Sukses

Serangan Jantung hingga Kanker, 5 Hal Ini Dapat Diketahui dari Keringat Anda

Berikut ini hal yang dapat diketahui dari keringat Anda

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang mudah berkeringat, badan yang basah karena keringat adalah hal yang menjengkelkan. Tapi kenyataannya, tidak berkeringat justru akan menjadi masalah yang sangat besar.

Berkeringat mengatur suhu tubuh kita dan mencegah kita dari kepanasan; itu adalah fungsi tubuh dengan manfaat yang sangat dibutuhkan.

Kita memiliki hingga empat juta kelenjar keringat di tubuh kita, dan orang dewasa yang sehat berkeringat hingga sepuluh liter sehari. Namun, Anda mungkin saja berkeringat terlalu banyak (hiperhidrosis) atau terlalu sedikit (anhidrosis)—dan keduanya bisa menjadi tanda bahaya yang memperingatkan Anda tentang kondisi tertentu.

Berikut ini hal-hal yang dapat diberitahukan oleh kesehatan Anda tentang keringat Anda:

1. Tiroid Anda rusak

Hipertiroidisme—istilah medis untuk kelenjar tiroid yang terlalu aktif—bisa menjadi penyebab di balik tubuh yang terlalu berkeringat. "Hipertiroidisme dapat menyebabkan kepekaan terhadap panas dan keringat berlebih, di mana seseorang yang menderita hipotiroidisme mungkin berjuang untuk tetap hangat sama sekali," menurut Penn Medicine. (Hipotiroidisme adalah istilah untuk tiroid yang kurang aktif.)

"Ketika tiroid tubuh bekerja dengan baik, sel-selnya akan menghasilkan 65 persen energi dan 35 persen panas," jelas mereka.

"Namun, mereka yang memiliki kondisi tiroid akan memproduksi terlalu banyak atau tidak cukup tiroksin."

Perubahan hormonal ini dapat mengubah produksi keringat tubuh Anda, menyebabkan panas berlebih dan penurunan energi, atau sebaliknya.

Gejala lain dari hipertiroidisme mungkin termasuk kelelahan, fluktuasi berat badan, dan pembengkakan di pangkal leher tempat tiroid berada.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sistem saraf Anda tidak berfungsi

Hampir tidak pernah berkeringat mungkin terdengar menarik, tetapi sebenarnya bisa sangat berbahaya. "Berkeringat membantu menghilangkan panas dari tubuh Anda sehingga Anda bisa menjadi lebih dingin," menurut Klinik Cleveland.

"Jika Anda tidak bisa berkeringat, tubuh Anda menjadi terlalu panas, yang bisa berbahaya dan bahkan mengancam jiwa."

Sementara beberapa orang dilahirkan dengan anhidrosis, itu mungkin juga merupakan gejala dari suatu kondisi yang mempengaruhi sistem saraf.

3. Anda mengalami serangan jantung

“Berkeringat lebih dari biasanya—terutama jika Anda tidak berolahraga atau aktif—bisa menjadi tanda peringatan dini masalah jantung,” kata Healthline.

"Memompa darah melalui arteri yang tersumbat membutuhkan lebih banyak usaha dari jantung Anda, sehingga tubuh Anda berkeringat lebih banyak untuk mencoba menjaga suhu tubuh Anda turun selama aktivitas ekstra."

Gejala serangan jantung yang umum diketahui termasuk sesak napas dan nyeri di dada, bahu, dan/atau lengan. Tapi tiba-tiba berkeringat banyak juga bisa menjadi tanda peringatan serangan jantung.

 

3 dari 4 halaman

4. Anda mungkin menderita kanker

Ini mungkin tampak seperti gejala kanker yang tidak mungkin, tetapi keringat malam sebenarnya dapat menunjukkan beberapa jenis penyakit yang berbeda. Healthline mengutip enam jenis kanker berikut di mana keringat berlebihan dapat menjadi gejala yang mungkin terjadi: tumor karsinoid, leukemia, limfoma, kanker tulang, kanker hati, dan mesothelioma.

"Tidak jelas mengapa beberapa jenis kanker menyebabkan keringat malam," kata Healthline.

Berkeringat mungkin disebabkan oleh perubahan hormon, demam, atau tubuh mencoba melawan kanker. Dalam beberapa kasus, keringat malam bukan merupakan gejala awal kanker, melainkan karena "pengobatan seperti kemoterapi, obat-obatan yang mengubah hormon, dan morfin."

Namun, jika bangun dengan seprai basah adalah satu-satunya gejala, Anda tidak perlu panik. David Beatty, MRCGP, seorang dokter umum dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, mengatakan bahwa keringat malam mungkin bukan satu-satunya gejala jika kanker adalah penyebabnya.

"Saya tidak pernah ingat melihat pasien yang hanya berkeringat di malam hari yang menderita kanker dan belum pernah didiagnosis," katanya.

 

4 dari 4 halaman

5. Anda perlu diperiksa untuk diabetes

Peningkatan keringat bisa menjadi tanda diabetes. “Penelitian menunjukkan bahwa hingga 84 persen penderita diabetes mengalami berkeringat saat mereka mengalami hipoglikemik, dengan area keringat yang paling umum berada di belakang leher,” jelas Verywell Health.

Ketika hipoglikemia terjadi, "adrenalin diproduksi sebagai respons terhadap penurunan kadar gula darah, yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan aktivasi kelenjar keringat," tulis para ahli mereka.

Selain keringat berlebihan yang tiba-tiba, gejala diabetes lainnya mungkin termasuk sering ingin buang air kecil, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, tangan dan kaki mati rasa atau kesemutan, dan rasa haus yang ekstrem dan terus-menerus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.