Sukses

6 Tips Meredakan Sakit Punggung dalam Waktu Singkat

Berikut ini beberapa tips cara meredakan sakit punggung dalam waktu singkat

Liputan6.com, Jakarta Meskipun sakit punggung sangat umum, itu tidak berarti itu normal. Sensasi pegal di punggung mungkin membuat Anda tidak dapat menikmati olahraga favorit, memengaruhi pekerjaan, dan mengganggu rutinitas normal Anda.

Jika sakit punggung Anda menjadi lebih dari yang dapat Anda atasi, Anda mungkin harus membuat janji dengan dokter Anda, tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya.

Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda meringankan sakit punggung yang mengganggu.

1. Cobalah pijat kaki

Selain membuat Anda santai, pijat kaki dapat membantu menenangkan sakit punggung. Ada area refleks yang terhubung ke tulang belakang yang terletak di kaki Anda, dan memijatnya dapat meredakan sakit punggung yang mengganggu.

Tempatkan ibu jari Anda di bagian dalam lengkungan kaki dan tekan ke atas dan ke bawah telapak kaki Anda untuk meningkatkan aliran darah ke saraf punggung Anda.

2. Minum segelas susu kunyit

Menambahkan beberapa makanan anti-inflamasi ke dalam diet Anda adalah cara yang mudah dan lezat untuk mengurangi reaksi menyakitkan di tubuh Anda. Dikenal karena sifat antioksidan dan anti-rematiknya, kunyit dapat membantu Anda mencegah sakit punggung.

Campurkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu hangat biasa atau susu nabati dan nikmati sebelum tidur agar senyawa anti-inflamasi bekerja saat Anda tidur.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat yang bagus dapat membantu Anda bersantai setelah hari yang sibuk dan menghilangkan semua stres. Selain sebagai ritual sebelum tidur untuk tidur nyenyak, mandi merangsang aliran darah ke otot dan persendian yang kaku.

Karena air hangat mengurangi kejang otot, air hangat dapat membantu Anda melupakan sensasi nyeri di punggung.

4. Tidur lebih awal

Tidur malam yang nyenyak membantu Anda bangun dengan perasaan berenergi dan siap menghadapi hari. Selain mengurangi stres dan memungkinkan tubuh Anda pulih, tidur yang cukup sangat penting jika punggung Anda sering terasa sakit.

Karena jaringan tubuh Anda sembuh saat Anda tidur, tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga punggung Anda tetap sehat.

 

3 dari 5 halaman

5. Cobalah untuk mengurangi asupan kafein Anda

Meskipun sulit membayangkan hari tanpa secangkir kopi panas, mungkin lebih baik meminumnya lebih jarang jika Anda menderita sakit punggung. Kafein dapat menyebabkan ketegangan pada otot, menyebabkan nyeri punggung bawah, dan akhirnya menyebabkan nyeri kronis.

Minum terlalu banyak kopi juga dapat memengaruhi tidur Anda, yang pada gilirannya dapat menyebabkan lebih banyak kekakuan di punggung Anda.

6. Singkirkan sepatu hak tinggi Anda

Sementara sepatu hak tinggi favorit Anda pasti membuat Anda terlihat menarik, memakainya setiap hari mungkin menjadi alasan di balik nyeri punggung bawah Anda.

Karena sepatu hak tinggi mengubah pusat gravitasi Anda dan memberi tekanan pada tulang belakang Anda, mereka dapat menyebabkan sakit punggung dan bahkan menyebabkan masalah sirkulasi.

Untuk menghindari sensasi nyeri di punggung Anda, pilih sepatu yang lebih nyaman yang memberikan dukungan lengkungan yang cukup dan tidak memengaruhi postur Anda.

4 dari 5 halaman

Ini 4 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh

Penasaran apa saja manfaat tertawa bagi kesehatan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Pinkvilla, Senin (2/5/2022).

1. Merangsang organ

Terapi tertawa mampu meningkatkan asupan oksigen, merangsang otot, paru-paru dan jantung, serta meningkatkan pelepasan endorfin.

Ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik, yang membantu dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi stres

Saat Anda stres, tubuhmu memproduksi kortisol. Namun, kortisol dianggap buruk karena dikenal sebagai hormon stres, tapi memainkan peran penting dalam tubuh.

Ini juga mengatur kadar gula darah, mengurangi peradangan, mengatur metabolisme dan pada saat-saat penting, mengaktifkan respons melawan atau lari dari tubuhmu.

Tertawa adalah salah satu cara tubuhmu bisa membantu mengatur kadar kortisol. Selain itu juga bisa meningkatkan asupan oksigen, yang merangsang sirkulasi dan menurunkan kadar kortisol.

5 dari 5 halaman

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Tertawa adalah latihan kardio yang sangat baik, terutama bagi mereka yang tidak bisa melakukan aktivitas fisik lainnya karena cedera atau sakit.

Ini meningkatkan detak jantungmu dan membakar jumlah kalori yang sama per jamnya dengan berjalan lambat hingga sedang. Jadi, tertawa menjadi jalan menuju kesehatan yang baik.

4. Tingkatkan suasana hati

Tertawa tentu akan membuatmu merasa lebih bahagia, melepaskan endorfin di otak, dan bisa meningkatkan mood Anda. Bahkan, tertawa yang relatif singkat per hari bisa menurunkan kadar hormon stres.

Banyak individu mengalami stres, yang bisa diperparah oleh penyakit kronis. Tertawa bisa membantu mengurangi stres, Depresi dan kecemasan, serta membuatmu merasa lebih bahagia. Ini juga bisa membantumu merasa lebih baik tentang diri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.