Sukses

Weekend Bersama Keluarga, Ini 7 Rekomendasi Taman Ramah Anak di Jabodetabek

Berikut ini rekomendasi taman ramah anak di Jabodetabek yang bisa jadi pilihan tempat mengisi liburan bersama keluarga dan anak-anak

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir pekan, biasanya Anda ingin melepas penat setelah satu minggu bekerja. Bagi yang sudah berkeluarga tentunya weekend menjadi agenda wajib untuk memiliki quality time dengan pasangan, orang tua dan anak.

Bahkan ada yang sudah merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari. Ke pantai, pusat perbelanjaan, atau sekadar jalan-jalan di taman.

Saat berlibur dengan keluarga, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan termasuk kenyamanan. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil yang masih senang bermain di ruang terbuka. Ya, bermain adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan anak. Karena melalui bermain, anak-anak dapat belajar berpikir kreatif dan berinteraksi sosial.

Tentunya sebagai orang tua Anda akan mencari tempat liburan yang nyaman, bersih, dan banyak pilihan permainannya. Selain itu, pertimbangkan juga apakah di sekitar lokasi berlibur Anda terdapat kamar kecil dan restoran serta area pedagang kuliner.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, tak perlu jauh-jauh mengajak keluarga berlibur ke luar kota. Di sekitar Jabodetabek, terdapat sejumlah taman publik yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi akhir pekan Anda bersama keluarga. Anda bisa mengajak anak mengeksplorasi taman dan bermain dengan teman sebaya. Selain itu, Anda dan keluarga juga menikmati alam dan refreshing.

Berikut rekomendasi taman ramah anak di Jabodetabek yang bisa dipilih untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Taman Suropati, Jakarta Pusat

Taman ini berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Meski lokasinya berada di tengah kota, namun taman ini tergolong cukup asri untuk dijadikan tempat liburan dengan keluarga. Pepohonan rindang ditambah semilir angin sepoi-sepoi membuat Anda merasa tidak seperti berada di kota.

Ada pula puluhan burung merpati jinak yang berseliweran di taman. Dengan begitu anak bisa bebas bermain di ruang terbuka. Anda juga bisa menyelipkan percakapan ringan mengenai tumbuhan dan hewan yang ada disana bersama si kecil. Dan yang terpenting taman ini gratis!

Oh ya, di taman ini juga banyak jajanan kaki lima yang menggiurkan dan ramah di kantong. Selain itu, dekat pula dengan Masjid Sunda Kelapa Menteng. Jadi, bagi Anda yang beragama Muslim tak perlu khawatir saat tiba waktu sholat.

2. Taman Menteng, Jakarta Pusat

Tak jauh dari lokasi Taman Suropati, ada juga Taman Menteng. Selain banyak pohon dan kursi-kursi untuk duduk, Anda juga bisa mengajak anak-anak jogging atau bersepeda di taman ini.

Yang tak kalah menarik, taman ini dilengkapi dengan rumah kaca yang bisa menjadi arena bermain anak. Anda bisa mengajak si kecil mengunjungi rumah kaca ini untuk melihat berbagai pameran lukisan dan kesenian lainnya. Jika lapar, Anda bisa melipir ke sejumlah kafe yang ada di sekitar taman.

3 dari 4 halaman

3. Tebet Eco Park, Jakarta Timur

Tebet Eco Park baru saja diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 23 April 2022. Tak lama setelah peresmiannya, taman ini langsung diserbu pengunjung dan viral di media sosial. Ya, Tebet Eco Park menarik minat jutaan pasang mata karena arsitektur tamannya yang dinilai keren, termasuk jembatan bernama infinity link bridge.

Di Tebet Eco Park, Anda bisa mengajak keluarga berpiknik gratis, senam, jogging, jalan santai, serta menikmati acara musik dan kesenian. Tak hanya itu, taman ini menyediakan sarana playground dengan banyak sekali permainan yang seru untuk anak-anak.

4. RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat

Di RPTRA Kalijodo ada banyak fasilitas yang ditawarkan, mulai dari kegiatan anak seperti skate board hingga ruang bermain yang luas. Tentunya, semua fasilitas yang ada akan membuat si kecil senang bermain disana.

4 dari 4 halaman

5. Taman Tabebuya, Jagakarsa

Taman ini berlokasi di daerah Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Saat mengunjungi taman ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan kolam ikan yang di atasnya banyak ditumbuhi bunga teratai. Selain berpiknik, di sini Anda dan keluarga juga bisa berolahraga seperti jogging atau bersepeda.

6. Scientia Square Park, Tangerang

Scientia Square Park bisa Anda jadikan pilihan untuk berlibur dengan keluarga di akhir pekan. Jika ingin berkunjung ke sini, Anda harus menyiapkan biaya untuk tiket masuk seharga Rp 45.000 per orang di weekdays dan Rp 95.000 per orang di akhir pekan.

Di sini, Anda bisa mengajak anak melakukan kegiatan seperti memberi makan hewan, berkuda, memancing ikan dan masih banyak lagi.

7. Alun-Alun Depok

Alun-alun Depok, Jawa Barat termasuk taman ramah anak yang memiliki fasilitas lengkap. Selain terdapat kursi yang banyak, ada juga arena bermain anak (playground), arena BMX, lapangan futsal dan basket, panjat dinding, dan jogging track. Anak-anak tentunya akan betah berlibur di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.