Sukses

Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Kulit Jeruk dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut beberapa cara memanfaatkan kulit jeruk untuk kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Jeruk menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu. Tak hanya rasanya yang enak, jeruk juga kaya akan vitamin. Kebanyakan orang mengolah jeruk menjadi jus dan yang lain makan jeruk secara utuh. 

Tetapi dalam kedua kasus, tidak ada yang menggunakan kulitnya, yang biasanya berakhir di tempat sampah. Banyak yang menganggap bahwa kulit jeruk tak berguna sehingga langsung membuangnya ke tempat sampah.

Tetapi rupanya ada beberapa cara yang sangat membantu Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk dalam kehidupan sehari-hari. Ya, kalian bisa menggunakan kulit jeruk alih-alih membuangnya ke tempat sampah.

Dilansir dari Brightside, Rabu (1/5/2022), berikut beberapa cara memanfaatkan kulit jeruk untuk kehidupan sehari-hari. 

1. Jadi pembersih untuk mengurangi jamur

Jamur adalah salah satu hal terburuk yang dapat muncul di rumah Anda, dan tidak ada yang lebih baik untuk melawannya daripada pengusir alami. Anda dapat mengisi toples besar dengan kulit jeruk dan kemudian mengisinya dengan cuka anggur putih sampai penuh.

Proses infus akan berlangsung lebih cepat jika Anda memanaskan cuka terlebih dahulu. Anda harus meninggalkannya selama 2-4 minggu di tempat yang gelap, dan setelah itu, Anda dapat mulai menggunakannya di tempat yang berjamur.

2. Kulit jeruk untuk memoles permukaan kayu

Hampir setiap rumah di seluruh dunia memiliki semacam permukaan kayu di dalamnya dan seperti kebanyakan bahan, kayu bisa kehilangan kilaunya seiring waktu.

Salah satu cara cerdas dan murah untuk mengembalikan kilau itu adalah dengan mengambil kulit jeruk dan menggunakan sisi putihnya untuk menggosok permukaan kayu. Ini mungkin tidak mengatasi goresan dan retakan kecil, tetapi akan memperbaiki tampilannya dan juga membantu kondisi kayu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersihkan wastafel dan hilangkan noda di gelas

3. Letakkan kulit jeruk di wastafel 

Wastafel tempat mencuci piring tentu menjadi salah satu tempat paling kotor di sekitar rumah Anda, dan tidak semua orang membersihkannya sesering yang seharusnya.

Yang dapat Anda lakukan adalah menuangkan semangkuk es batu dan secangkir kulit jeruk ke dalam pembuangan yang mengalir dan menyalakan air dingin selama 30-45 detik. Kemudian Anda dapat mematikan pembuangan dan mengalirkan air panas selama 15 detik. Anda akan melihat bagaimana baunya menjadi jauh lebih menyenangkan dan segar.

Kebanyakan orang memilih stainless steel untuk wastafel mereka dan bahan ini bisa terlihat sangat kusam jika tidak dibersihkan dengan benar. Salah satu cara cerdas untuk mengembalikan kilaunya adalah dengan menggosoknya dengan bagian luar kulit jeruk. Anda dapat menggunakan sisa kulit untuk keran, gagang pintu, lemari es, dan bahkan kompor. 

4. Menghilangkan noda kopi yang membandel di gelas

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang minum dari cangkir kopi atau teh yang sama sepanjang hari, Anda mungkin telah memperhatikan betapa kotornya mug Anda. Bahkan jika Anda menggosoknya dengan spons Anda, itu tidak menjadi bersih.

Itu sebabnya Anda bisa mencoba menggosok noda dengan kulit jeruk yang sedikit asin. Garam akan menjadi asisten yang hebat dalam menggosok noda membandel ini.

3 dari 3 halaman

Bersihkan microwave hingga jadi kompos

5. Gunakan kulit jeruk untuk membersihkan microwave 

Microwave memerangkap banyak bau tidak sedap, yang dapat berperan besar dalam kualitas makanan Anda. Yang dapat Anda lakukan untuk membersihkannya secara alami adalah mengisi mangkuk dengan air dan beberapa kulit jeruk.

Panaskan microwave selama 60 detik dengan suhu tinggi lalu buka pintunya. Baunya akan sangat segar, dan Anda bisa menggunakan air untuk menggosok microwave secara menyeluruh, menggunakan kain bersih.

6. Gunakan kulit jeruk untuk kompos

Buah jeruk baik untuk kompos buatan sendiri asalkan dikombinasikan dengan buah dan sayuran lain. Anda juga perlu mengawasi kompos dan menambahkan daun dan rumput kering untuk menyeimbangkan kekeringannya.

Pastikan Anda memotong kulit jeruk menjadi potongan-potongan kecil sebelum membuangnya ke dalam kompos agar lebih cepat terurai. Terakhir, suhu kompos Anda harus sangat hangat agar jamur tidak terbentuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.