Sukses

Do's dan Dont's Saat First Date yang Bikin Kencan Anda Lancar

Kencan pertama merupakan momen yang ditunggu oleh pasangan yang baru berpacaran.

Liputan6.com, Jakarta First date atau kencan pertama menjadi momen yang paling dinantikan setelah masa pendekatan dengan gebetan. Kencan menjadi momen Anda dan pasangan untuk saling mengenal, mulai dari kesibukan sehari-hari, hobi, bahkan musik favoritnya sekalipun.

Namun, ada kalanya kita merasa bingung harus bersikap seperti apa di hadapan pasangan. Dilansir dari Menshealth, Sabtu (4/6/2022), kencan pertama diibaratkan seperti berjalan di atas tali. Anda mencoba terlihat bersemangat tanpa menjadi terlalu kuat, pintar tapi tidak merendahkan, lucu tapi tidak menyebalkan.

Carole Lieberman, M.D., penulis Bad Girls: Why Men Love Them & How Good Girls Can Learn They Secrets, mengatakan bahwa sebaiknya Anda melakukan percakapan dua arah saat kencan pertama. Menurutnya, hal yang paling membuat pasangan tertarik adalah penilaian tentang bagaimana Anda bisa menjadi sosok yang mampu mendengarkan cerita dan pendapat mereka. 

"Tentu, Anda harus memberi tahu mereka tentang diri Anda, tetapi pastikan Anda menanyakan pertanyaan untuk pasangan Anda tentang pencapaian dan hobi mereka juga. Kencan akan jadi terasa sangat rapuh jika Anda hanya berbicara tentang diri Anda sendiri," ujar Carole dikutip dari Menshealth.

Anda tentu berharap hubungan pasangan akan berlanjut dan langgeng setelah menjalani kencan pertama. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum do's and dont's saat first date yang akan membuat kencanmu lancar dirangkum dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Do: Obrolin Hal-hal yang Sedang Viral Sampai Hal-Hal Receh

Agar momen first date Anda tidak awkward, cobalah mulai dengan mengajak ngobrol pasangan tentang kegiatan Anda atau sesuatu yang sedang viral sekalipun. Anda juga boleh kok menyisipkan sedikit jokes atau hal lucu di tengah obrolan kalian.

Dengan begitu, topik obrolan Anda akan terus mengalir dan semakin hidup. Selain itu, Anda juga bisa mencermati setiap pendapat dan kalimat yang dilontarkan oleh pasangan. Ini juga bisa jadi salah satu cara untuk Anda menilainya, lho!

2. Don’t: Membahas Mantan is Big No!

Jangan sampai di momen kencan pertama, Anda malah menanyakan kepada pasangan tentang mantan, misalnya alasan putus atau lain sebagainya. Buatlah topik bahasan yang menarik dan tidak membosankan.

Pasalnya, saat ini dia sedang bersama Anda, berarti dia sudah atau tengah berusaha untuk move on, bukan? Jangan malah membuat pasangan Anda kembali galau dengan pertanyaan seputar mantan, ya!

3 dari 4 halaman

3. Do: Simpan Ponsel dan Jaga Eye Contact Saat Ngobrol

Kencan bisa jadi salah satu kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama pasangan. Agar momen quality time kalian benar-benar berkualitas, simpan dulu ponsel Anda. Jangan sibuk sendiri scroll beranda media sosial atau membalas chat dari teman Anda

Cobalah untuk fokus mengobrol dan jaga eye contact dengan pasangan. Hargai dia yang telah meluangkan waktu untuk bertemu dengan Anda. Karena itu, berikan kesan terbaik bahwa Anda juga menghargai pasangan.

4. Don’t: Terlalu Mengintimidasi dengan Banyak Pertanyaan

Ya, sikap yang seperti ini biasanya jadi salah satu penyebab pasangan Anda ilfil. Hindari terlalu mengintimidasi pasangan dengan mengajukan banyak pertanyaan, terlebih yang sifatnya sensitif. Misalnya, baru kencan pertama sudah beranya tentang pekerjaan ayahnya atau tanya soal besaran gajinya. Big no no!

Lebih baik Anda membicarakan hal-hal umum seperti hobi, genre musik, dan film daripada membahas mengenai kehidupan keluarga. Pasalnya, ini akan membuat pasangan Anda merasa terintimidasi.

Jika dia sudah nyaman dan sudah menjadikan Anda ‘rumah’, dia juga akan menceritakan kehidupan keluarganya kepada Anda. Jadi, bertahanlah dan jaga sikap Anda!

4 dari 4 halaman

5. Do: Penampilan Nomor Satu

Mungkin ada benarnya pepatah yang mengatakan 'Dari Mata Turun ke Hati'. Ya, penampilan menjadi satu hal paling utama yang harus diperhatikan saat kencan pertama. Anda bisa mengenakan pakaian yang nyaman, sopan, dan rapi untuk menarik hati pasangan.

Selain itu, Anda juga memoleskan makeup tipis ke wajah agar terlihat segar. Semprotkan juga sedikit minyak wangi di tubuh Anda agar pasangan merasa nyaman saat berdekatan.

6. Don’t: Terlalu Mendominasi Pembicaraan

Jangan sampai karena terlalu antusias mengobrol dengan pasangan, Anda sampai kelepasan hingga terus-menerus berbicara sampai tidak memberikan pasangan kesempatan untuk bercerita. Tentunya hal itu akan membuat pasangan Anda kesal. Pasalnya, ia juga ingin cerita dan pendapatnya didengar.

Tetap jaga sikap dan jawablah seperlunya. Bukan berarti cuek, tapi sedikit jual mahal nEggak ada salahnya, kok. Tujuannya agar dia makin penasaran dan mengajak Anda untuk kencan bersama lagi. Selamat mencoba dan semoga kencan pertama Anda berhasil, ya! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.