Sukses

5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Kulit dan Rambut Indah

Selain terkenal dengan manfaat kesehatannya, namun tidak semua individu menyadari manfaat jahe untuk kulit, rambut dan tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta - Jahe menjadi salah satu rempah yang dikenal karena aromanya yang kuat dan pedas. Selain menjadi bumbu dapur, jahe juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Selain terkenal dengan manfaat kesehatannya, namun tidak semua individu menyadari manfaat jahe untuk kulit, rambut dan tubuhmu.

Jahe bisa digunakan dalam berbagai cara untuk membantu kesehatan kulit dan rambutmu. Anda bisa dengan mudah mendapatkan minyak jahe. Tapi Anda juga bisa menggunakan jahe segar untuk mengestrak jus. Lalu ada bubuk jahe, yang merupakan cara paling nyaman untuk menyimpan jahe.

Untuk itu, ketahui manfaat jahe untuk kesehatan kulit dan rambutmu, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (7/6/2022).

1. Mengurangi kerutan dan garis halus

Jahe merupakan obat kerut yang bagus karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Jahe bisa mencegah kerusakan elastin, yang merupakan salah satu penyebab utama kerutan dan garis halus.

Jahe juga bisa digunakan dalam memasak untuk menuai manfaatnya. Ini membantu meningkatkan penampilan kulit dengan menghilangkan racun berbahaya dan merangsang sirkulasi, memastikan bahwa kulit menerima lebih banyak nutrisi.

2. Membuat kulit lebih bercahaya

Jahe mengandung gingerol antioksidan, yang bisa melawan stres oksidatif dan memberi Anda warna kulit yang lebih merata dan bercahaya.

Irisan jahe yang dioleskan ke wajahmu bisa membantu memberikan Anda cahaya yang menyegarkan.

Jahe juga bekerja untuk mengencangkan kulitmu sambil membersihkannya, melawan noda dan membuat kulitmu lebih bercahaya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mengatasi ketombe

Ketombe juga bisa diobati dengan jahe. Sifat antiseptiknya membantu mencegah ragi dan bakteri alami, yang menyebabkan ketombe.

Menerapkan minyak jahe dua kali seminggu ke kulit kepalamu dan memijatnya bisa membantumu menghindari ketombe.

4. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Jahe meningkatkan aliran darah ke kulit kepala yang berkontribusi membuat rambutmu halus dan berkilau pada saat yang bersamaan.

Jahe juga merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut dan folikel sebagai hasilnya.

Selain itu, banyak asam lemak, vitamin dan mineral yang ditemukan dalam jahe bisa membantu memperkuat helai rambut dan mencegah kerontokan rambut.

5. Memudarkan bekas luka

Jahe memiliki sifat antioksidan serta efek mengencangkan, memungkinkannya untuk menormalkan bekas luka hipopigmentasi (yang warnanya lebih terang daripada warna kulit alamimu).

Sifat anti-inflamasinya juga membantu mengurangi kemerahan dan jaringan parut pada jerawat. Makanan super ini adalah bahan alami yang melembutkan kulit sekaligus meningkatkan elastisitasnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat jahe untuk kesehatan

Namun, ada manfaat lainnya bagi kesehatan jika Anda rutin mengkonsumsi jahe? Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir Boldsky.

1. Pencernaan 

Jahe membantu mengatur kadar gula tinggi, yang mengganggu pencernaan, dan menenangkan perut. Dengan demikian, membantunya mempertahankan ritme teraturnya. 

Senyawa yang terkandung dalam jahe membantu penyerapan nutrisi dan mineral dari makanan yang kita makan.

2. Mencegah Kanker 

Akar jahe mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang memiliki kemampuan untuk menginduksi kematian sel. Ini menekan produksi protein tertentu.

Menambahkan jahe ke dalam diet harianmu adalah cara terbaik untuk mencegah kanker.  

3. Flu

Jahe dikenal untuk memerangi penyakit dan menyembuhkan infeksi. Efek jahe yang yang menenangkan mengurangi respons gejala darurat tubuh terhadap kerusakan sel dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

4. Kram Menstruasi

Kram menstruasi menjadi masalah umum yang dialami banyak wanita. Jahe bisa mengurangi tingkat prostaglandin dalam tubuh dengan menghilangkan kram. 

Jahe juga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kram menstruasi.6 dari 7 halaman

5. Mual 

Penelitian telah menyimpulkan bahwa jahe membantu menyembuhkan mual yang berhubungan dengan kehamilan, mabuk perjalanan dan kemoterapi. 

Penyerapannya yang cepat dan pengaturan yang cepat dalam tubuh bisa menyembuhkan mual tanpa efek samping.

6. Diare 

Sejak dulu jahe telah digunakan untuk menyembuhkan diare. Jahe bisa mencegah kejang perut dan gas yang berkontribusi dan merangsang diare. Dengan demikian, jahe sangat bermanfaat dalam mengobati diare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.