Sukses

11 Manfaat Mengejutkan dari Kebiasaan Menulis Jurnal yang Tidak Disadari

Berikut ini beberapa manfaat mengejutkan dari kebiasaan menulis jurnal

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak manfaat membuat jurnal — dan banyak cara berbeda untuk melakukannya. Anda dapat menulis tentang hari Anda, melakukan penuangan pemikiran, melampiaskan masalah Anda, atau menuliskan hal-hal yang Anda syukuri. Anda dapat mencoret-coret dengan pena, mengetik di aplikasi catatan, atau menulis puisi dalam 10 halaman dokumen kata. Bagaimanapun Anda memilih untuk melakukannya, Anda dapat yakin bahwa penjurnalan itu baik untuk Anda.

“Mencatat adalah proses membuat perasaan dan pikiran lebih nyata dengan memasukkannya ke dalam bentuk fisik,” kata pekerja sosial Jessica Hoeper, MSW, LISW.

Pada dasarnya, ini adalah cara untuk mengeluarkan pikiran Anda dari kepala dan ke atas kertas (atau ponsel Anda). Dan seperti semua alat perawatan diri, semakin Anda melakukannya, semakin baik perasaan Anda.

“Jumlah waktu Anda menulis tidak sepenting seberapa sering Anda berlatih duduk untuk melakukannya,” Hoeper memberi tahu Bustle.

Dia merekomendasikan membuat jurnal beberapa kali seminggu, kapan pun terasa benar. Tetapi jika Anda ingin melakukannya setiap hari, atau lebih jarang, tidak apa-apa juga.

Hal penting yang perlu diperhatikan? Jangan biarkan rasa takut untuk "melakukan kesalahan" menghalangi Anda untuk memulai.

“Kita sering memiliki ekspektasi seperti apa seharusnya jurnal itu,” kata Hoeper.

Anda mungkin khawatir tentang tulisan tangan yang buruk, kesalahan tata bahasa, atau tidak tahu harus berkata apa — tetapi karena ini adalah jurnal Anda, tidak ada yang penting.

Jika Anda masih tidak yakin bagaimana memulai praktik kesehatan populer, cobalah menulis bebas.

“Biarkan pena Anda menyentuh halaman dan cobalah untuk tidak menyensor atau terlalu memikirkan apa yang Anda tulis,” kata Lindsey Pratt, LMHC, seorang psikoterapis di New York City yang berspesialisasi dalam hubungan. Siap mencobanya? Berikut adalah semua manfaat penjurnalan, seperti yang dijelaskan oleh para profesional.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ini Membantu Anda Fokus Pada Hal Positif

Mencatat daftar terima kasih dengan cepat adalah cara mudah untuk memulai membuat jurnal, dan cara yang bagus untuk membantu Anda fokus pada aspek positif hari Anda. Bahkan jika hal-hal tampak tidak begitu bagus pada pandangan pertama, melakukan upaya bersama untuk mempraktikkan rasa syukur secara teratur adalah cara yang terbukti untuk membantu Anda mengembangkan rasa sejahtera dan berharga, kata psikolog klinis John Y. Lee, Ph. .D.

Lee merekomendasikan untuk duduk pada waktu yang sama setiap hari dan mengidentifikasi satu hal yang Anda syukuri — bahkan jika itu sangat kecil atau tampak biasa saja.

"Anda bisa bersyukur atas hal-hal kecil dalam hidup," katanya kepada Bustle.

2. Ini Cara Memahami Emosi Anda

Menurut Katie Fracalanza, Ph.D., asisten profesor klinis di Stanford University School of Medicine, menulis tentang pengalaman Anda — besar dan kecil, positif dan negatif — dapat membantu Anda memahami bagaimana situasi yang berbeda membuat Anda merasa.

"Semakin Anda mengenal diri sendiri, semakin Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk bergerak menuju kesejahteraan Anda," katanya kepada Bustle.

“Misalnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda sering merasa sedikit gelisah sebelum berkumpul dengan teman, dan terkadang bahkan ingin membatalkan. Tetapi setelah Anda bertemu dengan mereka, Anda cenderung merasa bahagia dan terhubung. Dengan mengamati pola seperti ini dalam jurnal, Anda mempelajari perasaan apa yang diharapkan dalam situasi yang berbeda, dan bagaimana bergerak maju.”

 

3 dari 7 halaman

3. Jurnal Dapat Membantu Anda Menghubungkan

Demikian pula, membuat jurnal juga ideal untuk mulai memahami berbagai hal, termasuk semua pemikiran Anda yang tersebar dan keputusan sulit. “Ketika Anda menulis jurnal tentang perasaan, peristiwa, atau pikiran Anda, itu mungkin tidak masuk akal pada saat itu, tetapi Anda akan mulai melihat tema-tema bermunculan seiring waktu,” kata Hoeper kepada Bustle. “Tema-tema ini membantu Anda menghubungkan titik-titik yang tidak Anda pahami.”

Tidak hanya menyenangkan untuk melakukan brain dump, di mana Anda menuliskan segala sesuatu dan apa saja, tetapi juga membantu untuk melihat semuanya sesudahnya untuk melihat apakah Anda mempelajari sesuatu.

4. Ini Sangat Membumi

Ada sesuatu yang sangat mendasar tentang praktik duduk dan menulis. Sebagai permulaan, ini adalah proses yang sangat nyata, terutama karena sulit untuk melakukan banyak tugas atau memikirkan hal-hal lain saat Anda fokus menulis, kata Pratt.

"Anda benar-benar dipanggil untuk tampil sendiri dengan fokus dan perhatian pada saat itu," katanya kepada Bustle.

Dan ini adalah sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda kapan pun Anda ingin merasa sedikit lebih stabil.

