Sukses

Korea Utara Lawan Covid-19 dengan Obat Tradisional

Pemerintah Korut telah merekomendasikan berbagai pengobatan tradisional untuk mengatasi gejala Covid-19 kepada penduduknya.

Liputan6.com, Jakarta Korea Utara saat ini sedang bergulat dengan penyebaran Covid-19 pada populasi yang tidak divaksinasi, tanpa akses ke obat anti-virus yang efektif. Pada awal 2020, negara itu menutup perbatasannya untuk mencoba melindungi diri dari pandemi. Kepemimpinannya sejauh ini menolak dukungan medis dari luar.

Dilansir dari BBC, media pemerintah Korut telah merekomendasikan berbagai pengobatan tradisional untuk mengatasi gejala Covid-19 seperti demam. Bagi mereka yang tidak sakit parah, surat kabar partai penguasa Rodong Sinmun merekomendasikan pengobatan tradisional seperti teh jahe atau honeysuckle dan minuman daun willow.

Minuman panas dapat meredakan beberapa gejala Covid-19, seperti sakit tenggorokan atau batuk, dan membantu hidrasi saat pasien kehilangan lebih banyak cairan dari biasanya.

Jahe dan daun willow juga dapat meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Tapi tentu saja mereka bukan pengobatan untuk virus itu sendiri. Media pemerintah Korut juga merekomendasikan penderita Covid-19 untuk berkumur dengan air garam pagi dan malam. Ribuan ton garam pun telah dikirim ke Pyongyang untuk membuat solusi antiseptik, lapor kantor berita negara.

Beberapa penelitian menunjukkan berkumur dengan air garam memerangi virus yang menyebabkan flu. Tetapi ada sedikit bukti bahwa mereka memperlambat penyebaran Covid-19. Obat kumur bisa membunuh virus di laboratorium, sebuah penelitian menemukan. Tapi itu belum secara meyakinkan terbukti membantu pada manusia.

Covid-19 terutama menginfeksi orang lewat droplet di udara yang masuk melalui hidung dan juga mulut, sehingga berkumur hanya mengatasi satu titik masuknya virus. Dan begitu virus masuk, ia bereplikasi dan menyebar jauh ke dalam organ, di mana tidak ada jumlah kumur yang bisa dijangkau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antibiotik

Sementara itu televisi pemerintah telah menyarankan pasien untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen serta amoksisilin dan antibiotik lainnya. Ibuprofen (dan parasetamol) dapat menurunkan suhu dan meredakan gejala seperti sakit kepala atau sakit tenggorokan. Tetapi mereka tidak akan membersihkan virus atau mencegahnya berkembang.

Antibiotik, dimaksudkan untuk infeksi bakteri bukan virus, tidak dianjurkan. Dan penggunaan antibiotik yang tidak perlu berisiko mengembangkan serangga yang resisten.

Penelitian laboratorium menunjukkan beberapa dapat memperlambat penyebaran beberapa virus, termasuk Covid-19. Tapi ini belum direplikasi di dunia nyata. Dan sebuah studi tentang antibiotik azitromisin menemukan bahwa itu membuat sedikit atau tidak ada perbedaan pada gejala Covid, kemungkinan masuk rumah sakit atau kematian.

Ada beberapa obat yang disetujui untuk mencegah orang dengan Covid berakhir di rumah sakit antivirus paxlovid, molnupiravir dan remdesivir, terapi antibodi yang meniru sistem kekebalan tubuh tetapi efektivitasnya bervariasi.

3 dari 4 halaman

Sistem kesehatan

Sistem kesehatan Korea Utara telah dibentuk untuk menawarkan perawatan medis gratis dari layanan dasar di tingkat desa hingga perawatan khusus di rumah sakit pemerintah (biasanya di pusat kota).

Tetapi ekonomi telah mengalami kontraksi dalam beberapa tahun terakhir karena sanksi dan cuaca ekstrem seperti kekeringan. Menutup perbatasan negara dan tindakan penguncian yang ketat juga akan berdampak buruk bagi Korea Utara. Terutama lemah di luar Pyongyang, sistem kesehatan diperkirakan mengalami kekurangan personel, obat-obatan dan peralatan.

Sebuah laporan untuk PBB, tahun lalu mengatakan, “Beberapa pabrik farmasi, vaksinasi, dan peralatan medis tidak mencapai tingkat praktik yang baik dari WHO [Organisasi Kesehatan Dunia] dan juga tidak memenuhi permintaan lokal."

Banyak pembelot Korea Utara ke Korea Selatan telah diberitahu harus membayar untuk pengobatan atau mencari pengobatan dan obat-obatan terbatas pada anggota istimewa dari partai yang berkuasa. Tetapi media pemerintah mengatakan sekarang produksinya meningkat.

4 dari 4 halaman

Bantuan internasional

Korea Utara menolak tiga juta dosis buatan China, tahun lalu dan dilaporkan menolak tawaran lain di bawah Covax, skema pembagian vaksin global. Korea Selatan mengatakan tidak memiliki jawaban atas tawaran vaksin, pasokan medis, dan personelnya. Korea Utara dilaporkan baru-baru ini mengirim tiga pesawat untuk mengumpulkan pasokan medis dari Shenyang. Ini belum termasuk pasokan anti-pandemi, kata kementerian luar negeri China, tetapi siap bekerja dengan Korea Utara dalam perang melawan virus corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.