Studi Harvard: Kekuatan Pernikahan Tergantung Status Pekerjaan Suami

Oleh Sulung Lahitani pada 07 Mei 2022, 19:05 WIB
Diperbarui 07 Mei 2022, 19:05 WIB
pasangan menikah
Perbesar
ilustrasi pasangan bahagia/Photo by Smoke Weddings from Pexels

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat perceraian global telah meningkat sebesar 251,8%. Misalnya, rata-rata wanita dari Maladewa - negara dengan tingkat perceraian tertinggi - mengalami 3 kali perceraian sebelum dia berusia 30 tahun. Statistiknya memilukan, dan pelaku di balik semua itu telah diidentifikasi oleh sebuah penelitian di Harvard.

Para peneliti mempelajari data sejak 45+ tahun dan inilah yang mereka temukan:

Untuk menggali lebih dalam, penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor Harvard mengambil data dari lebih dari 6.300 pasangan, sejak tahun 1970-an. Setelah mengamati data, ditemukan bahwa meskipun pasangan berdebat dan bercerai karena berbagai alasan, tingkat kemungkinan mereka untuk bercerai meningkat 30% ketika pria menganggur.

Pria dengan pekerjaan paruh waktu atau tidak memiliki pekerjaan sama sekali kemungkinan besar akan bercerai

Dan, bukan hanya itu. Rumah tangga di mana pria bekerja paruh waktu, juga berisiko tinggi untuk bercerai. Menguraikan lebih lanjut, penelitian ini menambahkan bahwa bahkan ketika pria bekerja dengan pekerjaan kecil atau tetap menganggur di luar keinginan mereka, ini masih mengarah pada pertengkaran dan ketegangan dalam pernikahan mereka.

Sebaliknya, kurangnya pekerjaan seorang wanita tidak menyebabkan perceraian

Kebanyakan wanita hari ini sibuk menyeimbangkan pekerjaan dan rumah dengan sempurna, tetapi menurut penelitian, status pekerjaan wanita tidak berpengaruh pada kemungkinan perceraian. Data yang dikumpulkan dari pasangan tidak menunjukkan pengaruh positif atau negatif dari status keuangan wanita terhadap perceraian.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 


Namun, penelitian ini mengabaikan banyak faktor lainnya

Selalu Memberi Dukungan
Perbesar
Ilustrasi pasangan

Meskipun demikian, tidak dapat disangkal bahwa setiap pasangan berbeda dan temuan penelitian ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Selain itu, perlu dicatat bahwa penelitian ini tidak mempertimbangkan pasangan sesama jenis atau pria yang rela memilih untuk mengurus keluarga mereka sementara istri mereka bekerja. Disebutkan bahwa peningkatan kemandirian ekonomi perempuan juga bisa menjadi alasan perceraian tetapi belum ada bukti yang sah untuk mendukung klaim itu.

Memiliki pekerjaan sama pentingnya bagi para lajang yang mencoba berkencan

Menurut sebuah survei, mandiri secara finansial dianggap menarik, sedangkan individu dengan banyak utang dianggap kurang diinginkan. Laki-laki dan perempuan disajikan dengan foto kepala orang-orang dari lawan jenis dan diminta untuk menilai mereka.

Kemudian status utang mereka terungkap, dan diamati bahwa peringkat turun untuk kedua jenis kelamin yang tidak stabil secara finansial. Namun, perubahan itu kecil untuk wanita. Untuk pria, di sisi lain, peringkatnya turun drastis. Sebanyak 75% wanita mengungkapkan bahwa mereka tidak akan berkencan dengan pria yang tenggelam dalam hutang.


Tanda-Tanda Jelas Hubungan Asmara Anda Akan Naik Tingkat

Hubungan
Perbesar
Ilustrasi pasangan

Kita semua memasuki hubungan asmara karena berbagai alasan yang berbeda, tetapi faktor utama yang membuat kita memasuki sesuatu yang begitu serius adalah persahabatan.

