6 Rekomendasi Wisata Candi di Indonesia, Tak Kalah Indah dari Borobudur

Oleh Putri Annisa pada 07 Jun 2022, 09:07 WIB
Diperbarui 07 Jun 2022, 09:07 WIB
Ribuan Lampion Hiasi Malam Waisak di Candi Borobudur
Perbesar
Biksu saat memimpin doa sebelum pelepasan lampion sebagai tanda puncak perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tegah, Senin (16/05/2022) malam. Sebanyak 2022 lampion diterbangkan oleh biksu, umat Buddha serta wisatawan sebagai simbol harapan dan perdamaian untuk dunia. (merdeka.com/Iqbal S.Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari ini berita tentang harga tiket masuk (HTM) Candi Borobudur tengah ramai diperbincangkan publik. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa akan ada kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur untuk turis lokal sebesar Rp 750 ribu. Sementara untuk wisatawan asing akan dikenakan tarif sebesar USD 100.

Kebijakan anyar terkait harga tiket Candi Borobudur meroket terus menuai pro kontra dari publik. Banyak pihak menyayangkan dan keberatan dengan rencana kenaikan HTM Candi Borobudur.

Pasalnya, dikutip dari laman borobudurpark yang dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), sebelumnya harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan domestik sebesar Rp50 ribu untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp 25 ribu.

Ya, candi yang ada di Magelang, Jawa Tengah itu memang terkenal dengan keindahannya. Dilansir dari situs Direktorat SMP Kemdikbud, Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad ke-9.

Kemegahan Candi Borobudur tak hanya menyedot perhatian wisatawan lokal, namun juga dari mancanegara. Meski demikian, borobudur bukanlah satu-satunya wisata candi yang ada di Indonesia. Jika Anda ingin mengajak keluarga mengunjungi candi Hindu-Budha, terdapat beberapa rekomendasi yang tak kalah indahnya dari Borobudur.

Berikut ini 6 rekomendasi wisata candi di Indonesia, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Perbesar
Candi Prambanan di perbatasan Jawa Tengah dan DIY. (Pixabay)

Terletak di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Prambanan juga dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang. Komplek Candi Prambanan merupakan area candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun sekitar pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya. Sebab, lokasinya sangat strategis, yakni jalan utama Yogyakarta-Solo. Adapun harga tiket masuk untuk wisatawan lokal sebesar Rp 50.000 per orang, sementara untuk wisatawan asing sebesar USD 25, atau Rp 362.500 per orang.

2. Candi Plaosan

Jika Anda ingin menghemat budget liburan, Candi Plaosan bisa menjadi pilihan destinasi wisata karena harga tiketnya hanya sebesar Rp 5.000.Candi Plaosan berada di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Candi Plaosan terbagi menjadi dua bagian. Plaosan Kidul (selatan) dan Plaosan Lor (utara).

Candi ini merupakan peninggalan Buddha, Meski begitu, arsitekturnya merupakan perpaduan antara Buddha-Hindu. Candi ini menjadi satu alternatif destinasi yang cocok untuk mengalihkan crowd di Borobudur dan Prambanan.


3. Kompleks Candi Dieng

Embun es menyelimuti kompleks Candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, 25-26 Juli 2018. (Foto: Liputan6.com/Pokdarwis Pandawa/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Embun es menyelimuti kompleks Candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, 25-26 Juli 2018. (Foto: Liputan6.com/Pokdarwis Pandawa/Muhamad Ridlo)

Kompleks candi ini terletak di kawasan wisata dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Candi Dieng berjumlah 8 bangunan. Nama-namanya diambil dari nama pewayangan. Di antaranya seperti Candi Arjuna, candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa,Candi Sembadra, Candi Bima, Candi Dwarawati, dan Candi Gatotkaca.

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek candi bercorak Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Nama Gedong Songo berasal dari Bahasa Jawa, yaitu Gedong yang artinya bangunan dan Songo yang berarti sembilan. Thomas Stamford Raffles adalah penemu candi ini pada sekitar tahun 1804. Saat ini, Candi Gedong Songo menjadi salah satu tujuan wisata populer di Semarang. Harga tiket masuknya cukup murah, yakni sebesar Rp 10.000 pada weekday, dan Rp 15.000 pada akhir pekan.

 


5. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Perbesar
Candi Ratu Boko (sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Candi yang satu ini menjadi perbincangan setelah dijadikan lokasi pengambilan gambar film Ada Apa dengan Cinta? (AADC) 2. Candi Ratu Boko terletak di wilayah Sleman, Jogjakarta.

Ratu Boko merupakan satu peninggalan budaya yang berlokasi dekat dengan candi Prambanan. Keistimewaan candi ini adalah memiliki gerbang yang megah dan area yang luas dihiasi rerumputan. Waktu yang paling tepat mengunjungi Ratu Boko ialah saat sunset. Karena, gerbang megah tersebut berlatar sinar matahari terbenam, yang mana pemandangan itu sangat indah.

6. Candi Cetho

Candi Cetho berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Kompleks candi digunakan penduduk setempat dan peziarah beragama Hindu sebagai tempat pemujaan. Candi ini merupakan tempat pertapaan kalangan penganut kepercayaan asli Jawa atau Kejawen.

Satu spot yang menarik dari candi ini ialah gapuranya. Terkesan estetik, seperti sejumlah pura yang ada di Bali. Untuk berkunjung ke candi ini, dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

 

Infografis Candi Prambanan
Perbesar
Infografis Candi Prambanan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya