Sukses

Studi Terbaru Klaim Vaksin Berikan Perlindungan Terhadap Gejala Long Covid

Vaksin Covid-19 dikatakan mampu menawarkan perlindungan terhadap Long Covid, menurut penelitian yang diterbitkan Rabu (25/5/2022) di jurnal Nature Medicine.

Liputan6.com, Jakarta Vaksin Covid-19 dikatakan mampu mencegah rawat inap dan kematian, menawarkan sedikit perlindungan terhadap Long Covid, menurut penelitian yang diterbitkan Rabu (25/5/2022) di jurnal Nature Medicine.

Temuan ini tidak mengejutkan, bagi para peneliti yang pernah berharap bahwa vaksinasi dapat secara signifikan mengurangi risiko Covid-19. Dibandingkan dengan individu yang tidak divaksinasi, risiko Long Covid pada individu yang divaksinasi lengkap hanya berkurang sekitar 15 persen, studi tersebut menemukan.

“Vaksin itu ajaib dalam melakukan apa yang dirancang untuk mereka lakukan yaitu, mencegah rawat inap dan kematian,” kata Dr. Ziyad Al-Aly, ahli epidemiologi klinis di Universitas Washington di St. Louis dan penulis utama studi tersebut dilansir dari NBC News.

“Tetapi mereka menawarkan perlindungan yang sangat sederhana terhadap Long Covid,” tambahnya.

Vaksin Covid-19 dikembangkan sejak awal pandemi, jauh sebelum dokter, ilmuwan, dan pasien mengetahui keberadaan Covid sejak lama. Mereka tidak pernah dirancang untuk melindunginya, kata Al-Aly, yang juga kepala penelitian di V.A. Sistem Perawatan Kesehatan St. Louis. “Kita perlu meninjau kembali mereka sekarang karena kita tahu bahwa virus juga dapat menghasilkan konsekuensi jangka panjang.”

Dr. Greg Vanichkachorn, direktur Program Rehabilitasi Aktivitas Covid Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, yang tidak terlibat dalam penelitian baru ini, mengatakan bahwa hasilnya tidak terlalu mengejutkan.

“Kita tahu bahwa mayoritas orang dengan long covid tidak mengalami infeksi yang parah,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi mengurangi risiko gejala berat

Studi ini melihat data perawatan kesehatan nasional dari Departemen Urusan Veteran AS dan memasukkan catatan medis dari hampir 34.000 orang yang divaksinasi yang mengalami terobosan infeksi Covid-19 dan lebih dari 113.000 yang tidak divaksinasi saat terinfeksi Covid-19 dari Januari 2021 hingga Oktober 2021 divaksinasi lengkap jika mereka telah menerima dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna atau satu dosis vaksin Johnson & Johnson.

Para peneliti menindaklanjuti enam bulan pasca infeksi untuk melihat apakah pasien memiliki gejala yang menetap. Sementara perlindungan terhadap long covid secara umum relatif kecil, vaksin lebih efektif dalam mencegah beberapa gejala Covid-19 yang paling mengancam jiwa. 

Vaksinasi mengurangi risiko gangguan paru-paru hampir 50 persen dan gangguan pembekuan darah hingga 56 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak divaksinasi.

Al-Aly mencatat bahwa kasus terobosan tidak berarti seseorang akan mengembangkan long covid hanya sekitar 10 persen dari kasus terobosan yang akan mengakibatkan kondisi tersebut tetapi dengan begitu banyak orang yang terinfeksi, ini masih berarti sejumlah besar orang.

3 dari 3 halaman

Memberikan perlindungan terhadap long covid

Data tidak menunjukkan apakah seseorang disuntik booster, tetapi Al-Aly mengatakan dia tidak mengharapkan peningkatan untuk membuat perbedaan besar dalam hal vaksin yang melindungi terhadap long covid atau varian seperti omicron. Vanichkachorn setuju. 

"Sayangnya, saya tidak berpikir booster akan banyak membantu mencegah Covid dengan vaksin," katanya. “Kami memiliki banyak pasien dengan infeksi terobosan yang divaksinasi sebanyak mungkin. Kami juga belum melihat banyak perbedaan antara varian dengan gejala long covid.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.