Sukses

Moderna Buat Vaksin Booster Baru yang Diklaim Efektif Lawan Omicron

Moderna yakin vaksin bivalen Covid-19 yang diperbarui sangat efektif dan dapat menjadi "titik balik" dalam perjuangan dunia melawan pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan berkurangnya kekebalan vaksin, dan kekhawatiran tentang lonjakan penurunan kasus yang meningkat, pejabat dari Moderna mengumumkan pada Rabu (8/6/2022), bahwa data dari studinya tentang penguat bivalen yang mengandung Omicron, mengungkapkan bahwa ia menawarkan respons antibodi yang unggul terhadap Omicron, satu bulan setelah injeksi dibandingkan dengan vaksin perusahaan saat ini.

Chief Medical Officer Moderna Dr. Paul Burton mengatakan kepada ABC News bahwa dia yakin vaksin bivalen Covid-19 yang diperbarui sangat efektif dan dapat menjadi "titik balik" dalam perjuangan dunia melawan pandemi.

"Datanya jelas lebih baik daripada yang saya harapkan," kata Burton kepada ABC News dalam sebuah wawancara.

"Mengingat besarnya efek bahwa peningkatan tujuh kali lipat dalam tingkat antibodi kita bisa untuk pertama kalinya, berada di vaksin yang benar-benar efektif dengan dosis setahun sekali karena kita tahu tingkat antibodi itu akan membusuk," sambungnya.

Moderna berencana untuk mengajukan datanya ke Administrasi Makanan dan Obat (FDA) secepat mungkin, dan jika vaksin tersebut disahkan, perusahaan akan siap untuk memasok suntikan ke sebanyak mungkin orang di seluruh dunia, kata Burton.

"Ini adalah data yang sangat penting. Ini pengumuman penting. Dan saya pikir ini berpotensi menjadi titik balik nyata di paruh kedua pandemi ini," kata Burton.

Pengumuman itu muncul saat AS terus berjuang melawan gelombang sekunder dari subvarian Omicron di tengah menurunnya kekebalan, sikap santai banyak orang terhadap langkah-langkah mitigasi dan kelelahan serta skeptisisme tentang vaksinasi dan suntikan booster.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikatakan sangat efektif melawan Omicron

Setelah lebih dari satu tahun upaya dan pesan terus-menerus dari otoritas federal dan lokal, hanya di bawah 71% dari populasi yang memenuhi syarat berusia 5 tahun ke atas yang sepenuhnya divaksinasi dan kurang dari setengah yang telah menyelesaikan seri utama mereka telah mendapatkan dosis booster pertama mereka.

Burton mengatakan perusahaan berharap vaksin baru ini dapat, untuk pertama kalinya, memberikan peta jalan untuk vaksinasi Covid-19 tahunan, daripada suntikan setiap beberapa bulan. 

"Saya percaya bahwa kita akan dapat mencapai dosis sekali tahunan ini sekarang karena kita memiliki tingkat yang tinggi sekarang. Itu bahkan mungkin akan meningkat dan matang dari waktu ke waktu, berpotensi memberikan perlindungan kepada orang-orang selama setahun penuh. Kita akhirnya bisa mencapai itu sekali setiap tahun. perlindungan, jadi saya pikir itu sangat penting," kata Burton.

Varian vaksin yang diadaptasi, yang mengandung Omicron mRNA, ditemukan sangat efektif melawan Omicron, kata Burton. Perusahaan melaporkan bahwa vaksin bivalen baru ini menggabungkan suntikan asli dan mRNA omicron bersama-sama dalam satu suntikan.

3 dari 3 halaman

Siap hadapi varian baru lainnya

"Vaksin asli memberikan perlindungan besar terhadap delta dan varian lain yang telah kita lihat baru-baru ini, dan itu benar-benar menyebabkan penyakit yang signifikan. Omicron memang menyebabkan penyakit yang signifikan. Ini jelas tidak ringan, tetapi sangat menular. Anda perlu menggabungkan keduanya," jelas Burton. 

Meskipun masih belum diketahui seberapa baik vaksin baru akan mampu mencegah infeksi dan penyakit parah, Burton mengatakan dia yakin bahwa vaksin itu akan pasti mencegah rawat inap dan kematian.

"Ini sangat efektif," kata Burton, menambahkan bahwa profil keamanannya juga sangat kuat dan meyakinkan.

Jika varian kekhawatiran lain muncul, yang secara drastis berbeda dari Omicron dan varian yang sudah ada, para ilmuwan di Moderna akan siap untuk mengevaluasi kembali dan menyesuaikan kembali vaksin untuk mengatasi ancaman baru.

“Jika sesuatu yang sangat drastis terjadi lagi, yah, kita harus melihat itu. Tapi saya akan katakan lagi, apa yang saya pikir bisa kami tunjukkan di sini, adalah kami bisa beradaptasi dengan sangat cepat. Kami mampu membuat booster baru ini dalam beberapa minggu dan mengujinya. Saya pikir kami bahkan dapat mempercepatnya sekarang. Jadi, saya pikir kami sangat siap untuk itu," kata Burton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Vaksin Covid-19

  • moderna