 

4 dari 7 halaman

5. Ini Dapat Membantu Anda Mengelola Gejala Kecemasan & Depresi

Menurut Saba Harouni Lurie, LMFT, seorang terapis dan pendiri Take Root Therapy, membuat jurnal adalah alat yang sangat baik untuk membantu mengelola kecemasan dan depresi. Tidak hanya memberi Anda tempat untuk melacak suasana hati dan emosi Anda setiap hari, tetapi juga memberikan kesempatan untuk terlibat dalam self-talk yang menegaskan.

“Dengan melakukan ini, Anda mungkin lebih mengenali pemicu Anda dan mengembangkan teknik untuk mengatasinya secara lebih efektif di masa depan,” kata Lurie.

6. Ini melegakan

Jika Anda mengalami masa sulit, menulis tentang apa yang terjadi, bagaimana perasaan Anda, dan hal lain yang ingin Anda curahkan bisa terasa sangat menyenangkan.

“Mencatat memungkinkan kita melepaskan pikiran dan perasaan yang menyakitkan, berpotensi memberikan katarsis dan kelegaan dari kecemasan, depresi, kesedihan, kemarahan, dan keterputusan dari orang lain,” kata psikolog berlisensi Lori L. Cangilla, Ph.D. Sekali lagi, ini adalah cara untuk mengeluarkan semuanya dari kepala Anda dan ke selembar kertas.

Menulis jurnal juga merupakan cara yang bagus untuk melangkah keluar dari bagian kehidupan Anda yang mungkin terasa “tetap” atau kaku karena pekerjaan, rutinitas, dan komitmen lainnya, kata Dr. Monisha Bhanote, MD, FCAP, ABIOM, CCMS, YMTS, pendiri dan CEO Kolektif Kesejahteraan Holistik.

 

5 dari 7 halaman

7. Ini Dapat Membantu Anda Mendapatkan Tidur yang Lebih Baik

Cukup mengejutkan, menuliskan apa yang ada di pikiran Anda dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas juga.

“Orang sering mengalami kesulitan untuk tidur dan tetap tidur di malam hari karena pikiran yang berkecamuk dan memproses apa yang terjadi di hari mereka,” kata psikolog kesehatan Dr. Julia Kogan, PsyD, itulah sebabnya dia menyarankan untuk meluangkan waktu sejenak sebelum tidur untuk mengeluarkan pikiran Anda, terutama yang stres.

“Mengatur waktu untuk mengelola rasa khawatir, khususnya, dapat mengurangi insomnia dengan memberikan [Anda] jalan keluar untuk memproses pikiran [Anda] sehingga ketika waktunya tidur, pikiran menjadi tenang dan rileks,” katanya.

8. Ini Memberi Anda Perspektif

Bagi sebagian orang, sebagian besar penjurnalan adalah tindakan untuk kembali dan membaca kembali entri lama sebagai cara untuk melatih belas kasih diri — dan untuk melihat seberapa jauh mereka telah datang.

Menurut Pratt, ini bisa terasa sangat menyenangkan karena manusia memiliki kecenderungan untuk "melembutkan" diri mereka sendiri seiring waktu dan begitu mereka keluar dari situasi yang sulit.

“Anda mungkin menemukan diri Anda membaca tentang hal-hal yang Anda perjuangkan berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelumnya dan memiliki tingkat apresiasi baru atas apa yang telah Anda lalui,” katanya.

Di sisi lain, membuat jurnal adalah cara yang bagus untuk merekam dan mengingat kenangan indah.

 

6 dari 7 halaman

9. Ini Membuat Sisi Kreatif Anda Mengalir

Menulis jurnal, bagaimanapun Anda melakukannya, adalah cara yang pasti untuk menambahkan sedikit lebih banyak kreativitas ke hari Anda, kata psikoterapis Dr. Heather Browne. Anda dapat menggambar, menulis puisi, mencatat pengamatan lucu, atau mengerjakan beberapa ide.

“Dengan membiarkan diri Anda bermain, itu memunculkan sisi artistik, menyenangkan, dan lebih bebas Anda,” kata Browne kepada Bustle.

Tindakan penjurnalan yang sebenarnya dapat menjadi bagian dari proses kreatif juga. Tanyakan pada diri sendiri jenis pena apa yang ingin Anda gunakan untuk menulis, pilih buku catatan ideal Anda, dan jangan menahan diri untuk bereksperimen.

Lepaskan gagasan bahwa itu harus sempurna, dan anggap itu sebagai eksperimen.

10. Ini Suatu Bentuk Perawatan Diri

Jika tidak ada yang lain, pikirkan jurnal sebagai bentuk perawatan diri, kata Browne. Sama seperti mandi air hangat, berjalan-jalan, memasak makanan favorit Anda, atau berbicara dengan teman, menuliskan pikiran Anda adalah cara untuk memperlambat, istirahat, memproses pikiran — dan merawat diri sendiri dengan baik.

7 dari 7 halaman

11. Meningkatkan Hubungan

Penjurnalan secara konsisten membantu menertibkan pikiran Anda, dan pada gilirannya itu diterjemahkan ke orang-orang di sekitar Anda.

“Ketika Anda membuat jurnal, Anda menghubungkan pikiran dan emosi Anda sendiri bersama-sama, dan dengan melakukan itu Anda berlatih bagaimana terhubung dengan orang lain,” kata Kevin Coleman, LMFT-A, asosiasi terapis pernikahan dan keluarga berlisensi dan pendiri Connected Therapy.

Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk melampiaskan kekesalan sehari-hari yang mungkin Anda alami pada teman dekat atau pasangan. Dan, untuk kembali bersyukur, membuat jurnal tentang orang-orang dalam hidup Anda adalah cara untuk memastikan Anda menghargai mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.