terbaik di luar ruangan dan membutuhkan sinar matahari penuh atau naungan parsial dan sekitar satu inci air per minggu. Setelah bunga mekar, petik sekitar tiga sendok makan kelopak chamomile dan seduh dalam teh celup seperti biasa.

 

4 dari 4 halaman

5. Lidah Mertua

Kualitas udara murni dapat meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi alergen dan polutan yang dapat mengganggu istirahat Anda. Jadi masuk akal jika tanaman yang membersihkan udara juga bisa meningkatkan rutinitas tidur Anda.

Satu studi tahun 2009 yang diterbitkan di HortTechnology menemukan bahwa ruang laboratorium dengan lidah mertua di dalamnya mengalami penipisan ozon yang lebih cepat daripada kamar tanpa tanaman.

Untungnya, tanaman ini adalah yang paling mudah dirawat dan membutuhkan sedikit sinar matahari tidak langsung dan air setiap beberapa minggu untuk tetap sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.