Kita pasti ingin memiliki seseorang yang dekat yang dapat diajak bicara dan berbagi kehidupan dan kenyataan sehari-hari. Namun, hampir tidak mungkin untuk mengetahui bagaimana segala sesuatunya akan berkembang lebih jauh dan apakah hubungan itu akan bertahan lama.

Berikut ini beberapa tanda pasti yang dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah hubungan Anda sedang menuju ke tingkat berikutnya seperti dihimpun dari Brightside.me.

1. Anda memiliki topik yang tak ada habisnya untuk dibicarakan

Mampu menemukan seseorang dan menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan mereka memberi Anda pandangan mendalam ke dalam pikiran dan psikologi mereka. Dengan cara ini, Anda dapat melihat seberapa cocok Anda. Jika Anda bersama seseorang yang dapat melakukan percakapan panjang dengan Anda, bahkan setelah 10 tahun mengenalnya, ini adalah pertanda yang sangat bagus.

Ini berarti Anda akan selalu memiliki sesuatu untuk dibicarakan satu sama lain karena Anda berdua menganggap percakapan Anda sangat menarik. Anda tidak perlu berbicara tentang politik atau berita dunia — bahkan percakapan panjang tentang hewan atau subjek favorit Anda yang tidak dianggap penting dapat menjaga percikan hubungan. Ini adalah tanda pasti bahwa hubungan Anda sedang menuju ke jalur yang positif.


2. Anda melihat kebiasaan menjengkelkan dia sangat lucu

pasangan cinta
Perbesar
Ilustrasi pasangan

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk kecil — beberapa tidak sejelas yang lain — tetapi begitu Anda bersama seseorang untuk waktu yang lama, Anda akan mulai memperhatikan hal-hal kecil yang mengganggu yang membuatnya istimewa. Misalnya, dia mungkin memiliki kebiasaan buruk untuk tidak pernah memeriksa ponsel atau terus-menerus meng-silent sehingga Anda hampir tidak pernah dapat menghubunginya.

Meskipun kebanyakan orang mungkin menganggapnya menjengkelkan, Anda mengenal dia dengan sangat baik dan mungkin merasa lucu karena dia tidak kecanduan menggunakan ponsel sepanjang waktu.

Atau mungkin dia memiliki tawa yang sangat menjengkelkan yang menurut semua orang tidak dapat ditoleransi tetapi menurut Anda lucu! Ada banyak sifat dan kebiasaan yang menurut kebanyakan orang menjengkelkan, tetapi ketika Anda bersama seseorang yang benar-benar Anda sayangi, Anda melihat kebiasaan itu sebagai bagian dari identitasnya dan Anda lebih mencintainya karenanya.


3. Anda memiliki sikat gigi dan sepasang piyama tambahan di tempatnya

ilustrasi tips menghadapi pasangan pemarah/pexels
Perbesar
Ilustrasi pasangan

Saat hubungan berkembang, adalah normal untuk meninggalkan beberapa barang Anda di rumah pasangan Anda. Tindakan sederhana dengan meninggalkan hanya satu sikat gigi atau sikat rambut di rumah pasangan Anda dapat memiliki makna simbolis yang sangat dalam di masyarakat saat ini pada umumnya.

Ini tidak berarti bahwa Anda berencana untuk tinggal bersama, tetapi itu berarti Anda menikmati menghabiskan sore dan malam bersama daripada sendirian.

Jika Anda mulai memperhatikan bahwa Anda memiliki sikat gigi ekstra dan beberapa kebutuhan Anda di tempat pasangan Anda tanpa mengganggu salah satu dari Anda, itu berarti bahwa hubungan itu perlahan-lahan berkembang ke tingkat berikutnya. Dan jangan panik ketika Anda mendengar istilah, “tingkat selanjutnya”! Artinya adalah Anda merasa nyaman dan cukup percaya untuk memiliki beberapa barang Anda di tempat masing-masing tanpa itu menjadi masalah besar.

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta
Perbesar
Infografis bahasa cinta
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya