Sukses

7 Potret Kocak Saat Renovasi Rumah Berujung Gagal

Berikut ini beberapa potret renovasi gagal yang bisa bikin ngakak:

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah merasa rendah diri tentang keterampilan renovasi rumah Anda yang buruk, ingatlah bahwa Anda bukan satu-satunya yang demikian! Setiap orang memiliki momennya masing-masing. Bahkan tukang sendiri pun pernah mengalaminya.

Jika Anda juga sedang memikirkan proyek DIY tetapi tidak yakin dengan keterampilan Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hasil Anda secara signifikan.

Lee Wallender, seorang ahli perbaikan rumah dengan 20 tahun pengalaman merenovasi, memperbaiki, dan meningkatkan rumah, berpikir bahwa setiap orang harus memulai proyek mereka dengan desain dan perencanaan.

"Sketsa di atas serbet koktail, rencana arsitektur besar-besaran, atau hanya serangkaian pemikiran yang kuat tentang bagaimana perombakan harus berkembang adalah tempat yang baik untuk memulai," tulis Wallender di The Spruce. "Lebih murah dan tidak membuat frustrasi untuk memperbaiki kesalahan sebelum merombak mengambil bentuk fisik." 

"Salah satu pertimbangan pertama adalah untuk memastikan bahwa Anda memiliki dana untuk renovasi Anda. Buatlah daftar sederhana ya/tidak dari proyek dan proyek yang Anda inginkan untuk dikerjakan oleh para profesional. Carilah kontraktor dan subkontraktor untuk pekerjaan yang Anda inginkan jika tidak ingin melakukannya sendiri," tambah Wallender.

Juga, perlu diingat bahwa proyek-proyek besar harus dilakukan terlebih dahulu karena proyek-proyek berikutnya terkena dampaknya. Yang terbesar yang mungkin Anda lakukan termasuk penggantian atau perbaikan atap, memperbaiki fondasi, menangani resapan air, dan memasang atau memperbaiki jendela dan dinding.

"Lindungi pekerjaan renovasi Anda di masa depan dengan memastikan rumah tidak akan runtuh menimpa Anda," kata Wallender. "Itu berarti mengatasi fondasi dan masalah struktural apa pun. Amankan fondasi dan lakukan perbaikan fondasi besar pada area seperti dinding yang melemah, balok, dan balok penyangga."

Kemudian perhatikan menjaganya tetap kering, yang melibatkan atap, dinding, dan jendela. Perbaiki atau ganti atap. Ganti jendela yang rusak parah yang dapat mengancam pekerjaan renovasi di masa depan. Jika tidak rusak parah, tinggalkan perbaikan atau penggantian jendela untuk nanti di proses."

Dalam upaya untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda — atau untuk sekadar membuat Anda tersenyum — berikut ini beberapa potret renovasi gagal yang bisa bikin Anda ngakak. Apakah orang-orang ini melewatkan tahap perencanaan, tidak memiliki alat yang tepat, atau mengerjakan sesuatu yang lebih dari apa yang mereka bisa, mari jadikan kesengsaraan mereka sebagai hiburan kita.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Malah jadi pajangan seni

3 dari 8 halaman

2. Kok sampai jadi gitu?

4 dari 8 halaman

3. Ini jadinya kalau beli pintu tidak diukur dulu

5 dari 8 halaman

4. Lupa kalau ada pintu di sana saat memasang toilet

6 dari 8 halaman

5. Ini jadinya kalau renovasi tanpa perencanaan yang matang

7 dari 8 halaman

6. Yah, malah kebalik

8 dari 8 halaman

7. Malah pakai keran buat cuci piring

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.