7 Benda yang Bisa Kita Gunakan Kembali Daripada Membuangnya

Oleh Camelia pada 23 Mei 2022, 09:04 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 09:04 WIB
Ilustrasi tisu toilet
Perbesar
Ilustrasi tisu toilet (pixabay.com/Filmbetrachter)

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari dua miliar ton sampah diproduksi di seluruh dunia dalam satu tahun. Dari jumlah tersebut setidaknya 33% tidak dikelola dengan cara yang aman bagi lingkungan dan 91% plastik di tempat sampah ini tidak didaur ulang sama sekali. 

Tidak banyak orang yang mengetahui kegunaan tersembunyi dari barang-barang yang cenderung kita buang. Untungnya, kita dapat memberikan kehidupan kedua untuk sampah kita dan menggunakannya untuk keuntungan kita demi membantu bumi kita.

Dilansir dari Brightside, Minggu (22/5/2022), berikut ini deretan benda yang bisa kita manfaatkan kembali usai digunakan tanpa harus membuangnya.

1. Kulit pisang

Kulit pisang menjadi pupuk yang sempurna untuk tanaman. Mereka kaya akan vitamin dan ramah lingkungan pada saat bersamaan. Anda bisa mengeringkannya dan membuat bubuk nanti atau membuat air kulit pisang.

Namun, kulit pisang tidak hanya bermanfaat bagi tanaman Anda, tetapi juga kulit Anda. Jika Anda memiliki bekas jerawat, gosokkan saja bagian dalam kulitnya ke wajah Anda. Sifat penyembuhan kulit pisang secara bertahap akan mengurangi peradangan pada kulit.

2. Gulungan kertas toilet bekas

Ada beberapa cara Anda dapat mengonversi gulungan kertas toilet yang tampaknya tidak berguna. Mereka bisa berperan sebagai tempat penyimpanan alat tulis.

Selain itu, Anda bahkan dapat menjualnya karena banyak orang yang menggunakannya untuk DIY. Bagi Anda yang memiliki anak, membungkus potongan kapur di gulungan kertas toilet akan mencegah tangan anak Anda kotor.

3. Tempat telur

Tempat telur dapat digunakan sebagai wadah untuk memulai benih. Jangan lupa untuk membuat drainase di setiap pot penampung telur. Anda juga dapat menggunakannya untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kancing, pita, atau klip kertas di satu tempat.

Tempat telur bahkan bisa digunakan untuk kedap suara ruangan Anda. Meskipun mungkin tidak super efektif, itu masih bisa mengurangi gema.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Selanjutnya

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah
Perbesar
Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah (Sumber: Pixabay)

4. Botol pil

Anda dapat menghindari kesulitan mengurai earphone kabel jika Anda menyimpannya dalam botol pil. Selain itu, Anda dapat mengisi botol dengan kacang kecil atau lonceng dan mengubahnya menjadi mainan untuk kucing Anda. Mereka juga bagus untuk menyimpan kunci. 

5. Kulit telur

Jika Anda memelihara ayam, Anda bisa memberi makan kulit telur ke ayam Anda. Jangan khawatir jika kedengarannya aneh, ayam sebenarnya memakan telurnya sendiri di alam karena mengandung kalsium.

Anda juga bisa menaburkan kulit telur giling untuk mengusir siput dan serangga lain dari kebun Anda. Selain itu, kulit telur yang dihancurkan dapat berfungsi sebagai abrasif alami dan tidak beracun.

6. Koran bekas

Koran lebih baik dalam membersihkan jendela karena tidak meninggalkan goresan atau noda di jendela. Koran juga dapat digunakan sebagai pengganti bubble wrap, ini adalah versi yang lebih murah tetapi masih dapat memberikan bantalan. Koran bekas juga bisa menjadi penjaga bentuk yang hebat bagi sepatu dan tas Anda. 

7. Kantong teh

Meskipun mereka lebih terkenal karena kemampuannya untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata Anda, ada beberapa kegunaan dari kantong teh lainnya. Cobalah untuk masukkan teh celup di bak mandi saat Anda mandi.

Chamomile, melati, atau lavender sangat bagus untuk kulit. Kantong teh juga bisa menghilangkan bau bawang dengan baik, cukup gosokkan kantong teh bekas yang sudah kering ke tangan Anda yang bau bawang.

Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya