Bocah 8 Tahun Selamat dari Serangan Hiu Usai Meninjunya

Oleh Camelia pada 04 Mei 2022, 17:16 WIB
Diperbarui 04 Mei 2022, 17:16 WIB
Ilustrasi hiu (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi hiu (pixabay)

Liputan6.com, Thailand - Seorang bocah lelaki berusia delapan tahun selamat dari serangan hiu setelah meninju predator tersebut tepat di wajahnya. Dilansir dari Dailystar, Rabu (4/5/2022), bocah bernama Napat Chaiyarak Christenko itu awalnya sedang berenang di laut di pulau Phuket, Thailand selatan bersama ayahnya ketika makhluk itu menerkam.

Napat lalu menjerit kesakitan sebelum mencoba menendang makhluk laut yang ganas itu. Dia kemudian mengulurkan tangan dan memukulkannya di kepala, kata Napat kepada polisi di distrik Kamala.

Orang tua Napat yang ketakutan menyeret bocah itu keluar dari air saat darah menyembur dari luka di betis kanannya. Hiu tersebut, yang diyakini sebagai hiu banteng atau hiu karang sirip hitam dengan panjang hingga 4 kaki, menghilang ke kedalaman.

Paramedis bergegas ke tempat kejadian dan melakukan pertolongan pertama sebelum membawa Napat ke Rumah Sakit Bangkok di Phuket untuk perawatan selama akhir pekan.

Napat yang saat itu tetap tenang saat dibawa dengan ambulans mengatakan kepada dokter bahwa itu adalah hal yang paling menyakitkan yang pernah dia rasakan.

Dia berkata, "Saya merasakan sakit di kaki saya dan melihat ke bawah dan melihat hiu itu menggigit saya. Itu adalah hal yang paling menyakitkan yang pernah saya lakukan. Saya meninjunya untuk membuatnya meninggalkan saya sendirian."

Dokter memeriksa lukanya dan awalnya menduga bocah itu digigit ikan barakuda yang panjangnya sekitar 80-120 sentimeter, berdasarkan bekas gigitannya. Namun, spesialis kelautan dan hiu memeriksa lukanya dan kemudian menentukan bahwa bocah itu telah digigit oleh hiu karang sirip hitam atau hiu banteng, yang sering ditemukan di laut Andaman.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Serangan hiu di Thailand sangat jarang

Demi Selamatkan Suaminya dari Serangan Hiu, Wanita Hamil Ini Nekat Menyelam ke Laut
Perbesar
ilustrasi hiu

Mereka percaya bahwa air yang keruh telah mengaburkan penglihatan hiu, menyebabkannya salah mengira kaki bocah itu sebagai ikan atau jenis hewan bawah air lain yang biasanya diburunya. Dr Kongkiat Kittiwattanawong, Direktur Pusat Biologi Kelautan Phuket, mengatakan serangan itu "sangat kejam" karena saat ini sedang musim kawin.

“Hiu ditemukan di zona selancar dan biasanya akan berburu ikan. Itu mungkin salah mengira anak sapi itu sebagai ikan dan menggigitnya. Anak itu sangat berani. Dia memberi tahu kami bahwa dia meninju hiu saat sedang menyerangnya,” katanya.

Ahli lingkungan mengatakan bahwa luka itu pasti disebabkan oleh hiu. Dia menambahkan, “Luka-luka itu disebabkan oleh hiu karena gigi atas dan bawah digunakan dalam kombinasi. Itu adalah luka tajam di kedua sisi, dengan gigi atas dan bawah patah pada saat yang bersamaan.”

“Hiu itu datang untuk mencari makanan dan mengira bocah itu adalah makanan, oleh karena itu ia menggigit kakinya. Tetapi ketika ia menggigit dan menyadari bahwa itu bukan makanan, ia tidak menyerang lagi.”

Pejabat distrik Kamala telah bergegas untuk menenangkan wisatawan yang khawatir dengan memasang tanda peringatan di dekat tempat kejadian dan mengatur petugas pengawasan sampai tidak ada hiu di daerah tersebut.

Mereka mengatakan serangan hiu di Thailand sangat jarang. Hiu karang sirip hitam diketahui menggigit orang yang sedang berenang atau mengayuh tetapi tidak menimbulkan ancaman serius bagi manusia, sedangkan hiu banteng biasanya tidak menyerang manusia untuk makanan tetapi akan melakukannya jika diprovokasi atau karena penasaran.


Arti Hiu yang Muncul dalam Mimpi

Hiu Putih Besar Ditemukan di Perairan Hawaii
Perbesar
ilustrasi hiu

Mimpi adalah aspek menarik dari aktivitas otak manusia. Mimpi muncul dalam bentuk kabur dan singkat dalam pikiran bawah sadar, sering kali mencerminkan ketakutan dan hubungan Anda.

Selama ratusan tahun, psikolog dan kelompok esoteris telah berusaha menguraikan makna mimpi dan simbolisme apa yang mewakili konten mimpi dalam kehidupan seseorang. Beberapa terbukti benar bahwa mimpi memengaruhi sekaligus dipengaruhi oleh kondisi emosi bahkan mental seseorang.

Dikutip dari Medium, mimpi tentang hiu bukanlah kejadian yang tidak biasa, meskipun sebagian besar waktu mimpi ini dikaitkan dengan persepsi negatif yang meluas tentang hiu. Tafsir mimpi mengatakan bahwa mimpi hiu memiliki simbolisme sebanyak mimpi tentang kehamilan, kematian, dan keinginan. Berikut adalah simbolisme di balik kemunculan hiu dalam mimpi.

Simbol ketakutan

Memimpikan hiu dapat berarti bahwa Anda merasa ada ancaman langsung di dekat Anda. Dalam hal ini, hiu mewakili musuh atau rintangan kuat yang membuat Anda membeku dalam ketakutan.

Daripada melarikan diri dari ancaman ini, solusi terbaik adalah menghadapi masalah yang menahan Anda untuk maju dan melewatinya. Menghindari masalah hanya akan menambah beban pikiran Anda.

Diri sendiri

Analis mimpi percaya bahwa hewan dalam mimpi dapat mewakili bagian dari diri atau identitas diri seseorang. Makhluk bawah air seperti hiu dapat melambangkan emosi mendalam yang tersembunyi di alam bawah sadar seseorang. Hiu sering kali dikaitkan dengan yang negatif, walaupun persepsi ini tidak dapat dibenarkan.

Hiu mungkin mewakili keadaan emosi negatif atau kehancuran yang mungkin ditimbulkan oleh emosi yang tidak disadari ini. Sama seperti orang-orang yang menghadapi ketakutan pribadi dengan menyelam atau terjun payung di kandang hiu putih, emosi ini harus dikenali dan ditangani untuk melangkah maju.

Sebuah Bayangan dan Orang di Sekitar yang Negatif

Hiu mungkin mewakili bagian dari dirinya yang tidak Anda akui, seperti Depresi, kecemburuan, kemarahan, atau dendam. Simbolisme hiu lainnya juga adalah orang yang negatif dalam hidupmu.

Seekor hiu mungkin mewakili seseorang dalam hidup Anda yang menguras emosi Anda atau yang serakah dan tidak bermoral. Persepsi negatif tentang hiu sering kali mewakili makhluk yang mengejar apa yang diinginkannya terlepas dari konsekuensi tindakannya terhadap pihak lain.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19.
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya