Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling

Oleh Putri Annisa pada 23 Mei 2022, 10:05 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 10:05 WIB
Kelezatan Mie Aceh, Bisa Bikin Lupa Diri
Perbesar
Mie akan disajikan saat masih panas. Ketika Mie menyentuh lidah, dijamin anda akan lupa diri

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda yang hobi traveling, pasti tidak pernah melewatkan agenda wisata kuliner. Mencicipi kuliner khas daerah yang dikunjungi menjadi salah satu hal menarik yang bisa Anda jajal saat berlibur.

Selain memanjakan lidah, mencicipi santapan khas sebuah tempat bisa membuka wawasan Anda lebih luas tentang ciri khas suatu daerah, termasuk nusantara.

Selain nasi dan berbagai camilan menarik, mie menjadi daya tarik tersendiri buat para pelancong yang berwisata kuliner. Ya, olahan mie memang pantas disebut sebagai comfort food karena rasanya yang lezat dan cocok disantap di berbagai suasana.

Tak hanya itu, kuliner mie nusantara juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi karena umumnya disajikan dengan pelengkap seperti telur, sayur, ayam, maupun seafood. Kuliner mie nusantara juga banyak macamnya, mulai dari mie goreng hingga yang berkuah. Ada banyak ragam olahan tepung khas nusantara yang rasanya benar‐benar lezat dan wajib Anda coba, berikut ini rangkumannya dari berbagai sumber:

1. Mie Aceh

Mie Aceh terbuat dari mie kuning yang ditumis dengan berbagai rempah. Untuk toppingnya, diberi tambahan udang, cumi, daging sapi, hingga kepiting yang sudah diiris. Biasanya, Mie Aceh juga ditambahkan acar, emping, acar, bawang goreng, dan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Teksturnya kenyal dengan rasa rempah yang kuat dan segar. Ada dua macam jenis yang ada, yakni Mie Aceh goreng dan kuah. Meskipun di Jakarta dan sekitarnya ada banyak restoran yang menjajakan kuliner ini, makan di daerah asalnya terasa lebih nikmat, lho!

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Mie Kocok Bandung

instagram.com/@doyanbakmie
Perbesar
Mie Kocok Bandung

Mie khas dari Kota Bandung ini memakai kuah kaldu daging sapi kental. Menggunakan mi kuning gepeng dan disajikan dengan irisan kikil sapi, tauge, bakso, jeruk nipis, seledri, dan bawang goreng.

Disebut mie kocok karena pada saat memasak minya dimasukkan ke wadah bergagang panjang berlubang. Kemudian dimasukkan ke dalam air panas dan dikocok‐kocok lalu diaduk hingga matang.

3. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa bisa disajikan dalam tiga macam penyajian. Ada yang direbus, digoreng, dan nyemek atau setengah basah. Kamu bisa temui kuliner bakmi Jawa ini di sudut Kota Yogyakarta. Biasanya, bakmi Jawa dilengkapi ayam, kol, tomat, daun bawang, acar, dan bawang goreng. Khusus mi gorengnya akan dibubuhi kecap sebagai penyatu semua bahan yang ada.


4. Mie Celor

Mie celor
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Akhmad Dody Firmansyah

Mie celor khas Palembang ini mendapat julukan sebagai spaghetti ala Indonesia. Sebab, mi yang digunakan adalah mi kuning berukuran besar serta berbentuk lurus panjang seperti spaghetti.

Kuah kentalnya yang gurih didapat dari perpaduan santan, terigu, kuah kaldu udang, dan telur. Sebagai topping, biasanya ditambahkan potongan telur rebus, daging udang, dan bawang goreng.

5. Mie Koba Bangka

Mie Koba memiliki kuah kental berwarna coklat yang diracik dari ikan tenggiri, aneka bumbu, serta gula aren. Bahan itulah yang membuat kuahnya terasa segar, gurih, dan sedikit manis. Mi ini disajikan dengan telur rebus, irisan bawang goreng dan seledri di atasnya.


6. Mie Ongklok

Mie Ongklok khas Wonosobo, salah satu kuliner khas yang menggunakan Mie Cap Tiga Anak, Banyumas. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Mie Ongklok khas Wonosobo, salah satu kuliner khas yang menggunakan Mie Cap Tiga Anak, Banyumas. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Kuliner ini agak sulit ditemukan di daerah selain Wonosobo. Mie ongklok terbuat dari mie kuning dan sayur kol yang sudah direbus, lalu disiram dengan kuah jenang yang terbuat dari tepung kanji. Biasanya, mie ongklok ditaburi dengan daun kucai, bawang goreng, dan irisan cabai. Hidangan ini biasa disantap dengan sate sapi berbumbu kacang, tempe kemul, dan keripik tahu. Kebayang 'kan sedapnya?

7. Mie Lethek

Kuliner ini merupakan khas daerah Bantul, Yogyakarta. Mie lethek bisa disajikan dalam bentuk goreng, rebus, atau dicampur dengan nasi goreng Magelangan. Kuah mi ini berwarna coklat yang terbuat dari campuran gaplek yang terbuat dari tepung singkong dan campuran tapioka. Tambahannya berupa potongan daging ayam dan telur orak‐arik juga irisan daun bawang.

8. Mie Titi Makassar

Mi kuning ini diolah dengan teknik digoreng hingga kering. Kemudian ditambahkan sayuran hijau, bakso goreng, dan potongan ayam di atasnya. Lalu dituang kuah kaldu kental yang rasanya gurih. Mie Titi biasanya dilengkapi jeruk nipis, acar, dan cabai.

Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat
Perbesar
Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya