Sukses

9 Pasangan Makanan Ini Sebaiknya Jangan Disimpan Bersama

Berikut ini beberapa pasangan makanan yang sebaiknya tidak disimpan bersama

Liputan6.com, Jakarta Meskipun beberapa produk makanan dapat berjalan bersama dengan sangat baik, mereka sebenarnya tidak dapat hidup berdampingan dalam hal penyimpanan.

Beberapa makanan mengeluarkan etilen, yang merupakan gas yang mematangkan produk lain sebelum waktunya. Ada juga produk yang sensitif terhadap gas dan bisa lebih cepat rusak jika terkena gas.

Itulah mengapa beberapa makanan harus menghindari satu sama lain dengan cara apa pun (kecuali jika Anda ingin mematangkannya lebih cepat).

Berikut ini daftar buah dan sayuran mana yang menjadi teman baik dan mana yang harus dijauhi atau tidak disimpan bersama. Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Apel dan wortel

Apel menghasilkan banyak etilen, itulah sebabnya Anda harus berhati-hati saat menyimpannya dengan makanan lain. Jangan menaruh apel di sebelah wortel terutama. Jika tidak, wortel akan terasa pahit setelah hanya 2 minggu.

2. Mentimun dan tomat

Mentimun sangat sensitif terhadap etilen. Lebih baik tidak menyimpannya dengan tomat, meskipun mereka menjadi pasangan yang sempurna dalam salad. Mentimun akan mulai menguning lebih awal dari yang seharusnya. Lebih baik menyimpannya di lemari es, dan tomat di atas meja.

3. Bawang bombay dan kentang

Bawang menyerap kelembapan dengan cepat tetapi harus tetap kering, dan kentang mengeluarkan terlalu banyak kelembapan, sehingga mereka tidak bisa hidup berdampingan dalam pertempuran ini. Seiring waktu, kentang tumbuh akar dari mata dan bawang menghasilkan tunas hijau.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Pisang dan alpukat

Ini rumit, dan itu tergantung pada tujuan Anda. Jika alpukat Anda terlalu matang, jauhkan dari pisang. Namun, jika Anda ingin lebih cepat matang, Anda bisa memasukkan alpukat mentah dengan aman ke dalam kantong kertas dan menyimpannya di sebelah pisang.

5. Persik dan pisang

Buah persik yang matang harus menjauhi pisang karena semua etilen yang dikeluarkan oleh pisang akan menyebabkan buah persik matang lebih cepat dari biasanya. Semakin matang pisang, semakin banyak gas yang dikeluarkan.

6. Terong dan melon

Melon dapat membuat terong lebih cepat rusak. Jadi pastikan Anda tidak menyimpannya di lemari bersama dengan melon. Namun, jika Anda ingin menyimpan terong di lemari es, lebih baik jauhkan terong dari buah apa pun.

 

3 dari 5 halaman

7. Anggur dan mangga

Anggur sangat “rapuh dan halus” dalam hal penyimpanannya. Mereka tidak mentolerir buah atau sayuran lain di dekatnya.

Mangga mengeluarkan terlalu banyak gas etilen dan proses pematangan dan pembusukan terjadi lebih cepat. Selain itu, sayuran beraroma kuat hanyalah teman yang buruk untuk anggur karena anggur menyerap bau dengan mudah.

8. Blueberry dan stroberi

Blueberry adalah klimakterik (memancarkan etilen), dan stroberi non-klimakterik. Jika Anda menyimpannya bersama-sama, stroberi mungkin menjadi terlalu matang dan menjadi busuk lebih awal dari yang seharusnya.

Tidak apa-apa menyimpan stroberi mentah dengan blueberry bersama-sama, namun, jika kedua jenis beri terlalu matang, makanlah dalam beberapa hari.

4 dari 5 halaman

Jangan Sembarangan, Ini 3 Langkah Panaskan Masakan Lebaran yang Benar

Saat perayaan Hari Raya Idul Fitri, memasak menu lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Tak hanya satu, biasanya orang memasak menu Idul Fitri lebih dari satu macam. Sebut saja opor, rendang, sayur labu, gulai daging, semur dan lainnya menjadi menu yang kerap dimasak banyak keluarga saat lebaran.

Banyaknya pilihan menu membuat banyak makanan yang tersisa. Namun, biasanya banyak yang memanaskannya kembali agar masih bisa dikonsumsi di hari berikutnya. Bahkan beberapa hari setelah lebaran.

Tapi banyak yang tak menyadari bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memanaskan menu lebaran. Hal ini perlu diterapkan agar aman dan kesehatan tetap terjaga. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan hal yang perlu diperhatikan ketika memanaskan masakan lebaran.

1. Bungkus dan simpan di kulkas dengan baik

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat hendak memanaskan menu lebaran agar aman yakni membungkusnya dengan baik terlebih dahulu. Jika saat lebaran masih ada sepanci opor atau daging rendang di meja makan, Anda bisa segera membungkus atau meletakkan dalam wadah kedap udara.

Langkah ini bertujuan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam makanan, menjaga kelembaban makanan, serta mencegah kontaminasi dari makanan lain di dalam lemari pendingin.

Jika makanan yang sisa telah ditutup atau dibungkus bisa Anda masukkan ke dalam lemari pendingin. Meski mungkin makanan akan mengalami perubahan rasa, kandungan nutrisinya relatif terjaga.

5 dari 5 halaman

2. Cairkan makanan terlebih dahulu

Sebelum memanaskan sisa makanan lebaran yang beku ada baiknya Anda mencairkannya terlebih dahulu.

Ada tiga teknik yang dapat dilakukan untuk mencairkan makanan sisa lebaran yang telah dibekukan dalam freezer yaitu memindahkannya ke dalam lemari pendingin, dimasukkan dalam air dingin, dan menggunakan microwave.

Teknik pertama yaitu mencairkan dalam lemari pendingin dan memerlukan waktu paling lama, tetapi juga paling aman. Setelah mencair, makanan harus dikonsumsi dalam waktu 3-4 hari.

Teknik mencairkan dengan air dingin bisa lebih cepat, tetapi teknik ini memiliki risiko. Makanan beku tersebut harus dipastikan kedap udara dan air, sehingga bakteri dan kuman lainnya dalam air tidak masuk ke dalam makanan.

Sedangkan, teknik mencairkan dengan microwave merupakan metode tercepat dan dapat sekaligus memanaskan hingga suhu 165 derajat Fahrenheit (73 derajat Celcius).

3. Memanaskan makanan 

Ketika memanaskan makanan sisa, pastikan suhu makanan mencapai 73 derajat Celcius untuk memastikan bakteri dan kuman lainnya tidak dapat berkembang. Anda juga bisa menggunakan teknik merebus atau mengukus. Kadar nutrisi dapat tetap dijaga agar tak banyak nutrisi yang hilang.

Caranya adalah dengan menutup wadah saat dipanaskan. Bila memungkinkan, gunakan microwave untuk memanaskan makanan, karena cara ini bisa menjaga nutrisi dan kandungan air di dalam makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.