Sukses

Beda dengan Covid-19, CDC Ungkap Cacar Monyet Tak Mudah Menyebar Lewat Udara

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) meredam kecemasan publik dengan memberikan penjelasan tentang bagaimana virus cacar monyet ditularkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) meredam kecemasan publik dengan memberikan penjelasan tentang bagaimana virus cacar monyet ditularkan. CDC menekankan bahwa cacar monyet tidak menyebar dengan mudah melalui udara karena memerlukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Cacar monyet terutama menyebar melalui kontak fisik yang berkelanjutan seperti sentuhan kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki ruam aktif, kata pejabat CDC minggu ini. 

Virus juga dapat menyebar melalui kontak dengan bahan yang memiliki virus di atasnya seperti tempat tidur dan pakaian bersama. Tapi itu bisa menyebar melalui tetesan pernapasan juga, meski tidak semudah Covid-19, kata mereka.

Seorang pasien cacar monyet dengan lesi di tenggorokan atau mulutnya dapat menyebarkan virus melalui tetesan pernapasan jika mereka berada di sekitar orang lain untuk waktu yang lama. Namun, virus tidak menyebar dengan mudah seperti itu, menurut Dr. Jennifer McQuiston, seorang pejabat CDC.

"Ini bukan Covid-19," kata McQuiston kepada wartawan melalui telepon Senin (23/5/2022). “Penyebaran lewat pernapasan bukanlah kekhawatiran utama. Ini adalah kontak intim dalam situasi dan populasi wabah saat ini,” ujarnya dilansir CNBC.

Misalnya, sembilan orang dengan monkeypox melakukan penerbangan panjang dari Nigeria ke negara lain tanpa menginfeksi orang lain di pesawat, menurut McQuiston.

"Ini bukan situasi di mana jika Anda melewati seseorang di toko kelontong, mereka akan berisiko terkena cacar monyet," katanya.

Lesi yang menjadi ciri cacar monyet adalah sumber penyebaran virus, dan orang-orang paling menular ketika lesi ini muncul di kulit, menurut Dr. John Brooks, ahli epidemiologi medis di divisi CDC untuk pencegahan AIDS.

Namun, Brooks mengatakan penyedia layanan kesehatan garis depan harus menggunakan tindakan pencegahan standar untuk penyakit menular ketika merawat pasien cacar monyet, termasuk mengenakan masker respirator N95, sarung tangan, dan baju pelindung jika kontak dengan pasien sangat dekat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala cacar monyet

AS telah mengkonfirmasi satu kasus cacar monyet di Massachusetts dan empat dugaan kasus di New York City, Florida, dan Utah yang memerlukan analisis lebih lanjut.

CDC mengurutkan virus dari pasien Massachusetts dalam waktu 48 jam dan menemukan kecocokan pasien di Portugal, kata McQuiston. Kemungkinan kasus tambahan akan dilaporkan dalam beberapa hari mendatang, katanya.

Kasus cacar monyet baru-baru ini di AS dan di seluruh dunia telah diidentifikasi sebagai jenis virus Afrika Barat, bentuk virus yang lebih ringan. Monkeypox berada dalam keluarga yang sama dengan cacar, tetapi tidak separah itu. Kebanyakan orang yang terinfeksi jenis cacar monyet ini sembuh dalam dua sampai empat minggu tanpa pengobatan khusus, kata McQuiston.

Cacar monyet biasanya dimulai dengan gejala yang mirip dengan flu termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit ini kemudian berkembang menjadi ruam yang dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh termasuk wajah, mata, tangan, kaki, mulut atau alat kelamin.

Ruam ini berubah menjadi benjolan yang menjadi lecet. Namun, ruam muncul pertama kali dalam beberapa kasus baru-baru ini.

3 dari 4 halaman

Biasa ditemukan di hutan hujan Afrika Barat dan Tengah

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi sekitar 200 kasus yang dikonfirmasi atau dicurigai di setidaknya belasan negara. Wabah baru-baru ini tidak biasa karena terjadi di negara-negara Amerika Utara dan Eropa di mana virus tidak endemik, seperti di Afrika. Cacar monyet biasanya ditemukan di hutan hujan Afrika Barat dan Tengah, rumah bagi hewan yang membawa virus hidup.

WHO mengatakan minggu ini virus ini tampaknya menyebar di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Brooks, pejabat CDC, memperingatkan pria gay dan biseksual tentang potensi risiko, meskipun ia menekankan bahwa siapapun dapat tertular virus terlepas dari orientasi seksualnya.

Brooks mengatakan cacar monyet bukanlah penyakit menular seksual, yang umumnya menyebar melalui air mani dan cairan vagina. Penting bagi dokter dan individu untuk mengetahui bahwa beberapa pasien saat ini memiliki lesi dubur atau genital yang dapat dikacaukan dengan penyakit menular seksual seperti herpes atau sifilis selain cacar air, Brooks menambahkan.

“Setiap orang yang mengalami ruam atau luka di sekitar atau mengenai alat kelamin, anus, atau tempat lain yang belum pernah dilihat sebelumnya, harus dievaluasi secara menyeluruh, baik ruam tersebut tetapi terutama infeksi menular seksual dan penyakit lain yang dapat menyebabkan ruam," dia berkata.

4 dari 4 halaman

Sudah ada vaksinnya

CDC berencana untuk meningkatkan pesan kesehatan masyarakatnya menjelang Bulan Kebanggaan LGBTQ, yang dimulai pada bulan Juni, sehingga orang-orang di komunitas mengetahui situasinya, kata Brooks.

Wabah cacar monyet baru-baru ini di beberapa negara juga berbeda dengan Covid-19 karena sudah ada vaksin yang disetujui secara federal yang efektif dalam mencegah cacar monyet. 

AS memiliki persediaan 100 juta dosis vaksin cacar generasi tua yang disebut ACAM2000, yang dapat digunakan untuk melindungi dari cacar monyet, meskipun dapat memiliki efek samping yang signifikan dan setiap keputusan untuk mendistribusikannya secara luas akan memerlukan diskusi serius, kata McQuiston.

Ada vaksin lain, Jynneos, yang menargetkan cacar dan cacar monyet dan tidak memiliki risiko efek samping yang signifikan yang sama. Ini diberikan dalam dua dosis untuk orang berusia 18 tahun ke atas yang berisiko tinggi terkena cacar atau cacar monyet.

Namun, AS hanya memiliki 1.000 dosis vaksin yang tersedia, meskipun pembuat obat Bavarian Nordic akan mulai meningkatkan produksinya dalam beberapa minggu mendatang, kata McQuiston.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.