Konsumsi 13 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma dan Sel Telur

Oleh Putri Annisa pada 28 Mei 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 28 Mei 2022, 14:03 WIB
ilustrasi hubungan intim
Perbesar
Ilustrasi pasangan suami istri di tempat tidur/copyright freepik.com/lookstudio

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara yang dapat dilakukan saat Anda dan pasangan berencana memiliki keturunan. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas sperma dan sel telur. Sperma yang sehat tidak hanya menunjukkan kesehatan organ reproduksi pria, tetapi juga dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan pada pasangan.

Untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan pada pasangan, sperma harus dalam keadaan sehat dan berkualitas agar proses pembuahan sel telur dapat berjalan lancar. Jumlah sperma yang banyak akan meningkatkan potensi kehamilan. Kualitas sperma akan sangat berkaitan dengan gaya hidup dan kesehatan Anda. Sperma dapat dikatakan tidak normal jika mengalami beberapa kondisi. Salah satunya dengan jumlah sperma yang sedikit atau kurang dari 20 juta per mililiter.

Namun Anda tidak perlu khawatir, pasalnya ada beragam cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kualitas sperma dan sel telur. Salah satunya dengan menjaga pola makan serta mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

Selain sayur dan buah-buahan, Anda juga disarankan untuk rajin mengonsumsi protein dan biji-bijian. Berikut ini Liputan6.com ulas 13 makanan yang penting dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma dan sel telur yang dirangkum dari berbagai sumber:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Kacang dan Biji

Ilustrasi Pistachio
Perbesar
Ilustrasi pistachio (dok. Unsplash.com/@joannakosinska)

Pistachio

Pistachio merupakan sejenis tanaman penghasil biji-bijian yang dikenal sebagai kacang pistachio yang biasanya tumbuh di daerah Iran, Turkmenistan, dan Azerbaijan Barat. Pistachio merupakan camilan yang mempunyai banyak manfaat dan paling mudah dibawa bepergian. Dilansir dari Healthline, pistachio memiliki banyak nutrisi, seperti kalori 159, karbohidrat 8 gram, serat 3 gram, protein 6 gram, lemak 13 gram (90% adalah lemak tak jenuh), gula 2.17 gram, magnesium 34 miligram, fosfor 139 miligram, potassium 6% dari Reference Daily Intake (RDI), Vitamin B6 28% dari RDI, Tiamin 21% dari RDI, Tembaga 41% dari RDI, dan Mangan 15% dari RDI.

Pistachio dipercaya dapat meningkatkan kualitas sel telur dan motilitas sperma. Selain itu, pistachio juga dapat meningkatkan fungsi seksual yang berguna sebagai afrodisiak bagi para Ayah.

Gandum

Nutrisi yang terdapat dalam gandum dapat memberi efek positif pada gula darah dan tingkat insulin dalam tubuh. Jika insulin berfungsi dengan baik, maka kadar hormonnya akan tetap seimbang dan membantu meningkatkan kesuburan, serta berperan dalam mengatur jumlah dan kualitas sperma.

 


Wijen

Ilustrasi resep masakan, wijen
Perbesar
Ilustrasi resep masakan, wijen. (Photo by dabok2014 on Pixabay)

Biji wijen bermanfaat untuk menjaga kesuburan dengan membantu proses pembentukan sel telur para wanita. Wijen juga disebut dapat membantu menstimulasi aliran darah ke organ seksual pria untuk meningkatkan kinerja seksual.

Kacang Tanah

Kacang tanah adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari dataran Amerika Selatan. Jenis kacang yang satu ini tumbuh di dalam tanah dan termasuk dalam kelompok leguminosa. Ini berarti kacang tanah lebih mirip dengan kacang lentil, kacang polong, serta kacang kedelai. Leguminosa seperti kacang tanah terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Bahan pangan ini juga padat kalori karena mengandung lemak nabati yang bermanfaat bagi kesehatan.

Mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram perhari dapat meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu, kacang tanah juga dapat melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas, serta memberikan stamina lebih pada pria.


Sayur

mencuci buah dan sayur
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/spass

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis. Hingga kini, sayuran ini terkenal sebagai sumber makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi, terutama vitamin dan mineral. Brokoli disebut dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ intim, membantu menjaga struktur dan kualitas sel sperma.

Diketahui, brokoli juga mengandung berbagai nutrisi bagi ibu hamil, terutama asam folat yang mencegah terjadinya cacat pada bayi baru lahir.

Bayam

Mengonsumsi bayam secara rutin setiap hari akan membantu dalam meningkatkan ovulasi dan menghasilkan kualitas sperma yang baik. Bayam dikenal sebagai sayuran yang rendah kalori dan kaya serat, serta mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, B, C, E, magnesium, zat besi, kalsium, dan asam folat.

Kembang Kol

Kembang kol dipercaya dapat membantu untuk menormalkan kadar estrogen. Pasalnya, kadar estrogen dalam jumlah yang banyak ternyata dapat memengaruhi kesuburan dan menghambat kehamilan.

 


Buah

Gambar Ilustrasi Stroberi
Perbesar
Sumber : Freepik

Stroberi

Buah stroberi dapat membantu meningkatkan produksi sperma dan libido pada pria. Selain itu, juga dapat membantu sel telur berkembang dengan sehat pada wanita.

Pisang

Pisang dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ternyata, pisang juga bermanfaat untuk melancarkan siklus menstruasi. Apabila siklus mens tidak teratur, tentunya risiko mengalami ketidaksuburan rahim menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan yang siklus haidnya lancar.

Alpukat

Alpukat dapat membantu mengurangi risiko gangguan ovulasi pada wanita dan dipercaya dapat meningkatkan produksi sperma. Selain itu, alpukat dapat menjaga stamina dan mood untuk meningkatkan kualitas saat berhubungan.


Protein

Ikan Tuna
Perbesar
Ilustrasi Hidangan Ikan Tuna Credit: pexels.com/Malidate

Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang banyak dijumpai di perairan Indonesia. Tuna dikenal dengan kandungan lemak, protein, dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Jenis ikan ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan kualita ssperma.

Salmon

Mengonsumsi ikan salmon baik untuk morfologi sperma para pria, serta membantu mengatur kinerja hormon dalam tubuh dan sistem ovulasi pada wanita.

Makarel

Ikan makarel memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh manusia. Selain itu, makarel dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi.

 

 

Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya