5 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Mencoba Melupakan Mantan Anda

Oleh Camelia pada 21 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 16:00 WIB
Putus Cinta
Perbesar
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Liputan6.com, Jakarta Rasa sakit yang tak tertahankan dari patah hati adalah salah satu yang membutuhkan banyak waktu untuk sembuh. Namun, jika Anda menemukan bahwa Anda harus move on setelah patah hati yang baru, maka mungkin kenangan tentang mantan Anda yang menghabiskan atau menyusahkan Anda. 

Sayangnya bagi sebagian orang, melupakan mantan kekasih dan move on usai patah hati itu sangat sulit. Namun, ada beberapa cara untuk tetap menjadi individu yang waras dan bahagia tanpa berfokus pada mantan Anda. Dilansir dari Pinkvilla, berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan agar bisa menerima kenyataan dan melupakan mantan kekasih.

Jangan habiskan waktu untuk menelusuri kembali percakapan lama Anda 

Ketika Anda tidak dapat berbicara dengan orang tersebut, Anda mungkin tergoda untuk melihat kembali percakapan, obrolan, email, atau surat lama Anda dan menghidupkan kembali kenangan saat-saat bahagia. Namun, ini membuat Anda terjebak di masa lalu dan delusi, karena Anda terus berharap bahwa segala sesuatunya akan berhasil. Akan jauh lebih sehat untuk menyerah dan move on dari patah hati dengan membuang kenangan itu.

Jangan stalking mantan 

Saat Anda berkencan, Anda mungkin tahu seluruh jadwal kekasih Anda. Mulai dari saat mereka mendapatkan waktu luang hingga hobi dan kelas mereka. Tetapi ketika tidak dapat menghubungi mereka setelah putus cinta, mungkin memaksa Anda untuk mengawasi media sosial mereka atau bahkan mengikuti mereka di sekitar lingkungan. Tapi Anda sebaiknya tidak menguntit mereka jika ingin bisa move on secepatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Selanjutnya

Ilustrasi Putus Asa
Perbesar
Ilustrasi Putus Asa (pixabay.com)

Jangan berteman jika Anda masih mencintai mereka

Tetap berteman dengan seorang mantan pada akhirnya berarti mengawasi mereka dan mendukung penaklukan romantis baru mereka, yang dapat sangat menyakiti Anda. 

Jadi, menjauhlah dan cari teman baru. Persahabatan itu istimewa dan Anda tidak perlu membuang waktu untuk berteman dengan seseorang yang memilih untuk tidak lagi menjadi bagian dari hidup Anda.

Jangan tanya kabar mereka

Jika Anda telah memblokir mereka atau menolak untuk berbicara dengan mereka, Anda dapat mencari cara lain untuk mendapatkan informasi tentang mereka. Namun, jangan meminta teman Anda untuk mengerjai mereka atau bertanya tentang mereka. Ingatkan diri Anda bahwa memutuskan kontak adalah hal terbaik untuk kesehatan mental Anda.

Jangan membuat alasan untuk melihatnya lagi

Anda mungkin berpikir Anda bisa meminjam sesuatu dari saudara perempuannya atau pergi mengunjungi ibu mereka. Atau mungkin Anda berharap untuk mengembalikan beberapa barang yang mereka tinggalkan untuk Anda. Meskipun pemikiran ini mungkin tampak mulia, Anda harus melawan keinginan untuk melihat mantan Anda lagi.

Ingatlah bahwa melihat mantan Anda dapat mengembalikan perasaan lama dan menyebabkan Anda mengulangi pola lama yang berusaha keras untuk Anda kalahkan.


Saran Pakar Agar Anda Bisa Mudah Move on dari Mantan

ilustrasi move on cancer/pixabay
Perbesar
ilustrasi move on cancer/pixabay

Terus-menerus berharap pada mantan dan kesulitan untuk melangkah maju memulai kisah cinta baru tak jarang jadi sesuatu yang begitu mengganggu. Bahkan, pikiran serta harapan untuk kembali mungkin juga tak terhindari. Meski begitu umum terjadi, Anda mungkin belum benar-benar tahu apa arti dari susah move on dari mantan kekasih.

Menurut pakar hubungan, dr Gary Brown, susah move on biasanya melibatkan penyesalan dimana Anda merasa dirinya adalah pasangan terbaik yang pernah Anda miliki.

"Susah move on bisa berarti bahwa ada seseorang di masa lalu yang Anda sesali karena tidak bisa bersama lagi, Anda juga mungkin berpikir bahwa dirinya adalah satu-satunya," ujar Gary dikutip Elite Daily, Sabtu (14/5/2022).

"Anda juga mungkin menyadari bahwa ia memiliki potensi untuk menjadi pasangan untuk menghabiskan sisa hidup. Namun hubungan tersebut sudah lama berakhir," tambahnya.

