4 Manfaat yang Akan Anda Dapatkan Jika Mandi Air Dingin Setiap Hari

Oleh Camelia pada 29 Mei 2022, 16:10 WIB
Diperbarui 29 Mei 2022, 16:10 WIB
ilustrasi mandi
Perbesar
ilustrasi mandi (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Meskipun tidak ada yang terdengar semenarik mandi air hangat yang menenangkan setelah hari yang sibuk, mandi air dingin sebenarnya jauh lebih baik untuk Anda.

Manfaat air dingin bagi kesehatan dan kecantikan Anda jauh melampaui panggilan bangun tidur di pagi hari. Dan, faktanya, ini bahkan dapat membantu Anda lebih cepat masuk ke dalam skinny jeans Anda. Dilansir dari Brightside, berikut ini deretan manfaat yang akan didapat jika Anda rutin mandi air dingin setiap hari. 

1. Dapat bermanfaat bagi berbagai bagian tubuh Anda

Selain membangunkan Anda di pagi hari dan membantu Anda merasa segar, mandi air dingin merangsang saraf vagus Anda. Saraf ini mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh Anda, termasuk usus, jantung, kantong empedu, dan organ kesuburan. Mandi air dingin dapat sangat bermanfaat bagi ginjal Anda karena air dingin mengurangi kadar asam urat, membantu ginjal Anda mengatasi beban racun dengan lebih mudah.

2. Dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak

Meskipun kebanyakan orang terbiasa mandi air hangat atau mandi sebelum tidur, mandi dengan air dingin sebenarnya bisa sama efektifnya. Air dingin menurunkan kadar hormon stres Anda, membantu Anda rileks dan tertidur lebih cepat. Mandi air dingin juga dapat meningkatkan suasana hati Anda dan meningkatkan hormon perasaan baik Anda dan mencegah insomnia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 


Membuat rambut Anda berkilau

Doa Mandi Wajib Setelah Haid
Perbesar
Doa Mandi Wajib Setelah Haid (sumber: pixabay)

3. Membuat rambut Anda berkilau

Jika Anda ingin rambut Anda lebat dan sehat, menghabiskan banyak uang untuk sampo dan kondisioner mahal mungkin tidak cukup. Sesuatu yang sederhana seperti menurunkan suhu air dapat bermanfaat bagi kunci Anda dan membuatnya bersinar alami. 

Tidak seperti air panas, air dingin tidak mengeringkan rambut Anda dan menutup serta memperkuat kutikula rambut. Saat Anda mencuci rambut dengan air yang sedikit dingin, lapisan sebum tetap utuh, dan rambut Anda membutuhkan penghalang yang dilumasi secara alami ini agar tetap terhidrasi.

 

4. Dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Jika Anda pernah mencoba menurunkan berat badan, Anda tahu betapa melelahkannya itu. Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk menurunkan berat badan, dan mandi air dingin adalah salah satunya. Ketika Anda mengekspos tubuh Anda ke kondisi dingin, itu mengaktifkan sel-sel lemak coklat yang pada gilirannya menghasilkan panas dan membantu Anda membakar kalori lebih cepat.


Berapa Banyak Handuk yang Dibutuhkan per Orang di Rumah, Ini Kata Ahlinya

Ilustrasi Handuk
Perbesar
Ilustrasi handuk (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Berapa handuk yang Anda miliki di rumah? Handuk itu kebutuhan pokok di rumah tangga. Dan, kebersihan handuk juga penting untuk mendukung kesehatan Anda.

Sejumlah ahli mengungkap jumlah handuk yang sebaiknya per orang miliki di rumahnya.

Dikutip The Spruce, Kelly Zies, manajer pemasaran dan hubungan masyarakat di Slowtide, mengatakan, sebenarnya tidak ada angka pasti yang benar atau salah. Sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Namun Zies menyarankan untuk mencuci handuk mandi, wajah, dan tangan setidaknya sekali seminggu.

"Aturan praktis yang berguna adalah memiliki dua set (masing-masing). Sehingga Anda selalu memiliki handuk untuk digunakan selama dicuci," katanya. 

Berbeda dengan ahli lainnya, yang menyarankan memiliki handuk lebih banyak jumlahnya untuk per orang.

"Kami menyarankan empat handuk mandi (dua digunakan dan dua untuk dicuci) dilengkapi dengan dua handuk tangan, dan dua kain lap --- sempurna untuk satu orang dewasa," kata direktur kreatif dan salah satu pendiri merek handuk Weezie, Liz Eichholz.

Jenis handuk yang Anda perlu simpan di lemari juga bervariasi dari satu anggota keluarga ke anggota keluarga lainnya, tergantung pada kebutuhan spesifik.

"Untuk anak kecil, Anda bisa menyiapkan handuk bagus dengan tudung yang membantu mengeringkan rambut mereka," catat penyelenggara profesional di More To Organising, Kathryn Lord, yang berfokus pada pengembangan kemandirian anak-anak di rumah. 

"Untuk siapa pun dengan rambut panjang, saya sarankan memiliki handuk rambut serta handuk tubuh," Kathryn menambahkan.

Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas
Perbesar
Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya