Sukses

Bukan Ruam, Ini Gejala Awal Cacar Monyet yang Kerap Diabaikan Banyak Orang

Berikut gejala awal cacar monyet yang kerap diabaikan oleh banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi COVID-19, virus lain, monkeypox atau cacar monyet sekarang sedang membuat masyarakat kembali wspada.  Saat ini ada lebih dari 100 kasus cacar monyet yang dilaporkan di 14 negara pada 23 Mei termasuk AS, The New York Times melaporkan. 

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) mengkonfirmasi bahwa kasus cacar monyet di AS sangat jarang, tetapi jika penyakit itu menularkan Anda, tanda yang paling jelas adalah ruam. Namun, sebelum ini, ada gejala lain yang mudah terlewatkan yang bisa menandakan infeksi tersebut. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cacar monyet adalah penyakit zoonosis virus, artinya dapat menyebar dari hewan ke manusia. Virus ini biasanya ditemukan di Afrika Barat, menurut WHO, dan hewan pengerat tertentu yang berasal dari benua itu dianggap sebagai pembawa utama.

Ditemukan pada tahun 1958 di sebuah koloni monyet, kasus cacar monyet pertama pada manusia tercatat pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo, kata CDC. Sejak saat itu, virus itu telah menyebar ke negara-negara Afrika lainnya, dan juga menyebar ke benua lain melalui perjalanan dan hewan impor. 

Lonjakan kasus terbaru menjadi perhatian para pakar kesehatan di seluruh dunia, dan meskipun masih relatif kecil dan sejauh ini, menghasilkan kasus-kasus ringan Anda sebaiknya mewaspadai gejala licik yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda. Dilansir dari Bestlifeonline, berikut gejala awal cacar monyet yang kerap diabaikan oleh banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ruam biasanya bukan gejala pertama cacar monyet

Menurut CDC, gejala cacar monyet mirip dengan cacar tetapi umumnya lebih ringan. Tapi sementara gambar ruam mungkin menjadi perhatian utama, ada indikator lain yang bisa menandakan infeksi monkeypox lebih awal. 

Faktanya, demam adalah salah satu gejala pertama cacar monyet, sering disertai dengan sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan, kata badan tersebut. Ruam yang menyakitkan umumnya muncul satu sampai tiga hari setelah demam, dengan lesi mulai datar, kemudian menjadi terangkat saat terisi nanah dan akhirnya rontok. 

Waktu antara infeksi hingga menunjukkan gejala umumnya antara tujuh dan 14 hari, tetapi kisaran yang lebih besar adalah antara lima hingga 21 hari, kata CDC. Setelah terinfeksi, pasien akan sakit selama dua hingga empat minggu.

3 dari 3 halaman

Bagaimana penyakit itu menyebar

Cacar monyet menyebar ketika manusia melakukan kontak dengan manusia, hewan, atau bahan lain yang terinfeksi virus itu, kata CDC. Manusia dapat terkena cacar monyet dengan digigit atau dicakar oleh hewan yang terinfeksi, bersentuhan dengan cairan atau kotoran tubuh hewan yang terinfeksi, atau dengan mengonsumsi daging yang kurang matang. 

Ketika ditransfer dari manusia ke manusia itu melalui tetesan pernapasan besar, yang memerlukan kontak tatap muka yang diperpanjang, serta kontak langsung dengan cairan tubuh atau lesi.

Dengan meningkatnya jumlah kasus, para peneliti bekerja untuk mempelajari lebih lanjut tentang tingkat penularan ini. Menurut The New York Times, para peneliti dan ahli epidemiologi percaya kebangkitan ini bisa disebabkan oleh meningkatnya kontak dengan hewan, yang terkait dengan urbanisasi dan penggundulan hutan. 

Selain itu, orang-orang bepergian lebih banyak daripada yang mereka lakukan pada puncak pandemi COVID, dan juga bepergian ke berbagai belahan dunia. Untuk memberikan sedikit kenyamanan, para ahli mengatakan bahwa mereka belum memiliki bukti bahwa virus cacar monyet telah "berevolusi atau menjadi lebih menular," catatan The New York Times.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.