Sukses

9 Jenis Sayuran yang Membantu Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit membuat Anda tampil kurang percaya diri, untuk itu ketahui jenis sayuran yang dapat membantu mengecilkan perut buncit.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki perut yang buncit tentu membuat Anda tampil kurang percaya diri di depan umum. Tidak hanya mengganggu penampilan, perut buncit juga berpotensi mengganggu kesehatan. Bahkan, perut buncit juga bisa menyebabkan sejumlah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Bagi Anda yang ingin meratakan perut buncit tentunya memerlukakan perjuangan yang tak mudah. Pasalnya, perut merupakan bagian tubuh yang cukup sulit untuk dikecilkan. Butuh usaha yang dilakukan untuk mewujudkannya, mulai dari olahraga hingga mengatur pola makan yang sehat.

Nah, di antara makanan sehat yang mampu membantu meratakan perut buncit adalah sayuran. Sayuran diketahui mengandung banyak serat dan nutrisi seperti mineral dan vitamin esensial. Kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di perut.

Berikut beberapa jenis sayuran yang bisa membantu Anda mengecilkan perut buncit, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayur yang paling kaya akan nutrisi. Brokoli mengandung banyak antioksidan yang membantu menurunkan peradangan. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu meratakan perut buncit.

Vitamin C dalam brokoli membantu metabolisme lemak menjadi energi dan kandungan karbohidrat cukup tinggi untuk membantu mempertahankan rasa kenyang, memberikan energi dan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, brokoli juga mengandung kalsium dan kromium yang baik bagi tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya serat. Karena itu, kandungan serat dalam bayam dapat menyerap nutrisi lebih banyak dan membantu pencernaan. Selain itu, bayam mengandung vitamin K yang tinggi, sehingga dapat membantu pengurangan berat badan, termasuk lemak visceral atau lemak yang menumpuk di perut.

3. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran terbaik yang harus dimasukkan ke dalam daftar menu diet. Pasalnya, sayur berwarna oranye ini kaya akan serat larut dan tidak larut, sehingga sangat cocok membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

4. Paprika Merah

Paprika merah diketahui mengandung kalori yang rendah dan tinggi nutrisi. Kandungan serat dan capsaicin dalam paprika merah dipercaya dapat menurunkan berat badan. Selain itu, paprika merah juga membantu merasa kenyang lebih lama setelah makan, sehingga dapat mencegah Anda makan berlebihan sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

5. Cabai

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa panas yang timbul pada saat mengonsumsi cabai mampu membakar banyak kalori dan mengoksidasi lapisan lemak pada tubuh. Rasa panas ini ditimbulkan oleh zat yang bernama capsaicin.

6. Jamur

Jamur merupakan jenis sayur yang berkontribusi menurunkan berat badan dan pembakaran lemak dengan mengatur kadar glukosa dalam darah. Selain itu, jamur kaya akan protein yang membantu meningkatkan metabolisme.

7. Mentimun

Kandungan serat dan air yang banyak dalam mentimun dipercaya dapat membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindari dari makan berlebih. Selain itu, mentimun juga baik untuk detoksifikasi.

4 dari 4 halaman

8. Asparagus

Sayuran asparagus memang tidak mudah ditemui di pasar dibandingkan sayur lainnya yang sudah disebutkan. Namun, ternyata asparagus memiliki manfaat luar biasa dalam mengurangi lemak di perut. Pasalnya, asparagus mengandung bahan kimia asparagin, yang merupakan alkaloid yang bekerja langsung pada sel dan memecah lemak.

9. Labu

Jenis sayur yang bisa membantu meratakan perut buncit lainnya adalah labu. Labu dipercaya sebagai salah satu menu diet yang baik karena mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Hal ini tentu akan menjaga pencernaan dan metabolisme dan membantu meratakan perut buncit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.