Sedangkan pandangan berbeda datang dari pakar hubungan sekaligus penulis buku, Susan Winter. Menurutnya, susah move on berakar pada fantasi penuh harapan. Sehingga terkadang seseorang terperangkap dalam fantasi tersebut, membayangkan keindahan yang semu atau jauh dari realitas sebenarnya.

"Jadi pikiran kita dengan senang hati mengisi rincian masa depan yang romantis bersama orang tersebut. Skenario itu memungkinkan Anda untuk membayangkan kebahagiaan, resolusi, dan hubungan yang bahagia," kata Susan.

Dalam kondisi tersebut, Anda pun kemungkinan akan sulit untuk melupakan seseorang. Mengingat pikiran masih kian menaruh harapan.


Mencoba Melepaskan Masa Lalu

zodiak-kezo
Perbesar
ilustrasi move on menurut zodiak/pixabay

Lebih lanjut Susah menjelaskan, jika membayangkan hubungan bersama mantan hanyalah sebuah fantasi, maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah melepaskannya.

"Di sinilah segalanya jadi sedikit lebih rumit. Beberapa orang berpikir bahwa tidak apa-apa untuk membiarkan perasaan pada mantan tetap ada jika memang itu membuat Anda tersenyum," kata Susan.

Namun seperti yang diketahui, susah move on dari mantan bisa memberikan dampak negatif pada hubungan Anda selanjutnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Susan pun mengungkapkan bahwa langkah pertama yang dapat dilakukan adalah berdamai dengan kenyataan bahwa angan-angan tersebut memang hanyalah fantasi.

"Apalagi jika fantasi untuk kembali dengan mantan menghalangi Anda untuk menikmati cinta yang Anda miliki saat ini," kata Susan.

Sedangkan menurut Gary, masih banyak orang yang berpikir bahwa mantan adalah orang yang tepat. Hanya saja waktunya yang tidak tepat.

"Jika Anda benar-benar masih menginginkan mantan, maka pergilah beri tahu dia. Jika Anda tidak berhasil untuk kembali bersamanya, setidaknya Anda tidak perlu menyesal karena telah mencoba," kata Gary.


Jangan Lupa untuk Memaafkan

Time to move on (0)
Perbesar
Ilustrasi hubungan merenggang. (Sumber Pixabay)

Hubungan dapat berakhir dengan berbagai macam cara dan alasan. Mulai dari yang Anda sebut baik-baik hingga diliputi pertengkaran hebat. Namun apapun itu cara dan alasannya, pelatih hubungan dan putus cinta, Trina Leckie mengungkapkan bahwa memaafkan sebenarnya merupakan langkah penting dalam proses move on.

"Meskipun mungkin tampak seperti tindakan tanpa pamrih, berusaha memaafkan mantan kemungkinan besar akan menguntungkan Anda dalam jangka panjang," ujar Trina mengutip laman Elite Daily.

Lebih lanjut Trina menjelaskan, memaafkan juga bisa menjadi proses yang sangat menantang terutama ketika permasalahannya sangat dalam.

"Memaafkan mantan bisa jauh lebih menguntungkan bagi Anda daripada mantan, terutama dalam keadaan yang kurang menyenangkan. Anda dapat membebaskan diri dari pikulan beban di pundak dengan tidak memberi dirinya ruang untuk hidup bebas di dalam pikiran," kata Trina.

Ketika cinta menghilang, mungkin sulit untuk mengumpulkan energi atau kasih sayang yang telah menyakiti Anda sebelum, selama, atau sesudah putus. Namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil.


Izinkan Diri Mengolah Perasaan

ilustrasi move on scorpio/pixabay
Perbesar
ilustrasi move on scorpio/pixabay

Terlebih menurut pendiri Renew Breakup Bootcamp dan penulis Breakup Bootcamp: The Science of Rewiring Your Heart, Amy Chan, untuk dapat memaafkan seseorang, Anda juga perlu untuk membiarkan diri sendiri merasakan segalanya yang ingin dirasakan.

"Apabila Anda mencintai seseorang dengan sepenuh hati serta telah berbagi hidup dengannya, dan Anda baik-baik saja ketika putus, itu tidaklah normal," ujar Amy.

Merasakan duka usai berpisah dengan seseorang yang pernah menjadi bagian penting dalam kehidupan Anda merupakan sesuatu yang wajar.

Selaras dengan ungkapan Trina, Amy pun berpendapat bahwa memaafkan mantan akan membantu Anda untuk mengurangi beban emosional yang tersisa.

"Yakinlah bahwa memaafkan merupakan sebuah proses, bukan hanya tujuan. Itu akan bermanfaat bagi Anda," kata Amy.

"Ketika kita tidak memaafkan, kita akan memiliki kebencian atau kemarahan yang kemungkinan akan dibawa dalam hidup kita. Itu juga dapat merembes ke dalam hubungan yang lain," Amy menjelaskan.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Perbesar
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya