10 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Makan Tomat Setiap Hari

Oleh Yulia Lisnawati pada 22 Mei 2022, 16:16 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 16:23 WIB
Tomat
Perbesar
Ilustrasi Tomat Credit: pexels.com/Jess

Liputan6.com, Jakarta - Tomat menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu. Selain untuk masakan, tomat juga bisa dijadikan camilan dan dikonsumi secara mentah.

Buah merah ini ternyata dikemas dengan berbagai manfaat kesehatan. Kulit, biji dan daging tomat bisa digunakan untuk dikonsumsi karena banyaknya manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Tomat dikaitkan dengan senyawa yang disebut likopen, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebenarnya, setiap sayuran atau buah merah mengandung sedikit likopen—zat yang memberi mereka warna merah cerah.

Tapi tomat mengandung lebih banyak likopen daripada sayuran lainnya, dengan satu tomat berukuran sedang mengandung sekitar 2-3 gram. Menariknya, jus tomat mengandung lebih banyak likopen daripada tomat mentah.

Nah, penasaran apa saja manfaat tomat bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Minggu (22/5/2022).

1. Tomat bisa melindungi kulitmu

Menurut penelitian, tomat bisa membantu dalam perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya dan menurunkan risiko terbakar sinar matahari.

Para peneliti percaya bahwa ini karena tingginya konsentrasi karotenoid, yang merupakan komponen likopen.

Namun, para ilmuwan juga menunjukkan bahwa kita tidak bisa mengganti tabir surya hanya dengan mengonsumsi tomat. Selain manfaat kesehatan ini, beberapa bukti menunjukkan bahwa tomat memiliki sifat anti-penuaan.

2. Baik untuk jantungmu

Likopen adalah antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dalam tubuhmu dari oksidasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi likopen memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Likopen juga bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol “jahat,” serta tekanan darahmu. Akibatnya, peluang Anda terkena penyakit jantung juga bisa berkurang.

Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan nutrisi lain, seperti vitamin B, E dan flavonoid yang bisa meningkatkan kesehatan jantungmu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Meningkatkan penglihatanmu

Mengatasi Mata Panda
Perbesar
Ilustrasi Bebas Kantung Mata yang Menghitam Credit: pexels.com/pixabay

Selain likopen, tomat mengandung beberapa nutrisi lain, seperti lutein dan beta-karoten, yang semuanya baik untuk matamu.

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ini melindungimata dari penyakit, seperti katarak, sekaligus mendukung kesehatan penglihatan Anda secara keseluruhan.

Tomat juga mengandung zat, khusunya zeaxanthin dan lutein, yang bermanfaat dalam melindungi penglihatan Anda dari cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat digital seperti smartphone. Mereka juga berperan dalam mengurangi sakit kepala karena kelelahan mata.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu

Dengan memasok tubuhmu dengan likopen, yang bertindak sebagai antioksidan, Anda bisa mengurangi molekul yang disebut radikal bebas yang bisa merusak sel-selmu dan melemahkan sistem kekebalanmu.

Itu sebabnya makanan yang kaya zat ini, seperti tomat, bisa mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat, atau perut.

5. Memperkuat tulang

Tomat bisa meningkatkan kesehatan tulangmu. Mereka adalah sumber zat penguat tulang yang baik seperti vitamin K dan kalsium yang tidak hanya bisa menjaga tulangmu dalam kondisi yang baik, tapi juga membantu memperbaiki jaringan tulang.

Selain itu, terlepas dari mitos bahwa tomat bisa memperburuk osteoarthritis, tidak ada bukti yang mendukung klaim ini.


6. Meningkatkan mood

ilustrasi senang
Perbesar
ilustrasi senang (Sumber: Unsplash) / Brooke Cagle

Sebagian besar makanan sehat, termasuk tomat, kaya akan mineral, sepeti tembaga, seng dan mangan. Di antara manfaat kesehatan lainnya, mereka bisa secara positif memengaruhi fungsi otak dan suasana hatimu.

Jadi, jika Anda merasa biru atau hanya lelah, Anda bisa mengandalkan mineral untuk meningkatkan mood Anda.

7. Bagus untuk menurunkan berat badan

Tomat bisa membantumu menurunkan berat badan. Mereka membuat camilan rendah karbohidrat yang bagus untuk orang yang sedang berdiet karena mengandung banyak serat dan air, yang bisa membuatmu merasa lebih kenyang.

Tomat juga bisa menjaga keseimbangan gula darahmu, yang merupakan kunci penurunan berat badan. Mereka juga mengandung kromium, yang membantu mengatur kadar gula darahmu.

8. Baik untuk paru-paru

Sifat antioksidan likopen bisa membantu menjaga kadar radikal bebas, melindungi tubuhmu dari masalah pernapasan.

Tomat mengadung beta-karoten yang dikenal bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Terlebih lagi, itu bisa memperlambat penuaan paru-paru.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan tomat bisa memulihkan kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh merokok.


9. Baik untuk rambut

Menguatkan Rambut dan Menyehatkan Kulit Kepala
Perbesar
Ilustrasi Rambut Sehat Terawat Credit: pexels.com/Pingo

Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi hanya sekitar 4-5 tomat sehari bisa membuat rambutmu terlihat lebih sehat.

Sayuran serbaguna ini kaya akan vitamin A, yang bisa membuat rambutmu kuat dan berkilau. Sayangnya, tomat tidak memiliki kekuatan super untuk membuat rambut yang menipis menjadi lebih bervolume, tapi tomat bisa memperbaiki kondisi rambut yang ada.

10. Meningkatkan kesehatan mulut

Penelitian telah menunjukkan bahwa likopen bisa membantu penyakit gusi, radang gusi dan periontitis dengan memerangi radikal bebas. Namun, Anda harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi banyak tomat mentah.

Berkat keasaman yang tinggi di dalamnya, mereka bisa merusak enamel pada gigimu, dan menyikat segera setelahnya bisa memperburuknya. Sebaiknya tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat, atau cukup berkumur setelah makan tomat.

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya